Sukses

5 Makanan yang Bikin Mendengkur Makin Parah

Tahukah Anda bahwa jenis makanan tertentu bisa bikin kebiasaan mendengkur makin parah?

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda punya kebiasaan mendengkur saat tidur? Jika ya, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih menu makan sehari-hari. beberapa jenis makanan benar-benar mampu membuat kebiasaan mendengkur yang Anda lakukan semakin parah.

Mendengkur itu sendiri diartikan sebagai bernapas dengan keras saat tidur. Menurut penelitian, setengah dari populasi orang yang mendengkur dengan keras saat tidur mengidap sleep apnea. Apa itu? 

Sleep apnea adalah kelainan saat tidur, yang menyebabkan napas terhenti-henti. Pada kondisi yang parah, sleep apnea dapat membuat penderita mengalami henti napas.

Mengingat adanya kemungkinan tersebut, orang yang punya kebiasaan mendengkur atau mengalami sleep apnea mesti berhati-hati dalam memilih makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan terbukti dapat membuat kondisi Anda semakin parah.

Makanan yang bikin mendengkur makin parah

Beberapa makanan yang bisa membuat kebiasaan mendengkur makin parah, di antaranya:

  • Pisang

Pisang yang kaya akan serat dan nutrisi dapat meningkatkan produksi lendir dan memperparah gangguan pernapasan terkait sleep apnea

Bagi Anda yang punya kebiasaan mendengkur, University of Maryland Medical Center merekomendasikan untuk menghindari konsumsi pisang selama dua minggu. Jika dengkuran berkurang, Anda mungkin perlu mengeliminasi pisang dari menu sehari-hari. 

  • Produk susu tinggi lemak

Susu full cream, susu murni atau keju tinggi lemak mengandung lemak jenuh tinggi, yang dapat memicu atau memperparah produksi lendir di saluran pernapasan. 

Hal ini dihubungkan dengan perburukan kondisi yang berhubungan dengan sleep apnea, termasuk mendengkur.

Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine menyebut bahwa 72 pasien sleep apnea dengan kelebihan berat badan yang membatasi asupan lemak jenuh mengalami perbaikan kondisi.

Anda sebaiknya membatasi atau menghindari produk susu tinggi lemak dan makanan serta minuman yang diproses, seperti piza dengan taburan keju berlebihan, cheesecake, es krim, mentega, latte dengan susu full cream, serta nachos

  • Daging tinggi lemak

Daging yang tinggi akan kandungan lemak dapat meningkatkan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah, serta memicu atau memperparah peradangan dalam tubuh. 

Apabila saluran napas Anda sedang meradang, konsumsi daging tinggi lemak bisa memperparah kondisi tersebut. Alhasil, kebiasaan mendengkur yang Anda lakukan juga akan semakin buruk.

Untuk alasan tersebut, ganti sumber lemak jenuh dengan alternatif yang lebih sehat seperti ikan salmon, sarden, tuna, dan ikan trout. 

  • Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan tinggi akan gula tambahan. Jenis karbohidrat tersebut berkontribusi terhadap meningkatnya jumlah kalori di dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat kepuasan makan serta mengganggu kadar gula darah. 

Dengan mengonsumsi karbohidrat olahan secara berlebihan, Anda juga berisiko untuk mengalami gejala sleep apnea yang lebih parah.

Agar kebiasaan mendengkur tidak makin parah, Anda mesti membatasi asupan yang mengandung karbohidrat olahan seperti permen, soda, kue-kue, biskuit dan selai.

  • Alkohol dan kopi

Alkohol dapat membuat otot tubuh terus menegang. Karena itu, konsumsi alkohol sebelum tidur akan membuat Anda mendengkur. 

Sedangkan untuk kopi, asupan mengandung kafein ini dapat meningkatkan peradangan pada saluran napas jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, selain bikin terjaga di malam hari, kopi juga bisa bikin Anda mendengkur lebih parah lagi.

Bagi Anda yang ingin mengurangi atau mengendalikan kebiasaan mendengkur di malam hari, mulailah untuk menghindari jenis makanan atau minuman yang telah disebutkan. Apabila kondisi belum juga membaik dalam beberapa hari, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Jangan anggap sepele, kebiasaan mendengkur yang tidak terkendali dapat menjadi tanda dari adanya sleep apnea yang parah.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar