Sukses

Bolehkah Makan Es krim Saat Radang Tenggorokan?

Mungkin tak sedikit orang yang enggan makan es krim saat sedang radang tenggorokan, takut makin parah. Apa kata dokter tentang hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Radang tenggorokan bikin penderita tak boleh makan beberapa jenis sajian. Pemilihan makanan tak boleh sembarangan karena dikhawatirkan tenggorokan bisa makin mengalami iritasi. Salah satu pantangan saat radang tenggorokan yang banyak dipercaya adalah es krim. Namun, apakah ini didukung fakta medis?

Radang tenggorokan adalah gangguan kesehatan yang sering terjadi, paling sering disebabkan oleh infeksi virus. Radang tenggorokan umumnya ditularkan melalui paparan lendir atau air liur dari penderita.

Gejala radang tenggorokan umumnya demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher (biasa dikeluhkan sebagai tonjolan di sekitar leher), tenggorokan kering, nyeri tenggorokan, bercak kemerahan di langit-langit mulut, dan pembesaran amandel. Selain itu, ada pula gejala lainnya yang cukup menyiksa penderita, yaitu nyeri saat menelan.

Tak heran, penderitanya jadi selektif dalam memilih makanan, umumnya disarankan yang bertekstur halus, untuk menghindari iritasi di tenggorokan makin memburuk. Lantas, bagaimana dengan es krim?

Radang tenggorokan dan es krim

Pernyataan bahwa es krim adalah musuh bagi penderita radang tenggorokan hanyalah mitos belaka. Dikatakan oleh dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, dari KlikDokter, radang tenggorokan itu sendiri sering disebabkan oleh infeksi virus.

“Jadi, jika Anda mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur dingin, itu bukanlah penyebab maupun faktor yang akan membuat radang semakin parah,” kata dr. Karin.

Bahkan sebaliknya, makan es krim saat radang tenggorokan malah bisa mendatangkan manfaat. Masa, sih? Ini buktinya!

  • Mencegah dehidrasi

Ketika radang tenggorokan menyerang, apa pun yang ditelan, termasuk minuman, pasti terasa tidak enak. Alhasil, jangankan makan, minum pun malas. Padahal, malas minum air putih malah bisa mengundang gangguan kesehatan lain, yaitu dehidrasi alias kekurangan cairan.

“Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih makan es krim dengan kandungan buah segar dan gula yang sedikit. Selain terbuat dari air dan susu yang dipercaya mampu mengatasi masalah dehidrasi, es krim juga bisa menyejukkan tenggorokan karena bersifat dingin,” saran dr. Karin.

  • Menambah asupan kalori 

Untuk meningkatkan dan mengembalikan fungsi sistem kekebalan tubuh, Anda membutuhkan asupan kalori yang cukup. Salah satu sumber kalori yang enak dan dapat Anda nikmati kapan saja adalah es krim.

Anda bisa makan satu scoop eskrim saat radang tenggorokan menyerang, untuk mempercepat fungsi sistem kekebalan agar kembali seperti semula.

  • Menyejukkan tenggorokan

Rasa perih dan nyeri akibat radang tenggorokan bisa menurunkan produktivitas sehari-hari. Sifat dingin dari es krim diklaim bisa menyejukkan tenggorokan dan meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh keluhan tersebut.

Bukannya mendatangkan mudarat, makan es krim saat radang tenggorokan justru mengundang manfaat sehat. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda mesti memilih jenis es krim yang tepat. Terkait hal ini, dr. Karin memberikan saran sebagai berikut:

  • Hanya pilih es krim yang rendah kandungan gula dan lemak.
  • Es krim bukanlah obat, jadi tetap konsumsi obat sesuai anjuran dari dokter.
  • Jangan makan es krim secara berlebihan, karena kandungan gula di dalamnya bisa menyebabkan radang tidak kunjung sembuh.
  • Tetap jadikan air putih sebagai asupan cairan utama.

Es krim bukanlah jenis makanan yang terlarang untuk penderita radang tenggorokan, karena sebaliknya, justru dianjurkan. Meski boleh dimakan, tetapi tetap saja konsumsi es krim tak boleh berlebihan. Apabila radang tenggorokan tak kunjung sembuh atau makin meradang, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Bisa jadi penyebabnya adalah bakteri dan membutuhkan terapi antibiotik.

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar