Sukses

Asah Fungsi Memori Otak dengan Melakukan Ini

Fungsi memori di otak perlu terus di asah agar Anda tidak terkena penyakit yang berkaitan dengan ingatan di kemudian hari. Ini caranya.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang ingin memiliki fungsi memori yang baik. Salah satu tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya demensia atau penyakit pikun di kemudian hari. Bagaimana dengan Anda? Apakah fungsi memori otak Anda sudah benar-benar prima?

Jika belum, dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter mengatakan bahwa Anda harus mulai sering mengingat hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

"Sebagai contoh, cobalah untuk mengingat dan menyebutkan nama orang yang baru saja Anda kenali sebanyak beberapa kali,” katanya.

Tidak cukup dengan itu, Anda juga bisa menerapkan hal-hal di bawah ini untuk mengasah fungsi memori otak:

  • Tetapkan rutinitas

Memiliki rutinitas dalam melakukan suatu aktivitas atau meletakkan benda di tempat yang sama bisa membantu meningkatkan efisiensi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Rutinitas membantu mencapai efisiensi, sehingga Anda tidak perlu memaksa otak untuk mengingat-ingat hal yang biasa dilakukan. Efisiensi dalam kegiatan sehari-hari akan membuat Anda bisa lebih fokus pada hal-hal lain yang lebih bermakna dalam kehidupan.

  • Katakan dengan lantang

Saat harus meletakkan benda di tempat yang tidak biasanya, ucapkan apa yang Anda lakukan tersebut dengan lantang. Misalnya, "Saya meletakkan kacamata hitam saya di atas meja dekat pintu".

Selain itu, ketika Anda bertemu seseorang yang baru, ucapkan nama mereka beberapa kali dengan suara yang agak keras. Ini adalah bagian dari latihan memori yang terbukti membuat otak Anda tetap tajam. 

Menurut penelitian, Anda dapat meningkatkan fokus dengan membiarkan telinga Anda ‘mendengarkan’ informasi yang diperlukan. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mengingatnya di kemudian hari.

  • Hindari multitasking

Ketika perhatian terbagi untuk melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu (multitasking), bukan tidak mungkin Anda akan lebih kesulitan untuk mengingat sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.

Jika terjadi berkelanjutan, hal tersebut bisa melemahkan fungsi memori di otak Anda.

  • Meditasi

Salah satu cara untuk meningkatkan fungsi memori di otak adalah bermeditasi. Langkah pertama untuk meningkatkan fungsi otak adalah dengan memberikan ketenangan pada otak.

Penelitian menemukan bahwa meditasi dapat membantu Anda menghindari pikiran-pikiran yang mengganggu, kecemasan, dan stres. Pada akhirnya, itu semua bisa meningkatkan fokus. Studi lain menunjukkan bahwa siswa yang bermeditasi selama 10 menit sehari lebih baik dalam ujian.

  • Menikmati alam

Aktivitas sederhana ini dapat meningkatkan memori hingga 20 persen. Mirip dengan bermeditasi, berjalan di alam dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan rasa fokus.

Sebuah studi mengungkap bahwa peserta yang berjalan-jalan di alam dapat melakukan tugas terkait fungsi memori dengan lebih baik daripada mereka yang berjalan di lingkungan perkotaan. 

  • Tidur cukup

Penelitian menunjukkan, orang yang tidur tujuh jam sehari memiliki ingatan yang lebih baik daripada mereka yang tidur kurang dari lima jam atau lebih dari sembilan jam per hari.

Ini adalah waktu yang pas bagi otak untuk melakukan proses dalam mengintegrasikan keterampilan atau informasi baru ke dalam memori jangka panjang. 

  • Istirahat

Bukan hanya tidur malam, penelitian membuktikan bahwa tidur siang singkat juga dapat meningkatkan fungsi memori di otak manusia.  

Sebuah studi dilakukan, di mana satu kelompok partisipan diminta untuk tidur siang dan kelompok kedua diminta untuk melihat tayangan video.

"Kelompok yang melakukan tidur siang singkat memiliki peningkatan lima kali lipat dalam memori asosiatif," ungkap pencipta metode Sleep Easily, Richard Shane, PhD.

  • Berolahraga setiap hari

Fisik dan mental adalah dua hal yang saling berhubungan. Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa membuat otak dapat berfungsi dengan optimal.

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga otak mendapat pasokan nutrisi dan oksigen yang memadai. Hal ini membuat otak bisa berfungsi dengan sebaik-baiknya.

Jadi, sudahkah Anda mengasah fungsi memori otak hari ini? Jika belum, segera lakukan secara rutin dan teratur agar manfaatnya bisa segera Anda rasakan. Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan ‘bawaan’ yang menjadi penghalang untuk menerapkan hal-hal di atas, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter. Menjaga fungsi memori otak sejak saat ini bikin Anda terhindar dari demensia di kemudian hari!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar