Sukses

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Mudah Mengobati Vertigo

Merasa pusing berputar atau sekeliling seakan berputar? Itu vertigo. Begini cara mudah mengobati vertigo sebelum membuat janji temu dengan dokter.

Klikdokter.com, Jakarta Keluhan khas vertigo adalah pusing berputar atau sekeliling Anda terasa seperti berputar, bahkan rasanya sampai ingin terjatuh. Kondisi ini dapat menyerang kapan saja dan di mana saja. Jika suatu hari Anda mengalaminya, ada cara mengobatinya yang perlu diingat, sebelum Anda memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Secara garis besar, vertigo digolongkan menjadi dua jenis, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer adalah jenis vertigo yang lebih banyak dialami. Vertigo jenis ini disebabkan adanya gangguan pada telinga dalam. Vertigo perifer pada umumnya bersifat lebih ringan dibandingkan dengan vertigo sentral.

Bentuk vertigo perifer yang paling banyak menyerang adalah benign positional paroxysmal vertigo (BPPV). Vertigo ini disebabkan adanya deposit kalsium di kanal telinga dalam dan dipengaruhi oleh posisi tubuh.

Sementara itu, vertigo sentral adalah vertigo yang disebabkan karena adanya suatu lesi patologis di otak. Misalnya, pasca stroke, adanya tumor, hingga epilepsi.

Untuk mengetahui jenis vertigo mana yang diderita, apalagi jika Anda baru pertama kali mengalami vertigo, butuh pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan diagnosis dan penanganan.

Apa saja gejala vertigo?

Dari KlikDokter, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa gejala vertigo bisa berbeda-beda pada tiap penderita. Ada yang berlangsung sebentar ada pula yang berlangsung lama.

“Selain rasa pusing berputar, biasanya vertigo juga disertai dengan gejala lain yang bervariasi. Setiap orang tidak harus merasakannya, tetapi dapat mengalami gangguan keseimbangan (tidak bisa berdiri tegak), mual, muntah, dan berkeringat dingin. Penderita vertigo juga dapat mengalami gangguan pendengaran seperti terdengar dentingan atau dengungan di telinga (tinitus) hingga tidak mendengar suara,” dr. Devia memaparkan.

Begitu pula dengan obat-obatan yang mesti dikonsumsi, hanya dokter pula yang dapat meresepkan serta memberikan dosis yang tepat.

1 dari 2 halaman

Cara rumahan mengobati vertigo

Jangan cemas apabila vertigo menyerang—terutama vertigo perifer. Vertigo bisa diobati secara alami di rumah.

  1. Jangan panik

“Usahakan tetap tenang selama beberapa saat. Atur napas dan jangan menggerakkan kepala secara mendadak. Karena hampir semua kasus vertigo disebabkan oleh BPPV, cobalah untuk menstabilkan kepala dalam posisi tegak. Terkadang memperbaiki posisi kepala dapat membantu mengurangi rasa pusing berputar,” jelas dr. Devia.

  1. Istirahat sejenak

Menghentikan aktivitas sementara waktu dapat membantu mengurangi keparahan kala vertigo menyerang. Selain membantu mengurangi gejala, penderitanya juga dapat terhindar dari hal tak terduga seperti jatuh atau cedera lainnya.

Bila mungkin, berbaringlah dengan posisi miring sambil memejamkan mata. Apabila Anda ingin beranjak dari tempat tidur atau sofa, lakukan dengan perlahan dan jangan terburu-buru. Bila perlu, duduklah terlebih dahulu di pinggir tempat tidur untuk beberapa waktu, kemudian barulah bangun dari posisi tersebut. Demikian dijelaskan oleh dr. Devia.

  1. Lakukan teknik manuver Epley

Salah satu cara paling umum untuk meredakan gejala vertigo adalah dengan melakukan teknik manuver Epley. Ini adalah serangkaian gerakan yang dilakukan sebelum tidur.

Apabila vertigo terjadi di sisi kiri dan telinga kiri, manuver Epley yang dapat dilakukan adalah:

  • Duduk di tepi tempat tidur dengan cara memutar kepala 45 derajat ke kiri.
  • Selanjutnya, berbaringlah dan kepala masih miring 45 derajat ke kiri. Pertahankan posisi ini selama 30 detik.
  • Miringkan kepala 90 derajat ke arah kanan dan pertahankan posisi ini selama 30 detik.
  • Posisikan tubuh dan kepala menghadap ke arah kanan selama 30 detik. Arahkan pandangan mata ke bawah, bukan sejajar.

Apabila vertigo yang Anda alami di sebelah kanan, lakukan cara di atas dengan arah yang berlawanan.

  1. Minum teh jahe

Penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Acupuncture and Tuina Science” menemukan, jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik dari memperbaiki posisi seperti manuver Epley.

Anda bisa merendam jahe dalam secangkir air mendidih selama 5 menit. Madu bisa membantu mengurangi rasa pahit. Minum teh jahe dua kali sehari dapat membantu meredakan pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

  1. Menghirup minyak esensial

Minyak esensial juga merupakan pilihan alami untuk menangani gejala vertigo, termasuk muntah, sakit kepala, dan pusing. Beberapa minyak esensial yang sering dipakai adalah peppermint, jahe, lavender, dan lemon.

Cara menggunakan minyak esensial adalah dengan cara dihirup lewat infuser atau diencerkan dengan minyak pelarut (carrier oil) sebelum dioleskan.

  1. Perbanyak minum air putih

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik akan membantu meminimalkan masalah pusing dan keseimbangan. Jadi, sesudah mengalami vertigo, Anda wajib memenuhi kebutuhan cairan, khususnya air putih.

  1. Lakukan akupresur

Akupresur menerapkan konsep yang sama dengan akupuntur, tetapi tanpa jarum. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, Anda dapat langsung menekan atau memijat accupoint (titik spesifik yang merepresentasikan berbagai fungsi dan organ pada tubuh manusia) yang berkaitan dengan sakit kepala.

“Misalnya, di antara kedua alis dan di belakang telinga. Atau, di pundak belakang untuk meredakan sakit kepala yang berhubungan dengan leher. Lengan bagian dalam dan pergelangan tangan juga bisa dipijat untuk membuat tubuh lebih enakan pasca vertigo,” kata dr. Astrid.

  1. Lakukan latihan Brandt-Daroff

Kata dr. Devia, latihan Brand-Daroff adalah salah satu manuver latihan yang bisa dilakukan  oleh penderita vertigo di rumah.

“Latihan ini dipercaya dapat mengurangi rasa pusing berputar yang dialami, khususnya vertigo perifer yang disebabkan perubahan posisi. Selain dapat mengurangi keluhan, apabila manuver ini dilakukan secara rutin maka dapat mencegah terjadinya vertigo berulang,” terang dr. Devia.

Berikut ini adalah langkah dari latihan Brand-Daroff yang bisa dilakukan di rumah:

  • Duduklah di tepi tempat tidur dengan posisi badan tegak dan senyaman mungkin.
  • Dengan mata tertutup, jatuhkan badan ke salah satu sisi tubuh, kira-kira miring 45 derajat. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik.
  • Setelah 30 detik, kembali duduk dalam posisi tegak dan pertahankan selama 30 detik.
  • Ulangi pada arah yang berlawanan.
  • Lakukan latihan ini 3 kali sehari selama kurang lebih 3 minggu, dengan jumlah 5 set setiap latihan.

Itu dia beberapa cara mengobati vertigo yang bisa dilakukan di rumah. Meski begitu, apabila vertigo sering kambuh sebaiknya periksakan diri ke dokter. Bagi kebanyakan orang, vertigo tidak berbahaya. Namun, tetap saja penyebab vertigo perlu diidedentifikasi. Dokter dapat meresepkan obat atau terapi lainnya untuk meredakan gejala vertigo, khususnya jika cara rumahan seperti yang disebutkan di atas tidak berhasil.

(RN)

2 Komentar