Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Sehat dan Produktif di Usia Lanjut seperti Ma’ruf Amin

Tips Sehat dan Produktif di Usia Lanjut seperti Ma’ruf Amin

Ingin tetap sehat dan produktif di usia lanjut seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin? Ini tips yang perlu Anda terapkan.

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki usia lanjut bukan halangan bagi Wakil Presiden terpilih, Kyai Haji Ma’ruf Amin untuk tetap sehat dan produktif. Di usianya yang menginjak 76 tahun, Ma’ruf Amin masih tampak bugar, bahkan bebas dari penyakit.

Nah, bagi Anda yang juga ingin tetap sehat dan produktif meski tak lagi muda seperti Ma’ruf Amin, dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter punya rahasianya. Apa saja?

Miliki waktu tidur yang cukup

Bagi orang lanjut usia, tidur selama 7 hingga 9 jam merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari. Sebab, tidur yang cukup membuat tubuh memiliki waktu yang memadai untuk memperbaiki diri dari dalam.

“Saat tidur, tubuh juga akan melepaskan hormon pertumbuhan yang bisa meningkatkan kolagen serta elastin yang berfungsi bikin kulit lebih sehat. Jadi, meski sudah tua, wajah Anda tetap bisa terlihat lebih awet muda,” ujar dr. Karin.

Rutin olahraga

Kata siapa lansia tidak boleh olahraga? Boleh, kok! Asalkan, jenis olahraga yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kondisi tubuh. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan, misalnya jalan kaki selama 15 menit, berkebun, atau beres-beres rumah.

Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jenis dan durasi olahraga yang paling sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Berhenti merokok

Bagi yang masih merokok meski sudah lansia, dr. Karin menyarankan agar Anda segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Anda tidak ingin kena penyakit yang mengganggu kualitas hidup di hari tua, bukan?

“Merokok merupakan mesin pembunuh yang secara instan bisa menyebabkan kanker, stroke dan gagal jantung. Merokok juga dipercaya bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada pria lansia,” tambah dr. Karin. 

Cukupi kebutuhan cairan

Air putih sangat penting untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup setiap hari. Karena, tidak ada sel, jaringan, dan organ tubuh yang dapat bekerja dengan baik tanpa pasokan cairan yang memadai.

Selain air putih, jus buah murni juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan alternatif memenuhi kebutuhan cairan. Pastikan jangan berlebihan, karena manfaatnya bisa hilang.

Jaga berat badan tetap ideal

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk membakar kalori akan menurun. Jika Anda tidak mengontrol menu dan porsi makan sehari-hari, tubuh akan mengalami penumpukan kalori. Ujungnya apalagi kalau bukan kelebihan berat badan atau obesitas.

Faktanya, kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan sejumlah risiko penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung dan hipertensi. Karenanya, cegah kondisi tersebut dengan mengatur menu makan sehari-hari dan berolahraga rutin. Jika perlu, berkonsultasilah ke ahli gizi.

Kontrol ke dokter

Periksa kondisi kesehatan Anda ke dokter secara berkala. Tidak hanya ke dokter umum, tapi juga dokter gigi.

Seperti yang disampaikan drg. Callista Argentina dari KlikDokter, lansia lebih berisiko mengalami beragam gangguan pada rongga mulut, yang jika tidak dideteksi dan diatasi sejak dini bisa memicu terjadinya stroke dan penyakit jantung.

“Karenanya, penting bagi lansia untuk berkunjung ke dokter gigi secara teratur, paling tidak setiap enam bulan sekali,” kata drg. Callista.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Lakukan cara-cara di atas secara konsisten, apalagi jika Anda ingin tetap sehat dan produktif saat lanjut usia seperti halnya Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024, Kyai Haji Ma’ruf Amin.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar