Sukses

9 Tips Mencegah Psoriasis Kambuh

Walau punya psoriasis, ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kekambuhan gejalanya. Inilah tipsnya!

Klikdokter.com, Jakarta Psoriasis adalah penyakit kronis yang bisa hilang timbul atau kambuhan. Ruam merah, bersisik, menebal, kering, mengelupas, dan bisa disertai gatal atau perih tentunya tak nyaman. Meski demikian, kekambuhannya bisa dicegah dengan beberapa tips.

Psoriasis adalah kondisi tubuh yang membuat sel kulit baru dalam jangka waktu harian, bukan bulanan seperti seharusnya. Sel kulit baru tersebut akan bertumpuk dengan sel kulit lama pada permukaan kulit, sehingga tampak seperti lapisan tebal dan bersisik.

Walaupun tidak bersifat menular, psoriasis adalah penyakit kronis dan bisa diderita seumur hidup. Konsultasi dan berobat dengan dokter spesialis kulit secara rutin akan sangat membantu penderitanya.

Selain konsultasi dengan dokter, penderita psoriasis juga dapat mengontrol gejalanya sendiri. Caranya adalah dengan:

  • Mengetagyu serta menghindari pemicu psoriasis
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang cocok untuk kondisi psoriasis secara rutin
  • Menjalani gaya hidup sehat
  • Menggunakan obat-obatan untuk mengendalikan gejala ketika diperlukan

Tips mencegah kekambuhan psoriasis

Setelah memperhatikan hal-hal di atas, ada pula beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah demi mengurangi atau mencegah kambuhnya gejala psoriasis, yaitu:

1. Jaga kelembapan kulit

Gejala psoriasis akan semakin parah ketika kulit dalam kondisi kering. Oleh sebab itu, jagalah kulit agar tetap lembap dengan menggunakan losion dan krim yang bertekstur tebal dan berminyak seperti petroleum jelly. Penggunaannya dapat menahan kelembapan di bawah kulit.

Untuk membersihkan sisik yang berlebih, gunakan krim di atasnya, lalu tutup dengan menggunakan plastic wrap atau bahan kedap air lainnya selama beberapa jam.

Untuk sebagian orang, udara dingin dan kering juga dapat memperparah gejala. Walau terkadang cuaca panas dapat mengurangi gejala, tetapi itu pun bukan jaminan. Sebagai salah satu solusi, penggunaan air humidifier saat udara di rumah terasa kering dan pengap bisa membantu.

2. Jaga kesehatan kulit tubuh dan kepala

Hindari mengopek kulit yang bersisik karena dapat memperparah lesi psoriasis. Hati-hati juga saat menggunting kuku. Jika sampai terluka, ada kemungkinan memicu kambuhnya gejala psoriasis.

Jika gejala psoriasis muncul di kulit kepala, obat oles seperti sampo khusus bisa digunakan. Selain itu jika cocok, sampo yang mengandung ter juga dapat meredakan gejalanya.

3. Menghindari benturan dan luka

Individu dengan psoriasis juga dianjurkan untuk menghindari benturan dan luka. Sebab, trauma di kulit dapat memicu kekambuhan gejala yang disebut fenomena Koebner.

Sebagai contoh, penderita psoriasis yang tidak berhati-hati saat mencukur bulu atau melakukan hair removal, akupunktur, pembuatan tato, atau digigit serangga bisa terjadi iritasi kulit dan perdarahan, yang pada akhirnya menyebabkan luka makin melebar.

Reaksi tersebut disebut sebagai fenomena Koebner (atau disebut juga sebagai respons isomorfik), yaitu cedera kulit ringan seperti luka bakar atau sengatan matahari, yang menghasilkan lesi psoriasis baru di lokasi area yang terkena.

4. Mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup

Sinar ultraviolet dari matahari diketahui dapat mengurangi kecepatan pertumbuhan kulit baru. Oleh sebab itu, mendapatkan paparan sinar matahari selama 20 menit dalam satu waktu sangat dianjurkan.

Meski begitu, jangan sampai terpapar sinar matahari terlalu lama, terutama pada siang hari. Pasalnya, jika sampai mengalami luka bakar (sunburn), maka bisa memicu psoriasis serta meningkatkan risiko kanker kulit.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Mengelola stres dengan baik

Walau belum terbukti, sebagian pengidap psoriasis menghubungkan kekambuhannya dengan stres. Karenanya, cobalah untuk mengelola stres atau kecemasan dengan baik, misalnya dengan menerapkan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga.

6. Batasi konsumsi alkohol

Jika punya kebiasaan mengonsumsi alkohol, batasi jumlahnya, bahkan lebih baik distop. Pasalnya, sebuah studi yang diterbitkan di jurnal “Alcohol Research: Current Reviews” tahun 2014 menyebut , alkohol dapat memiliki efek merugikan pada psoriasis, khususnya di kalangan pria.

Meski studi belum mengonfirmasi kaitan antara alkohol dan psoriasis, tetapi didapatkan bukti bahwa orang yang mengonsumsi alkohol punya risiko lebih besar untuk mengalami kondisi kulit tersebut.

Ada pula studi terhadap 82.869 wanita dalam periode 14 tahun yang menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 2-3 minuman beralkohol dalam seminggu lebih cenderung mengalami gejala psoriasis.

Konsumsi bir non-light juga ditemukan dapat memperburuk risiko psoriasis pada wanita.

Selain itu, pria yang mengonsumsi lebih dari 100 gram alkohol per hari juga lebih mungkin untuk mengalami kasus psoriasis baru atau mengalami perburukan gejala.

7. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Para ahli juga merekomendasikan diet seimbang dengan memperbanyak asupan buah dan sayur. Selain itu, dikatakan juga bahwa gejala psoriasis bisa membaik setelah tidak mengonsumsi produk susu maupun gluten.

8. Olahraga teratur

Berolahraga secara rutin bisa membantu mencegah kekambuhan gejala psoriasis. Sebab, berat badan berlebih termasuk faktor yang dapat memicunya.

9. Hati-hati dengan obat-obatan tertentu

Anda perlu memberi tahu segala jenis obat yang dikonsumsi ke dokter. Karena, beberapa jenis obat terbukti dapat memicu kekambuhan gejala psoriasis, seperti:

  • Litium, yang digunakan untuk gangguan kejiwaan.
  • Propranolol dan golongan penyekat beta lainnya, yang digunakan untuk beberapa kondisi penyakit jantung.
  • Quinidin, yang digunakan untuk ketidakteraturan irama jantung.

Itulah sembilan tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kambuhnya gejala psoriasis. Selain itu, pastikan gejala terkontrol dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter spesialis kulit sesuai waktu yang dianjurkan.

[MS/RN]

0 Komentar

Belum ada komentar