Sukses

Rahasia Bugar Jokowi di Hari Pelantikan Presiden

Jokowi dikenal menggemari jamu demi menjaga kesehatan. Bisa jadi, itu menjadi rahasia bugar Jokowi di hari pelantikannya nanti.

Klikdokter.com, Jakarta Di tengah aktivitasnya yang padat mengurus negara, Jokowi selalu tampil bugar. Bahkan, dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, beliau pernah mengaku bahwa rahasia bugarnya selama ini adalah jamu. Tak heran kalau di hari pelantikannya lagi menjadi presiden pada hari Minggu (20/10), jamu mungkin masih menjadi rahasia bugar dan sehat Jokowi di tengah aktivitas yang padat.

Jamu yang tidak pernah terlewat oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu adalah campuran atau ramuan dari jahe, kunyit, dan temu lawak. Apa saja manfaat ketiga bahan tersebut untuk kesehatan?

Kenali beragam manfaat jamu Jokowi

Mantan Wali Kota Solo itu mengaku bahwa jamu campuran jahe, kunyit, dan temulawak sudah menemani hari-harinya selama 17-18 tahun, sampai sekarang. Namun sebenarnya, apa saja sih manfaat bahan-bahan herbal tersebut?

1. Jahe 

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, manfaat utama dari jahe adalah antiperadangan. Ini karena jahe memiliki kandungan yang dinamakan gingerol

Bahan ini sangat bagus bagi Anda yang memiliki masalah reumatoid artritis dan osteoartritis, yang ditandai dengan peradangan nyeri pada persendian. Selanjutnya, gingerol juga berpotensi melawan sel kanker (terutama pada saluran cerna) serta tinggi antioksidan.  

"Manfaat terbesar jahe adalah untuk saluran pencernaan. Jahe dapat mengurangi keluhan akibat produksi gas berlebihan di dalam saluran cerna. Selain itu, jahe juga sangat baik untuk mengurangi rasa mual, sehingga sering disarankan untuk dikonsumsi wanita yang mual saat hamil, usai pembedahan, dan setelah kemoterapi," ujar dr. Sara.

Jahe juga membantu mengurangi keluhan nyeri pada perut. Jahe dapat pula mempercepat waktu pengosongan lambung, sehingga sangat membantu orang-orang yang kesulitan mencerna makanan.

Menariknya lagi, jahe juga dinilai dapat mengurangi kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.

2. Kunyit 

Jenis rempah untuk membuat nasi kuning atau bumbu kari ini juga punya segudang manfaat sehat.

Kunyit sering digunakan untuk mengatasi peradangan (baik peradangan di dalam maupun di luar), kanker, reumatoid artritis, dan beberapa penyakit lainnya. 

Zat aktif dalam kunyit, curcumin, juga baik untuk tubuh. Kurkumin adalah antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri merupakan substansi yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, khasiat kunyit yang sudah teruji lainnya adalah sebagai antibakteri, antiperadangan, antitumor, dan antiseptik. Manfaat ini dapat dicapai melalui konsumsi dalam bentuk makanan, dengan dosis yang rendah dalam jangka waktu lama.

3. Temu lawak 

Temu lawak (Curcuma xanthorriza) memiliki efek sebagai antioksidan yang dapat mencegah kematian sel. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter, banyak studi medis menunjukkan kalau temu lawak berdampak positif untuk mencegah dan mengurangi peradangan di hati, seperti hepatitis.

Sementara itu, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter juga turut menambahkan bahwa temu lawak dapat membantu meredakan gangguan pencernaan. Misalnya, perut kembung, pencernaan tidak lancar, hingga menambah nafsu makan.

1 dari 2 halaman

Jokowi juga diketahui menyukai beberapa jenis olahraga

Dalam sebuah acara, Jokowi pernah mengimbau masyarakat membiasakan diri untuk berjalan kaki agar sehat. Ia pun mengaku bahwa kebiasaan tersebut juga ia coba terapkan baik saat sedang di Istana Bogor maupun di Jakarta.

“Saya kalau ke daerah ya isinya jalan saja. Banyak jalan kakinya. Entah kalau itu masuk desa, masuk pesawat tepi pantai, ya jalan itu menyehatkan. Jalan itu enak. Saya itu kalau dulu joging pagi. Tadi ada yang bisikin saya. Pak jangan pagi saja, jangan monoton. Jam 12.00, jam 13.00. Jalan cepat siang hari saya coba enak sekali. Ujung atas sampai bawah enak sekali keringatnya keluar," kata Jokowi seperti dikutip di Detik.com.

Selain jalan kaki, Jokowi juga diketahui menyukai panahan. Hal ini ia ceritakan dalam vlog-nya di YouTube.

“Perlu konsentrasi, perlu fokus, dan yang paling penting ada target sasaran. Itu yang saya senang dari olahraga ini,” katanya.

Lewat unggahan vlog-nya juga, Jokowi juga memperlihatkan ketertarikan pada olahraga tinju.

Olahraga tinju lebih dari sekadar latihan bertarung. Hal ini disetujui oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter. Menurutnya, tinju tak hanya melatih kekuatan otot lengan atas saja, tetapi juga merupakan aktivitas fisik yang holistik untuk seluruh tubuh. Manfaatnya tak berhenti di situ.

“Tinju juga dapat membantu mempercepat pembakaran kalori, dan, dengan ini, juga membantu menurunkan berat badan,” tambah dr. Nitish.

Tinju juga melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang cepat. Dengan demikian, tinju akan membantu melatih ketahanan otot. Kekuatan otot perut juga memiliki peranan yang penting untuk mendapatkan tenaga saat merotasi tubuh untuk melayangkan tinju.

Rahasia bugar Jokowi seperti minum jamu dan menggemari beberapa jenis latihan fisik bisa Anda sontek. Lebih baik lagi jika dilakukan secara rutin dan dikombinasikan dengan pola makan sehat, istirahat cukup, dan mampu mengelola stres dengan baik. Semoga Jokowi bisa terus sehat dan bugar tak hanya di hari pelantikannya, tetapi selama masa jabatannya lima tahun ke depan.

[HNS/RN]

3 Komentar