Tulang

Kenali, Ini 8 Ciri dan Tanda Bahwa Kamu Berisiko Osteoporosis

Siti Putri Nurmayani, 06 Jun 2023

Ditinjau Oleh dr. Alvin Nursalim

Osteoporosis merupakan penurunan kepadatan tulang atau pengeroposan tulang. Ini 8 ciri dan tanda osteoporosis yang perlu kamu kenali.

Kenali, Ini 8 Ciri dan Tanda Bahwa Kamu Berisiko Osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang mulai menurun. Kondisi ini merupakan tanda dari penyakit osteoporosis. Hilangnya kepadatan tulang menandakan bahwa tubuh tidak mampu mengatur kandungan mineral dalam tulang, sehingga menjadi keropos dan rentan patah.

Sayangnya, ciri osteoporosis sulit untuk diketahui. Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, penyakit ini tidak menimbulkan gejala atau keluhan yang berarti di tahap awal. Bahkan terkadang, seseorang baru tahu ketika ia mengalami patah tulang.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui sejumlah tanda osteoporosis di bawah ini supaya lebih waspada.

1. Sakit di Bagian Tulang Tertentu

Meski sulit untuk mengenali gejala awal osteoporosis, namun jika penyakit ini tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka bisa membuat penderitanya mengalami rasa sakit yang parah di bagian tulang tertentu.

“Osteoporosis tahap lanjut juga bisa ditandai dengan timbulnya nyeri di area punggung,” ungkap Dokter Alvin

2. Postur Tubuh yang Bungkuk

Dikutip dari National Institute of Arthritis and Musculoskeletal, gejala osteoporosis bisa ditandai dengan postur tubuh yang bungkuk.

Orang dengan osteoporosis sering mengalami patah tulang di tulang belakang bagian atas. Ketika tulang-tulang tersebut patah, maka bisa menyebabkan postur tubuh yang bungkuk atau kifosis.

3. Kehilangan Tinggi Badan

Selain itu, penyakit pengeroposan tulang juga dapat ditandai dengan kehilangan tinggi badan.

Penurunan massa tulang bisa membuat tulang menjadi lemah dan kurang padat, sehingga menyebabkan terjadinya penurunan tinggi badan. Misalnya, seseorang menjadi lebih pendek satu inci atau lebih.

4. Sesak Napas

Ketika muncul gejala sesak napas, mungkin ini bisa menandakan bahwa kamu mengalami osteoporosis.

Postur tubuh yang bungkuk bisa memengaruhi sistem pernapasan. Tulang rusuk yang rentan patah sulit untuk mengembang sepenuhnya saat menarik napas, sehingga kamu bisa mengalami sesak napas.

5. Patah tulang

ciri osteoporosis

Melansir dari National Health Service UK, osteoporosis merupakan kondisi kesehatan yang melemahkan tulang, sehingga membuatnya menjadi rapuh dan mudah patah.

Pada kasus yang lebih parah, batuk atau bersin bahkan bisa menyebabkan patah tulang.

6. Gusi Menyusut

Ternyata, pengeroposan tulang pada penderita osteoporosis juga bisa terjadi di tulang bagian rahang. Kondisi ini dapat menyebabkan gusi yang menyusut.

Saat terjadi penurunan kepadatan tulang di area rahang, ini dapat memengaruhi gusi. Untuk mengetahui terjadinya pengeroposan tulang, dibutuhkan rontgen gigi terlebih dahulu.

7. Kekuatan Genggaman Melemah

Berdasarkan jurnal Orthopaedic Surgery kekuatan genggaman yang rendah merupakan faktor risiko terjadinya osteoporosis.

Meski kekuatan genggaman akan menurun seiring bertambahnya usia, namun jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus maka bisa menjadi tanda dari penyakit pengeroposan tulang.

Artikel Lainnya: Tips Pola Hidup Sehat untuk Pencegahan Osteoporosis

8. Kuku Lemah dan Rapuh

Kuku yang rapuh bisa menjadi tanda perubahan hormonal atau defisiensi nutrisi. Namun selain itu, ternyata kesehatan kuku juga ada kaitannya dengan kesehatan tulang. Saat kuku menjadi rapuh dan lemah, ini bisa meningkatkan risiko osteoporosis.

Nah, setelah mengetahui tanda-tanda osteoporosis di atas, #JagaSehatmu dengan mulai menyadari pentingnya menjaga tulang. Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari.

Pastikan untuk lakukan gaya hidup sehat seperti olahraga, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik. Bila muncul ciri dan tanda osteoporosis, segera konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, ya! 

(NM)

tulangTulang KeroposHari Osteoporosis SeduniaOsteoporosis

Konsultasi Dokter Terkait