Sukses

Bunda, Ini Tips agar Anak Mau Tidur Siang

Terkadang, membuat anak mau tidur siang bisa jadi tantangan tersendiri. Pelajari tips berikut agar anak mau tidur siang tanpa drama.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak dimungkiri lagi bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. 

Akan tetapi, menidurkan si Kecil di siang hari bukanlah perkara mudah. Apalagi jika ia sedang semangat bermain. Tapi tenang, sebaiknya Anda jangan emosi dulu, tips di bawah ini mungkin bisa jadi jurus jitu dalam membuat si Kecil mau tidur siang. 

Sejatinya, tidur merupakan kebutuhan setiap orang, termasuk untuk si Kecil. Semakin kecil usia anak, maka waktu tidur yang diperlukan pun akan semakin banyak.

Mungkin menidurkan si Kecil yang masih balita bukanlah perkara yang terlalu sulit, tapi tantangan Anda justru muncul ketika ia sudah masuk ke usia sekolah. 

Saat memasuki usia sekolah, biasanya si Kecil sedang gemar-gemarnya mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Baik saat bermain di dalam rumah maupun saat bermain bersama teman-teman sebayanya di luar rumah. 

Jadi, bukan hal yang mengejutkan jika si Kecil sering kali menolak tidur siang dan lebih memilih menghabiskan waktunya dengan bermain. Tapi, jangan pasrah atau frustrasi dulu, sebab dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, punya solusinya untuk Anda. 

Cara ampuh membuat si Kecil tidur siang

Menurutnya, ada dua cara ampuh yang bisa Anda lakukan agar si Kecil dapat tidur siang tanpa harus drama terlebih dahulu, yaitu:

  • Pastikan si Kecil memiliki jam tidur yang sama setiap harinya 

Kegiatan apa pun, jika dilakukan dengan konsisten, pasti akan menjadi sebuah kegiatan yang mudah untuk dilakukan. 

Sama halnya dengan tidur siang, jika Anda mengatur jamnya secara konsisten dan dilakukan setiap hari, maka si Kecil pun akan lebih mudah untuk tertidur.

Jam yang paling pas untuk mengajak si Kecil tidur siang adalah pukul 2 siang. Mengapa? Sebab, pada jam-jam ini biasanya si Kecil merasa lelah, mengantuk, dan sedikit lemas. 

“Sepulang sekolah, biasanya si Kecil akan merasa lebih lelah dan mengantuk,” jelas dr. Sepriani. 

Untuk menetapkan jadwal tidur siang ini, Anda juga harus memperhatikan jam bangun tidur si Kecil pada pagi hari.

“Kalau si Kecil biasa bangun pukul 10 pagi, jelas dia tidak akan tidur lagi pada pukul 2 siang karena masih sangat segar. Biasakan si Kecil bangun pukul 7 pagi, jika memang ingin ia bisa tidur siang di atas pukul 12 siang,” tambahnya. 

  • Pastikan si Kecil sudah makan terlebih dahulu 

Tidak hanya pada orang dewasa, si Kecil pun bisa mengantuk setelah makan. 

“Sebelum sesi tidur siang, pastikan si Kecil makan terlebih dahulu agar perutnya bisa terisi dengan benar. Jika si Kecil sudah merasa kenyang, maka ia akan lebih cepat mengantuk dan akhirnya tertidur pulas,” ujar dr. Sepriani.  

Tapi, bukan berarti si Kecil harus makan dalam porsi besar. Tetap batasi porsi makannya dan ajak mereka tidur setengah atau satu jam setelahnya. Di sela-sela waktu itu, Anda bisa mengajak mereka bermain agar si Kecil semakin merasa lelah.

Selain itu, pastikan juga ruangan yang dipakai si Kecil tidur memiliki suhu yang sejuk (tidak terlalu dingin, tidak terlalu panas). Pastikan juga pencahayaannya dibuat seremang mungkin, sehingga si Kecil tidak akan merasa silau karena terlalu terang atau takut karena terlalu gelap. 

Tidur siang bermanfaat untuk memberikan waktu istirahat yang cukup bagi si Kecil. Namun, tidak ada peraturan yang secara umum dapat diterapkan terkait waktu tidur siang yang baik. Jika si Kecil masih mengalami kesulitan tidur siang, jangan mudah menyerah dan coba lakukan tips di atas.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar