Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 5 Jus Nikmat yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Sakit

5 Jus Nikmat yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Sakit

Selain obat-obatan yang diberikan oleh dokter, Anda juga bisa mengonsumsi ragam kombinasi jus di bawah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Saat jatuh sakit, berbagai cara akan dilakukan untuk sembuh. Mulai dari minum obat, memperbanyak tidur, mandi air hangat, hingga kerokan, semuanya dicoba. Tapi, sudahkah Anda mencoba untuk membuat jus dari beberapa campuran buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Dilansir dari Healthline, setidaknya ada lima jenis jus yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Jika masih terlalu lemah untuk membuat jus, Anda bisa membeli atau meminta bantuan orang lain untuk membuatkannya.

Berikut beberapa resep jus yang bisa Anda coba:

  • Jus apel, wortel, dan jeruk

Buah apel, wortel, dan jeruk adalah kombinasi yang unggul untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Campuran ketiga buah ini mengandung nutrisi, seperti vitamin A, B6, kalium, asam folat, dan vitamin C. Jika jeruk yang Anda pilih memiliki cita rasa manis, netralkan rasa jus dengan apel hijau yang tak terlalu manis ketimbang apel merah. 

  • Jus kale, tomat, dan seledri

Jika Anda ingin membuat jus hijau yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, maka sayuran seperti kale tak bisa absen. Jus kale bisa dikombinasikan dengan potongan tomat dan seledri.

Bagi yang belum biasa, mungkin aroma seledri akan terasa tajam. Namun, aroma tersebut seharusnya dapat dikalahkan oleh khasiat yang terkandung.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc MSc dari KlikDokter, kandungan apigenin dan luteolin pada seledri dapat membantu meringankan beberapa kondisi kesehatan –seperti peradangan, nyeri sendi, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Ketika kale, tomat, dan seledri dicampur, nutrisi lain yang dapat dirasakan oleh tubuh Anda adalah vitamin A, vitamin C, magnesium, zat besi, kalium, serta asam lemak. 

  • Jus bit, wortel, jahe, dan kunyit

Ketika buah bit, wortel, jahe, dan kunyit dibuat dijadikan satu, jus tersebut dapat mengurangi segala tanda-tanda peradangan. Peradangan terjadi akibat respons imunitas tubuh terhadap infeksi. 

Buah bit mengandung pigmen yang disebut betalain memiliki sifat anti-peradangan. Bit telah terbukti mengurangi peradangan ginjal pada tikus yang sebelumnya telah disuntik dengan bahan kimia beracun hingga menyebabkan cedera serius. 

Buah berwarna merah ini kaya akan zat besi dan vitamin C, sehingga sangat cocok dikonsumsi orang yang sedang anemia.

“Tak hanya itu, kandungan nitratnya dapat meningkatkan kinerja fisik sehingga tubuh mendapatkan energi,” jelas dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter.

Nah, cocok untuk Anda yang lemas karena habis sakit, bukan?

  • Jus stroberi dan mangga

Bila Anda biasanya mengonsumsinya jus stroberi dan mangga sendiri-sendiri, kini saatnya menggabungkan mereka. Vitamin E dari mangga dapat menyumbang antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada pun, kandungan zat asam ellagic pada stroberi dapat menekan perkembangan sel kanker

Stroberi sendiri bersifat asam dan mengandung banyak vitamin C. Buah mungil itu pun dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan turut membantu memelihara kesehatan Anda. 

  • Jus stroberi, kiwi, dan daun mint

Lidah pahit dan butuh asupan yang rasanya sedikit tajam? Yuk, coba buat jus stroberi yang dicampur dengan potongan kiwi serta beberapa lembar daun mint. 

Buah kiwi mengandung vitamin C hingga 17 kali lebih banyak ketimbang buah apel, dua kali lebih banyak daripada jeruk, dan lebih banyak juga daripada lemon. Bahkan, kandungan vitamin E pada kiwi dua kali lebih banyak ketimbang alpukat.

Lalu, bagaimana dengan daun mint? Apakah perannya hanya sebagai penambah rasa saja? Tentu tidak. Mint dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi hidung tersumbat dan bisa memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran cerna.

Anda tertarik membuat jus di atas untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Kalau iya, jangan menambahkan jus dengan gula berlebihan apalagi susu kental manis, ya. Satu hal lagi yang perlu diingat, usaha meningkatkan daya tahan tubuh saat sakit harus dibarengi dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, serta makan obat-obatan yang diberikan dokter.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar