Sukses

Makan dengan Gigi Palsu, Ini Tipsnya Agar Tetap Nyaman

Penggunaan gigi palsu bisa menyulitkan Anda saat makan. Simak tips berikut agar cepat terbiasa dan nyaman saat makan dengan gigi palsu.

Gigi palsu adalah metode perawatan yang dapat dilakukan apabila Anda mengalami keompongan. Gigi palsu umumnya terbuat dari bahan akrilik, plastik, atau logam yang di desain khusus agar menyerupai bentuk gigi dan gusi asli sehingga akan terlihat lebih alami.

Gigi palsu yang dipasang dengan benar memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kemampuan berbicara, kemampuan mengunyah makanan, dan menambah kepercayaan diri Anda.

Selain itu, gigi palsu yang dipasang dengan tepat juga dapat membantu mencegah kekenduran di wajah dan dapat memberikan perlindungan pada gigi yang tersisa.

Artikel Lainnya: Pakai Gigi Palsu, Ini Manfaat dan Kekurangannya

Sayangnya, manfaat-manfaat tersebut baru bisa Anda rasakan dengan optimal setelah membiasakan diri dengan gigi palsu. Untuk mencapai hal tersebut, Anda mungkin akan menemukan beberapa kesulitan, salah satunya untuk makan.

Makan dengan gigi palsu bisa terasa tidak nyaman bagi orang-orang yang belum terbiasa. Tenang, Anda tidak perlu khawatir berlebihan dengan keadaan tersebut. Berikut ini cara makan dengan gigi palsu agar tetap terasa nyaman:

1 dari 4 halaman

1. Konsumsi Makanan Lunak

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak atau cair dalam beberapa beberapa hari pertama setelah pasang gigi palsu. Sup, oatmeal, dan puding adalah berapa makanan bertekstur lunak yang dapat dijadikan pilihan.

Faktanya, gigi palsu yang langsung digunakan untuk mengunyah makanan bertekstur padat akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan berpotensi membahayakan gusi.

2. Kunyah Secara Merata

Sebagian besar orang cenderung hanya mengunyah pada satu sisi mulut saja. Bagi pengguna gigi palsu, hal ini bisa membuat sendi rahang mengalami gangguan.

Oleh karena itu, saat mulai mengonsumsi makanan bertekstur agak padat, Anda mesti mengunyah secara perlahan menggunakan kedua sisi gigi secara merata. Ini akan membantu menjaga kestabilan rongga mulut setelah pasang gigi palsu.

2 dari 4 halaman

3. Hindari Asupan Bersuhu Panas

Berhati-hatilah pada makanan atau minuman bersuhu panas. Cicipi sedikit makanan dan minuman yang panas pada bibir Anda sebelum memasukkannya ke mulut. Ini bertujuan agar tidak “membakar” mulut atau jaringan lunak di sekitarnya.

Artikel Lainnya: 10 Hal yang Bisa Membuat Rusak Gigi Palsu, Apa Saja?

4. Potong Makanan Menjadi Lebih Kecil

Saat Anda masih beradaptasi dan belajar mengunyah, potonglah makanan menjadi ukuran yang lebih kecil sebelum dikonsumsi. Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah mengunyahnya, sehingga tidak membuat banyak tekanan pada gusi.

3 dari 4 halaman

5. Hindari Makanan yang Sulit Dikunyah

Sebaiknya hindari makanan yang keras dan sulit dikunyah, seperti daging, kerupuk, atau kacang-kacangan. Untuk sementara waktu, pilihlah sumber protein yang punya tekstur agak lunak, seperti ayam, ikan, dan telur.

6. Hati-hati dengan Makanan Lengket

Permen karet atau selai kacang merupakan makanan lengket, sehingga mudah melekat di antara gigi palsu dan gusi. Keadaan ini dapat meningkatkan risiko iritasi dan infeksi.

Jika terpaksa harus mengonsumsi makanan lengket, pastikan untuk  membersihkan gigi palsu dan mulut Anda dengan cara yang tepat setelahnya.

Makan dengan gigi palsu akan terasa lebih nyaman dan aman dengan tips di atas. Jangan terburu-buru mengandalkan gigi palsu untuk mengunyah makanan favorit Anda guna menghindari masalah lebih lanjut.

Apabila Anda punya pertanyaan atau keluhan seputar gigi dan mulut, konsultasikan lebih lanjut pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam. Temukan pula berita kesehatan menarik lainnya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar