Kehamilan

Berapa Lama Pemulihan Luka Bekas Operasi Caesar?

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 28 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Merawat luka dan nyeri pasca operasi caesar adalah sebuah tantangan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan luka bekas operasi caesar?

Berapa Lama Pemulihan Luka Bekas Operasi Caesar?

Operasi caesar adalah prosedur yang dilakukan untuk melahirkan bayi melalui perut dengan cara membuat sayatan pada perut dan rahim ibu. 

Metode ini dipilih apabila ada indikasi medis di mana persalinan normal akan berisiko untuk ibu maupun bayi. Selain itu, metode ini juga bisa dipilih jika ada keinginan dari ibu dan sudah berdiskusi dengan dokter.

Pada prosedur operasi, biasanya ibu akan diberikan bius untuk setengah badan ke bawah, tetapi terkadang bisa juga diberikan bius umum.

Dokter kemudian akan membuat sayatan sepanjang 10-20 cm secara horizontal di perut bagian bawah atau vertikal di bagian bawah pusar. 

Lalu, berapa lama luka operasi caesar akan sembuh? Pemulihan karena operasi caesar umumnya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan persalinan normal. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini. 

Berapa Lama Luka Caesar Bisa Sembuh Total?

Dalam melakukan operasi caesar, dokter akan membuat sayatan secara berlapis-lapis, sesuai dengan jumlah lapisan kulit perut, jaringan bawah kulit, otot perut, hingga akhirnya membuat sayatan pada rahim. 

Setelah bayi dilahirkan dan plasenta dikeluarkan, dokter akan menjahit kembali selapis demi selapis. 

Oleh karena itu, benang yang digunakan adalah benang yang akan diserap oleh tubuh dan menyatu dengan jaringan baru dalam waktu 2-3 minggu atau 40-70 hari pasca operasi, tergantung jenis benang yang digunakan. 

Luka operasi perlu melewati tiga tahap penyembuhan hingga sembuh sempurna. Tahap-tahap tersebut adalah:

1. Fase Inflamasi (Peradangan)

Fase yang pertama ini berlangsung selama 4-6 hari pertama dan terjadi respons tubuh berupa peradangan. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka. 

2. Fase Proliferasi

Fase kedua terjadi mulai hari ke-4 hingga ke-14. Pada fase ini, mulai terbentuk jaringan-jaringan baru untuk menyembuhkan luka. 

3. Fase Remodeling 

Fase ini merupakan fase yang terakhir, dimulai pada satu minggu pasca operasi dan berlangsung hingga satu tahun. Pada fase ini, jaringan baru yang sudah terbentuk semakin diperkuat.

Pada satu minggu pasca operasi, kekuatan jaringan pada luka baru mencapai 3%, pada minggu ke-3 mencapai 30%, dan mencapai 80% pada bulan ke-3 dan seterusnya. 

Namun bagaimanapun, jaringan tidak akan sekuat seperti sebelum operasi. 

Artikel lainnya: Benarkah Tidak Boleh Tidur Setelah Operasi Caesar?

Tanda-Tanda Luka Caesar yang Akan Sembuh

Berapa lama pemulihan pasca operasi caesar? Tanda-tanda luka akan sembuh mulai muncul setelah melewati fase inflamasi atau peradangan.  

Selama fase inflamasi, wajar apabila ibu mengalami nyeri sedang hingga berat. Luka operasi pun bisa tampak bengkak, merah, serta terasa hangat.

Memasuki minggu kedua, berikut tanda-tanda luka bekas operasi caesar akan sembuh:

1. Nyeri Semakin Berkurang

Ibu mungkin merasakan nyeri yang tajam seperti tertusuk di area luka, ini bisa jadi tanda bahwa fungsi saraf di kulit sudah mulai kembali. Nyeri ini seharusnya semakin ringan dan semakin jarang dirasakan seiring berjalannya waktu. 

Selain itu, seiring bertambah kuatnya jaringan baru pada luka, nyeri semakin berkurang dan luka kian sembuh. 

2. Luka Tampak Kering

Jaringan penyembuhan yang terbentuk dengan baik membuat luka tampak kering dan menyatu. Luka operasi juga bisa tampak menebal dan kemerahan.

Selama tidak ada tanda infeksi, warna merah pada luka ini bisa jadi hanyalah tanda penyembuhan. 

Artikel lainnya: Tips Berhubungan Seksual Setelah Melahirkan secara Caesar 

3. Warna Luka Semakin Samar

Seiring berjalannya waktu, luka yang tadinya menebal dan berwarna merah akan semakin rata. 

Tak hanya itu, warnanya akan semakin serupa dengan warna kulit, kecuali apabila terjadi keloid (bekas luka yang menonjol dari permukaan kulit). 

4. Rasa Gatal 

Rasa gatal bisa dirasakan seiring dengan penyembuhan luka. Anda tidak perlu khawatir, karena ini adalah hal yang wajar. 

Yang penting, hindari menggaruk atau menggosok luka operasi terlalu keras karena jaringan yang baru terbentuk belum kuat.

Tanda-Tanda Luka Caesar yang Bermasalah

Selama masa penyembuhan luka, terutama pada beberapa minggu awal pasca operasi, ibu perlu memperhatikan keadaan luka dan melihat apakah ada tanda-tanda luka bermasalah seperti berikut:

  • Tampak kemerahan, bengkak, atau teraba hangat di luka operasi dan kulit sekitarnya lebih dari 4-6 hari pasca operasi.
  • Demam lebih dari 38 oC atau menggigil.
  • Keluar cairan bening, nanah, atau darah dari luka operasi.
  • Luka operasi berbau tidak sedap.
  • Nyeri di area luka operasi secara konsisten terus bertambah dan tidak hilang dengan pemberian obat antinyeri.
  • Nyeri hanya di satu titik tertentu di area luka.
  • Luka tampak terbuka atau tidak rapat.
  • Warna luka tampak putih, kuning, atau hitam.

Itulah penjelasan mengenai berapa lama luka operasi caesar akan sembuh. Pemulihannya memang memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan pemulihan luka karena persalinan normal. 

Untuk itu, perawatan luka bekas operasi caesar harus diperhatikan dengan baik. Segera hubungi dokter yang merawat Anda jika ditemukan tanda-tanda luka yang bermasalah.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai topik ini, jangan ragu konsultasi dengan dokter via fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Lukaoperasi caesar

Konsultasi Dokter Terkait