Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Menurunkan Berat Badan

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Menurunkan Berat Badan

Urusan mengecilkan lingkar pinggang, Anda harus tahu apa saja makanan yang harus dihindari saat menurunkan berat badan. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal adalah impian banyak orang. Namun sayang, menurunkan berat badan tidak semudah mengupas kulit kacang! Harus dengan cara yang aman, Anda disarankan untuk tahu dan mematuhi jenis makanan yang harus dihindari saat menurunkan berat badan, serta diimbangi dengan olahraga teratur.

Untuk mencapai berat badan ideal, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter serta banyak pakar lainnya menyarankan untuk menghindari makanan tertentu yang mengandung kalori tinggi.

Katanya lagi, mencapai berat badan ideal adalah hasil keseimbangan antara energi yang dikonsumsi dalam bentuk kalori dengan pembakaran atau penggunaan energi tersebut.

“Kalori yang Anda peroleh tidak hanya bersumber dari makanan, tapi juga dari minuman. Saat terjadi konsumsi kalori secara berlebihan, maka cadangan makanan akan terbentuk. Salah satunya berupa timbunan lemak,” kata dr. Theresia.

Itulah sebabnya, membatasi makanan dan minuman tertentu yang tinggi kalori akan sangat menentukan keberhasilan diet Anda.

Hindari makanan ini saat turunkan berat badan

Apabila Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari demi keberhasilan diet. Apa saja?

  1. Minuman manis 

Konsumsi minuman manis, seperti minuman kaleng, jus kemasan, dan minuman bersoda pada umumnya mengandung tinggi gula. Minuman manis ini juga mengandung kalori tinggi tanpa diimbangi dengan nutrisi yang seimbang.

Bukannya memberikan efek sehat, minuman manis justru membawa efek buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu label kandungan gizi pada kemasan minuman manis sebelum dikonsumsi.

  1. Es krim

Mengonsumsi satu atau dua sendok es krim sebenarnya tidak ada salahnya. Yang salah adalah jika Anda kalap mengonsumsinya.

Seperti dijelaskan oleh dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, “Es krim merupakan salah satu makanan yang tinggi nilai kalorinya dan bahan bakunya didominasi oleh gula.”

Bila Anda ingin tetap menikmati es krim saat menurunkan berat badan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. “Misalnya, gunakan yoghurt plain dan potongan buah segar sebagai bahan baku pembuatan es krim,” ujar dr. Dyan.

  1. Kentang goreng

Meski hanya sesekali dikonsumsi, makan kentang goreng ternyata mampu menggagalkan program penurunan berat badan Anda.

Dokter Dyan mengatakan, “Dalam 100 gram kentang goreng terkandung setidaknya 300 kkal. Bayangkan, untuk membakarnya Anda harus lari sepanjang 7 km selama 1 jam nonstop!”

Alih-alih digoreng, Anda bisa mencoba cara lain untuk menikmati kentang, misalnya dengan direbus. Dibandingkan dengan kentang goreng, kentang rebus hanya mengandung 87 kkal.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Popcorn

Camilan pendamping nonton film ini memang bikin nagih. Popcorn memang sehat untuk dikonsumsi jika tidak ditambahkan apa pun. Namun, beda cerita saat popcorn dicampur mentega (apalag sampai minta ekstra), garam, karamel, atau perasa lainnya.

  1. Buah kering

Dilansir dari The Health, buah-buahan kering memiliki banyak tambahan kalori dan gula. Sebagai perbandingan, secangkir kismis mengandung 434 kalori dan 86 gram gula tambahan, sedangkan secangkir anggur hanya mengandung 62 kalori dan 15 gram gula.

Ini artinya, jumlah kalori mengonsumsi tujuh cangkir anggur segar setara dengan 1 cangkir kismis kering!

Oleh karena itu, lebih baik pilih buah segar. Anda akan mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap dengan kalori dan gula yang rendah.

  1. Mi instan

Praktis dan rasanya enak, mi instan adalah salah satu comfort food banyak orang. Meski demikian, Anda harus hati-hati karena mi instan mengandung kalori dan garam yang tinggi. Jangan harap berat badan akan turun kalau Anda masih sering mengonsumsi makanan kemasan ini!

Seorang ahli gizi bersertifikat asal Amerika Serikat, Rachel Straub, menjelaskan bahwa mi instan dan makanan kemasan apa pun tidak disarankan untuk orang yang sedang diet. “Makanan tersebut penuh dengan garam, tapi sangat sedikit nilai nutrisinya,” tuturnya seperti dikutip di The Health.

Dalam upaya mencapai berat badan ideal, jangan sampai Anda salah langkah. Bila ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, patuhi daftar makanan yang harus dihindari saat menurunkan berat badan, seperti yang dijabarkan di atas. Imbangi dengan olahraga teratur, istirahat cukup, serta kelola stres dengan baik agar hasilnya optimal. Bila mengalami kesulitan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk menentukan menu terbaik sesuai kondisi tubuh.

[HNS/RN]

1 Komentar