HomeInfo SehatGigi MulutKapan Sebaiknya Harus Melakukan Prosedur Pulpotomi?
Gigi Mulut

Kapan Sebaiknya Harus Melakukan Prosedur Pulpotomi?

drg. Wiena Manggala Putri, 05 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pulpotomi adalah perawatan gigi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah polip pulpa gigi. Kenali prosedur pulpotomi lebih jauh di sini.

Kapan Sebaiknya Harus Melakukan Prosedur Pulpotomi?

Kerusakan gigi sulung pada anak merupakan masalah umum yang sering terjadi. Kerusakan ini umumnya berkembang dengan cepat dan sering kali mencapai rongga pulpa. 

Untuk mengatasinya, salah satu perawatan yang dapat dipilih adalah dengan prosedur pulpotomi. Pulpotomi pada gigi sulung adalah perawatan yang dapat dipilih untuk mempertahankan gigi susu hingga tanggal dengan sendirinya. 

Sebab, gigi susu memiliki peran penting dalam pertumbuhan gigi permanen, perkembangan rahang, dan fungsi pengunyahan. 

Apa itu Pulpotomi?

Pulpotomi adalah pengambilan jaringan pulpa gigi pada bagian rongga pulpa akibat karies yang luas. Disertai pula dengan pemberian obat tepat di atas pulpa yang terpotong. 

Artikel Lainnya: Hal yang Perlu Diketahui Soal Perawatan Polishing Gigi

Tujuannya untuk membantu mengatasi dan mempertahankan vitalitas gigi. Selain itu, juga mempertahankan fungsi kesehatan gigi, termasuk jaringan pendukungnya. Dengan begitu, vitalitas pulpa gigi yang terkena karies, cedera, atau hal lainnya bisa terjaga. 

Dengan melakukan perawatan ini, lengkung gigi bisa dipertahankan dalam keadaan yang utuh dan fungsi pengunyahan atau fungsi bicara bisa tetap berjalan baik. Tak hanya itu, dengan merawatnya secara tepat, fungsi estetik otomatis dapat dipertahankan. 

Kapan Sebaiknya Melakukan Perawatan Pulpotomi?

Pulpotomi dilakukan terutama pada gigi sulung. Perawatan ini digunakan untuk mengobati kerusakan yang dalam dan telah mendekati rongga pulpa, sehingga mengiritasi jaringan dan menyebabkan peradangan.

Indikasi utama pulpotomi adalah untuk kerusakan gigi yang meluas ke arah proksimal. Ini merupakan permukaan gigi yang berhadapan dengan permukaan gigi sebelahnya dalam satu lengkung gigi yang melibatkan bagian tepi gigi yang membulat (marginal ridge). 

Selain itu, perawatan pulpotomi dapat dipilih jika jaringan periodonsium di sekitar gigi sehat dan tidak ada infeksi lokal atau abses. 

Sedangkan, kontraindikasi dari perawatan ini adalah bila kasus dimana kerusakan atau karies sudah dalam dan sudah terdapat pembengkakan akibat peradangan. 

Artikel Lainnya: Perlu Paham, Ini Prosedur Scaling Gigi Yang Tepat

Adakah Efek Samping Pulpotomi?

Prosedur perawatan ini umumnya aman dilakukan dan tidak ada risiko serius yang terkait dengannya. Namun, bisa saja menimbulkan efek samping, seperti nyeri ringan karena peradangan jaringan lunak di sekitarnya. 

Tapi, Anda tak perlu khawatir, karena biasanya gejala tersebut akan hilang atau sembuh dengan sendirinya. Biasanya hanya memerlukan 1-2 kali kunjungan ke dokter gigi. 

Tingkat keberhasilannya pun cukup baik yang bisa dilihat dalam kurun waktu 6 bulan selama tidak ada keluhan. 

Prosedur Pulpotomi

Untuk melakukan prosedur pulpotomi, berikut langkah-langkah yang akan dilakukan, yaitu:

  • Anestesi lokal pada daerah sekitar gigi yang akan dilakukan dan isolasi daerah kerja
  • Menghilangkan jaringan gigi yang rusak
  • Pembukaan ruang pulpa 
  • Pembuangan pada pulpa koronal
  • Setelah selesai, kapas basah atau pelet akan digunakan untuk menghentikan pendarahan dan membersihkan area tersebut.
  • Setelah perdarahan berhenti, pulpa radikuler dirawat dan ditutup dengan obat khusus. Obat ini biasanya berupa formocresol atau ferric sulfate
  • Kemudian ruang pulpa gigi ditutup dengan zinc oxide eugenol (ZOE). 
  • Lalu, gigi tersebut dibuatkan mahkota yang terbuat dari stainless steel

Itulah hal-hal seputar pulpotomi dan kapan sebaiknya prosedur ini dilakukan. Meskipun gigi sulung ini nantinya akan digantikan oleh gigi permanen, perawatan ini tetap penting dilakukan. 

Gunanya untuk menjaga struktur rahang sehingga gigi permanen dapat tumbuh ke arah yang tepat. Konsultasikan masalah gigi dan mulut Anda melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi: 

  • VeryWell Health. Diakses 2021. What Is a Pulpotomy?
  • Researchgate. Diakses 2021. Pulpotomy vs. pulpectomy techniques, indications and complications.
  • National Library of Science (PubMed). Diakses 2021. Therapeutic effects of Pulpotomy and Pulpectomy on deciduous molars with deep caries.
  • Healthline. Diakses 2021. Everything to Know About Pulpotomy for Teeth.

 

Gigi dan MulutPulpotomi

Konsultasi Dokter Terkait