Sukses

Penyebab Gigi Berwarna Abu-abu

Perubahan warna gigi menjadi abu-abu bisa disebabkan oleh berbagai hal. Apa saja? Apakah berbahaya? Simak penyebab gigi berwarna abu-abu di sini!

Perubahan warna gigi menjadi abu-abu bisa jadi alasan seseorang enggan tersenyum. Hal ini memang dapat menurunkan kepercayaan diri.

Hati-hati, gigi yang berubah warna tersebut dapat dialami siapa saja. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam.

Gigi abu-abu tak hanya sekadar masalah estetika saja, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya kondisi serius. Oleh karena itu, diperlukan perawatan gigi. Beberapa faktor yang menjadi penyebab gigi abu-abu ialah:

1 dari 4 halaman

1. Obat Tetrasiklin

Tetrasiklin merupakan obat antibiotik yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi sehingga menjadi abu-abu.

Bila obat ini dikonsumsi saat hamil, akan berdampak pada warna gigi bayi yang dikandungnya. Anak-anak di bawah 8 tahun juga berisiko sama.

Gigi yang berwarna abu-abu tersebut bersifat permanen dan tak bisa hanya dihilangkan dengan menyikat gigi secara teratur. Namun, perawatan kedokteran gigi kosmetik seperti restorasi dapat mengatasinya.

2. Trauma Gigi

Trauma gigi merupakan salah satu penyebab berubahnya warna alami gigi. Jika hanya satu atau beberapa gigi yang berubah warna menjadi abu-abu setelah terkena trauma, maka kemungkinan gigi tersebut telah mati.

Perawatan mungkin akan melibatkan saluran akar yang dibersihkan dan diberikan obat, kemudian ditutup dengan tambalan atau restorasi.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

Sangat penting untuk menjalani prosedur tersebut. Karena, gigi yang telah mati banyak mengandung bakteri yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari seperti terjadinya infeksi.

2 dari 4 halaman

3. Kerusakan Gigi

Gigi berlubang yang dibiarkan saja dapat membusuk, sehingga membuat aliran darah gigi terpotong, mati, dan berubah warna menjadi abu-abu. Perawatan yang bisa dilakukan adalah prosedur saluran akar.

Untuk mencegahnya, kurangi konsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis dan asam, seperti teh, kopi, minuman bersoda, atau buah-buahan asam.

Meskipun tidak secara langsung menyebabkan gigi abu-abu, gula yang terkandung dalam asupan tersebut juga dapat menimbulkan plak. Jika dibiarkan, maka akan mengubah warna gigi menjadi kuning.

Artikel Lainnya: Benarkah Gigi Putih Tak Selalu Sehat?

4. Dentinogenesis Imperfecta

Kondisi ini merupakan kelainan yang bersifat turunan dan berdampak pada perkembangan gigi, serta menyebabkan gigi berubah warna dan tembus cahaya.

Biasanya, orang yang mengalami kondisi ini juga memiliki gigi yang lemah dan sensitif. Akibatnya, rentan mengalami kerusakan.

3 dari 4 halaman

5. Restorasi Gigi

Restorasi gigi dapat memberikan tampilan gigi abu-abu atau biru. Amalgam berwarna perak, ionomer kaca, akrilik, porselen, dan mahkota logam mungkin tampak berwarna biru keabu-abuan di permukaan gigi.

Pada mahkota logam, lama kelamaan lapisan akrilik atau porselen yang melapisinya akan terkikis, sehingga warna logam akan semakin terlihat.

Jika gigi abu-abu atau biru disebabkan oleh tambalan perak, maka dokter gigi dapat memperbaiki tambalan tersebut dengan tambalan komposit atau restorasi lainnya yang sewarna dengan gigi.

6. Faktor Usia

Gigi ternyata juga bisa menua. Penuaan ini bisa dilihat dengan adanya warna gigi yang berubah. Hal ini disebabkan bertambahnya usia.

Umumnya, gigi yang warnanya berubah menjadi rapuh. Nantinya, ini akan membuat gigi lebih keropos alias menjadi ompong.

Itulah berbagai penyebab gigi berwarna abu-abu yang sering terjadi. Bila Anda mengalami kondisi-kondisi di atas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk perawatan lebih lanjut sesuai penyebabnya.

Ingin konsultasi seputar kesehatan gigi lebih mudah dan cepat? Pakai LiveChat dari Klikdokter!

(FR/AYU)

1 Komentar