Sukses

Cara Efektif Menghilangkan Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata memang bisa mengganggu penampilan. Adakah cara efektif untuk menghilangkan mata panda?

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata terbentuk oleh beberapa faktor. Misalnya alergi, kelelahan, faktor genetik, anemia, dan usia.

Semakin usia Anda bertambah, kulit akan kehilangan kolagen dan menjadi lebih tipis. Selain itu, pada kondisi alergi tertentu seperti dermatitis atopik, lingkaran hitam di bawah mata juga sering kali timbul.

Kurangnya asupan nutrisi pada pola makan juga dapat mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Kondisi ini biasa terjadi pada orang dengan anemia defisiensi besi. 

Kendati penyebabnya beragam, mata panda biasanya terjadi karena kurang tidur. Kurang tidur dapat membuat aliran darah di bawah kulit Anda lebih terlihat gelap. 

Bukan hanya membuat tidak nyaman, lingkaran hitam di bawah mata juga bisa bikin Anda tidak percaya diri. Bila ingin segera terbebas dari kondisi ini, simak beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami berikut:

1 dari 4 halaman

1. Kompres Mata

Untuk mengurangi pembengkakan akibat mata panda, caranya bisa dengan mengompres mata dengan es batu. Hal ini dapat membuat otot di sekitar mata jadi relaks dan tidak tegang.

Anda bisa membungkus es batu dengan menggunakan kain, lalu kompres mata selama 5-10 menit setiap malam sebelum tidur. Kompres dingin ini dapat mengurangi pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah bawah mata.

2. Tidur yang Cukup 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, waktu tidur yang minim dapat membuat aliran mata tidak lancar. Jadi, tidur secara cukup bisa menjadi cara untuk menghilangkan mata panda. 

Artikel Lainnya: Manfaat Vitamin K untuk Mengatasi Mata Panda

Setiap orang perlu memiliki waktu tidur cukup, yakni 7-8 jam setiap hari. Jika Anda mengalami gangguan tidur, cobalah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur, misal dengan meditasi selama 15-20 menit. Jauhkan juga gawai dari tangan saat Anda sudah berada di tempat tidur.

2 dari 4 halaman

3. Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari dapat membantu Anda terhindar dari lingkaran hitam di bawah mata. 

Tidak hanya itu, rutin minum air putih juga bisa buat tubuh jadi lebih sehat dan mencegah dehidrasi.

4. Manfaatkan Kantong Teh

Anda juga bisa menggunakan kantong teh sebagai cara menghilangkan mata panda.

Caranya mudah, siapkan dua kantong teh bekas, kemudian celupkan ke dalam air dingin selama 10 menit. Selanjutnya, tempelkan kantong tersebut ke mata selama 20 menit. Setelah selesai, basuh wajah hingga bersih. 

5. Gunakan Eye Balm atau Krim Mata

Penggunaan krim pencerah khusus mata bisa menjadi cara untuk mengatasi mata panda. Perlu Anda ingat, kulit di sekitar mata berbeda dari kulit tubuh lainnya sehingga perlu losion khusus.

Artikel Lainnya: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Eye Cream

3 dari 4 halaman

6. Gunakan Ketimun

Untuk menghilangkan mata panda, caranya juga bisa dengan menggunakan ketimun. Ya, ketimun tak hanya enak untuk dibuat lalapan, tetapi juga bisa bantu hilangkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Pastikan ketimun yang Anda gunakan sudah dicuci bersih dan dimasukkan ke dalam kulkas agar dingin. Selanjutnya tempelkan ketimun pada area mata panda, lalu cuci bersih area mata bekas timun tadi.

7. Kurangi Konsumsi Garam

Garam bersifat menarik cairan, sehingga dapat membuat bagian bawah mata Anda menjadi bengkak dan terbentuk mata panda.

Jadi, salah satu cara untuk menghilangkan mata panda yakni dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi garam. Misalnya makanan cepat saji, makanan olahan, maupun makanan yang asin.

8. Tidur dengan Bantal Agak Tinggi 

Jika Anda ingin menghilangkan mata panda, cara yang tak kalah penting adalah tidur dengan tumpukan bantal lebih tinggi. 

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pengumpulan cairan di bawah mata. 

Itulah cara menghilangkan mata panda yang dapat Anda coba. Namun jika tak kunjung hilang atau sudah mengganggu, tindakan medis seperti injeksi filler dan laser dapat Anda pertimbangkan. 

Jangan lupa konsultasikan kepada dokter bila kondisi lingkaran hitam pada mata ingin ditangani dengan tindakan yang sesuai.

Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi langsung kepada dokter secara lebih mudah.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar