Sukses

Cara Efektif Menghilangkan Mata Panda

Tak hanya merusak penampilan, mata panda juga membuat penderitanya tidak nyaman. Adakah cara efektif menghilangkan mata panda?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak cara dilakukan demi menghilangkan mata panda. Pasalnya, memiliki kantong mata hitam atau dikenal juga dengan mata panda bukan hanya membuat tidak nyaman, tapi bikin Anda tampil tidak percaya diri.

Disampaikan dr. Resthie Rachmanta Putri, MEpid., KlikDokter pada umumnya, kantong mata yang membesar disebabkan oleh penumpukan cairan pada daerah bawah mata. Area sekitar mata sendiri terdiri dari berbagai jaringan lunak, yang terdiri dari jaringan ikat dalam jumlah besar, jaringan lemak, saraf, pembuluh darah, otot, dan sebagainya.

Area sekitar mata merupakan bagian yang jaringannya cukup renggang dan banyak jaringan ikat, sehingga mampu menahan cairan (maupun darah). Selain itu, jaringan ini dapat mengalami pembengkakan akibat peradangan sehingga tampilannya bisa berubah menjadi lebih gelap.

Terlebih lagi, kulit yang melapisi area ini relatif lebih tipis. Tak heran, perubahan yang terjadi pada jaringan di bawahnya akan lebih mudah terlihat dari luar.

Mengapa mata panda bisa terjadi?

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, ada beberapa faktor yang menyebabkan lingkar hitam muncul di bawah mata Anda. Misalnya, faktor usia, kurang tidur, kebiasaan menatap layar gawai, genetik, dehidrasi, dan paparan sinar matahari.

Tak cuma itu, pola hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol juga bisa menyebabkan mata panda.

“Seiring bertambahnya usia, permukaan kulit Anda akan semakin menipis dan memudahkan permasalahan kulit muncul, salah satunya mata panda,” kata dr. Adeline.

“Selain itu, secara perlahan kulit Anda juga akan mulai kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, pembuluh darah di bawah mata jadi terlihat jelas dan menyebabkan mata panda,” lanjutnya. 

Waktu tidur yang tidak cukup juga membuat aliran darah pada mata tidak lancar. Ini berakibat pada menumpuknya darah di bawah mata sehingga menjadi lebih hitam dan bengkak. Karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh jadi kelelahan, bagian wajah menjadi yang paling terlihat sayu dan kusam.

Cara mudah menghilangkan mata panda

Untuk menghilangkan mata panda, dr. Adeline memaparkan beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Kompres Mata

Selain mengurangi pembengkakan akibat mata panda, kompres mata dengan menggunakan es batu juga bisa membuat otot sekitar mata jadi rileks dan tidak tegang.

Anda bisa membungkus es batu dengan menggunakan kain, lalu kompres mata selama 5-10 menit setiap malam sebelum pergi tidur. Kompres dingin ini bisa mengurangi pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah bawah mata. 

2. Miliki waktu tidur yang cukup 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, waktu tidur yang minim dapat membuat aliran mata tidak lancar. Karena itu, dr. Adeline menyarankan agar setiap orang memiliki waktu tidur cukup, yakni 7-8 jam setiap hari.

Jika Anda mengalami gangguan tidur, cobalah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur, seperti meditasi selama 15-20 menit. Jauhkan juga gawai dari tangan saat Anda sudah berada di tempat tidur.

3. Minum air putih 

Mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari dapat membantu Anda terhindar dari mata panda. Tidak hanya itu, rutin minum air putih juga bisa buat tubuh jadi lebih sehat dan mencegah dehidrasi datang.

4. Gunakan Kantong teh

Manfaatkan kantong teh bekas untuk memperbaiki warna kulit dan mengurangi pembengkakan mata.

Caranya, siapkan dua kantong teh bekas, lalu celupkan kantong teh ke dalam air dingin selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, tempelkan kantong tersebut ke mata. Diamkan selama 20 menit, lalu basuh wajah dengan air sampai bersih.

5. Gunakan eye balm atau krim mata

Gunakan krim pencerah khusus mata. Kulit di sekitar mata berbeda dari kulit tubuh lainnya sehingga perlu losion khusus. Jangan lupa juga untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan rajin menggunakan tabir surya.

Setelah mengetahui cara-cara di atas, tentu menghilangkan mata panda bukan hal yang sulit, bukan? Jika ingin hasil yang instan, Anda bisa melakukan laser untuk membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata. Namun, sebelum melakukan metode yang menguras dompet ini, pastikan Anda konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Selamat mencoba!

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar