HomeInfo SehatKesehatan UmumPenyebab Benjolan pada Siku
Kesehatan Umum

Penyebab Benjolan pada Siku

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 28 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jika menemukan benjolan di siku tangan, jangan pernah sepelekan kondisi tersebut. Yuk, ketahui penyebabnya lewat artikel ini.

Penyebab Benjolan pada Siku

Siku tangan dapat mengalami masalah berupa benjolan. Penyebabnya pun beragam, mulai dari cedera hingga adanya gangguan kesehatan.  

Pada kebanyakan kasus, benjolan di siku tangan dapat ditangani dengan obat bebas atau istirahat. Namun, ada juga yang memerlukan penanganan lebih serius, misalnya pada kondisi benjolan akibat radang sendi. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di siku tangan:  

1. Eksim

Eksim yang juga dikenal sebagai dermatitis atopik adalah kondisi peradangan kulit yang menyebabkan ruam merah dan gatal. Ruam ini dapat muncul sebagai benjolan kecil termasuk pada siku. 

Selain itu, eksim dapat menyerang daerah kulit lainnya seperti lengan, belakang lutut, tangan, kaki, dan wajah. 

Kombinasi faktor genetik dan lingkungan bisa memicu terjadinya eksim. Eksim juga dapat berkembang bersamaan dengan alergi makanan dan pernapasan, serta asma.

Artikel lainnya: Ada Benjolan di Vagina, Haruskah Panik?

2. Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan kronis pada kulit. Gejalanya berupa plak bersisik berwarna merah muda atau putih pada area siku, lutut, punggung bawah, dan wajah. 

Selain itu, terdapat gejala lainnya seperti bercak merah muda pada lipatan tubuh (psoriasis terbalik), nyeri atau pembengkakan sendi (psoriasis arthritis), dan perubahan pada kuku (psoriasis kuku). 

3. Rheumatoid Arthritis

Benjolan di siku tangan juga bisa menjadi tanda dari rheumatoid arthritis. 

Rheumatoid arthritis adalah gangguan autoimun yang mengakibatkan pembengkakan pada sendi seperti siku, lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan jari kaki. 

Jika tidak ditangani dengan tepat, peradangan ini dapat menimbulkan kerusakan jaringan dan memengaruhi bentuk sendi. Penderita juga dapat mengalami nodul rheumatoid, yaitu sebuah benjolan bundar di bawah kulit.

4. Osteoarthritis

Ini adalah radang sendi yang paling sering terjadi pada orang lanjut usia. Hilangnya tulang rawan yang terletak di pertemuan dua tulang untuk membentuk sendi mencirikan kondisi osteoarthritis

Tulang rawan berfungsi sebagai bantalan dan menyediakan pelumasan untuk sendi. Namun, penggunaan yang berulang dapat merusak tulang rawan tersebut sehingga memicu nyeri sendi dan pembengkakan. 

Osteoarthritis dapat memengaruhi siku, tangan, lutut, pinggul, dan tulang belakang. Gejalanya meliputi nyeri dan kaku pada sendi, menurunnya mobilitas, serta suara retak saat menggerakkan sendi.

Artikel lainnya: Penyebab Benjolan di Anus dan Cara Mengatasinya

5. Lipoma

Salah satu penyebab benjolan di siku tangan adalah lipoma. 

Lipoma merupakan pertumbuhan lemak yang lembut dan tidak bersifat ganas di bawah kulit. Lipoma ini juga dikaitkan dengan gangguan tertentu, riwayat keluarga, dan trauma. 

Gejala lipoma tidak jelas, namun bila menyakitkan saat disentuh bisa jadi merupakan varian spesifik yang dikenal dengan angiolipoma. Jenis ini biasanya tumbuh perlahan, lembut, dan bergerak licin di bawah kulit.

6. Dermatitis Herpetiformis

Dermatitis herpetiformis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan timbulnya benjolan-benjolan berisi cairan yang gatal pada kulit.

Benjolan ini biasanya timbul pada area seperti siku, lutut, pantat, dan punggung bawah. Jadi, apabila Anda merasakan benjolan di tangan dekat siku, bisa jadi itu dermatitis herpetiformis.

Dermatitis ini dapat muncul akibat faktor genetik dan lingkungan. Gluten adalah pemicu terkait kondisi ini.

7. Olecranon Bursitis

Penyebab benjolan di siku tangan lainnya adalah olecranon bursitis. Kondisi ini ditandai dengan bengkak, nyeri, dan kemerahan pada ujung siku. 

Dapat disebabkan oleh iritasi atau peradangan akibat trauma, tekanan, atau gesekan berulang. 

Infeksi dan/atau komplikasi kondisi medis kronis seperti penyakit ginjal kronis, diabetes, atau asam urat juga dapat menjadi penyebab.  

Itulah beragam penyebab benjolan di siku tangan. Kini Anda tahu mengapa tidak boleh menyepelekannya, karena penyebabnya bisa saja berbahaya. Segera periksakan ke dokter jika Anda mengalaminya.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter secara daring lewat layanan Live Chat.

[RS]

SikuBenjolan

Konsultasi Dokter Terkait