Sukses

Benarkah Ikan Gabus Bantu Mempercepat Penyembuhan Luka?

Karena memiliki kandungan protein yang tinggi, ikan gabus diyakini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Klikdokter.com, Jakarta Ikan gabus menjadi salah satu biota air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain karena mudah dan relatif murah, ikan gabus juga dianggap memiliki segudang manfaat sehat. Salah satu manfaat yang paling dipercaya ada pada ikan gabus adalah membantu mempercepat penyembuhan luka. 

Fakta seputar ikan gabus

Ikan gabus memiliki nama ilmiah Channa striata, yang termasuk dalam golongan predator. Ikan ini memilik kandungan protein mencapai 25 persen. Di samping itu, ikan gabus juga mengandung albumin yang bisa mencapai 6.200 gram per 100 gram berat ikan gabus.

Secara spesifik, 100 gram ikan gabus mengandung 69 kalori; 25,2 gram protein; 1,7 gram lemak; 0,9 miligram zat besi; 62 miligram kalsium; 76 miligram fosfor; 150 miligram vitamin A; 0,04 miligram vitamin B; dan 69 miligram air.

Karena memiliki kandungan gizi tersebut, ikan gabus merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki segudang manfaat. Apa saja?

  • Membantu pembentukan dan pertumbuhan otot
  • Menjaga stabilitas cairan dalam tubuh
  • Membantu menjaga kesehatan saluran cerna
  • Membantu proses penyembuhan penyakit
  • Mempercepat pemulihan luka usai operasi
  • Membantu mengatasi edema atau bengkak pada tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Bagaimana dengan peran gabus untuk mempercepat penyembuhan luka? Apakah gabus memiliki manfaat tersebut? Ya, ini karena gabus memiliki protein, khususnya asam amino dan asam lemak. 

Berdasarkan penelitian, asam amino pada gabus memicu produksi kolagen yang dapat meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit. Dibantu dengan adanya kandungan glisin, asam arakidonat dan asam lemak, ikan gabus terbukti dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Konsumsi ikan gabus secara rutin dan teratur juga dapat memberikan efek antinyeri. Pada suatu penelitian dikatakan bahwa ikan gabus memiliki kandungan yang dapat meningkatkan efek antinosiseptif. Efek tersebut mampu meringankan rasa nyeri yang terjadi akibat adanya luka. 

Tidak hanya sebatas itu, obat anti-nyeri yang dikombinasikan dengan konsumsi ikan gabus juga memberikan efek yang lebih maksimal. Studi mengatakan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus dapat mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan pasien usai operasi.

Terbukti sudah bahwa ikan gabus memang mampu mempercepat penyembuhan luka. Ikan ini bahkan bisa memberikan manfaat yang lebih banyak lagi apabila dikonsumsi secara rutin, teratur dan pada porsi yang sesuai. 

Kendati begitu, Anda yang sensitif atau punya alergi terhadap jenis makanan tertentu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menyantap olahan ikan gabus. Karena, tidak menutup kemungkinan konsumsi ikan gabus memicu timbulnya reaksi alergi. 

Selain itu, meski dapat mempercepat penyembuhan luka dan memberikan segudang manfaat sehat lainnya, hingga saat ini ikan gabus tetap tidak bisa dijadikan terapi utama untuk menggantikan obat dari dokter. Karenanya, sangat penting untuk tetap melanjutkan terapi yang diberikan oleh dokter dan berkonsultasi terlebih dahulu jika Anda ingin mengonsumsi ikan gabus guna mendapatkan manfaat sehatnya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar