Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makanan dan Minuman Pantangan Saat Alami Infeksi Saluran Kemih

Makanan dan Minuman Pantangan Saat Alami Infeksi Saluran Kemih

Saat mengalami infeksi saluran kemih (ISK), ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi. Simak pantangan makanan infeksi saluran kemih di sini.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami orang dewasa. Wanita sepuluh kali lebih berisiko terkena infeksi kandung kemih dibanding pria. 

Penyebabnya, wanita memiliki uretra yang lebih pendek. Akibatnya, bakteri dapat mencapai kandung kemih lebih cepat.

Tidak semua orang yang mengalami infeksi kandung kemih punya gejala yang jelas.

Akan tetapi, tetap ada gejala-gejala umumnya, yaitu BAK berdarah atau berwarna keruh, rasa tertekan atau kram di perut bagian bawah, demam, nyeri saat berhubungan intim, sering BAK, nyeri panggul, dan rasa menyengat atau terbakar saat buang air kecil. 

Faktor kebersihan, genetik, penggunaan produk kewanitaan yang dapat menyebabkan iritasi, dan metode keluarga berencana berperan besar dalam memicu infeksi saluran kemih. 

Di sisi lain, beberapa makanan tertentu juga dapat meningkatkan atau mengurangi gejala infeksi saluran kemih.

Saat mengalami keluhan, berikut pantangan makanan bagi penderita infeksi saluran kemih agar gejala tidak semakin parah.

1 dari 4 halaman

1. Kopi

Kopi bersifat stimulan dan iritan pada kandung kemih. Iritasi pada kandung kemih dapat memperburuk keluhan yang sedang Anda rasakan. Jadi, dengan membatasi kopi saat mengalami ISK, diharapkan keluhan juga berkurang.

Umumnya, keluhan yang dapat membaik dengan pantang atau mengurangi kopi adalah kumpulan gejala yang dikenal sebagai lower urinary tract symptoms (LUTS). 

Keluhannya dapat berupa sering BAK, rasa kebelet yang muncul tiba-tiba dan sulit ditahan, sering BAK di malam hari, pancaran urine yang lemah saat berkemih, atau merasa kandung kemih belum kosong setelah BAK.

2. Alkohol

Pantangan saat infeksi saluran kemih berikutnya adalah alkohol. Kandungan alkohol bersifat diuretik sehingga dapat menciptakan volume urine yang besar dengan cepat. Hal ini dapat mengiritasi kandung kemih dan melemahkan tonus otot panggul.

Artikel lainnya: 8 Tanda Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

2 dari 4 halaman

3. Makanan Pedas

Makanan pedas juga dapat mengiritasi kandung kemih dan memperparah gejala infeksi saluran kemih. Oleh sebab itu, hindari lada hitam dan cabai merah di dalam makanan Anda.

Sama seperti kopi, makanan pedas dapat memperburuk gejala LUTS. Hal ini disebabkan oleh iritasi pada kandung kemih.

4. Minuman Bersoda

Minuman soda mengandung kafein, gelembung, dan pemanis buatan. Berbagai kandungan tersebut dapat memperparah gejala ataupun keluhan infeksi, karena mengiritasi kandung kemih. 

Bahkan, penelitian telah menemukan hubungan antara konsumsi minuman bersoda dengan ISK berulang.

Minuman bersoda yang umum kita kenal adalah soft drink berbagai rasa. Tapi, ada pula air putih yang mengandung soda, contohnya sparkling water.

Artikel lainnya: 5 Gejala Infeksi Saluran Kencing yang Jarang Disadari

3 dari 4 halaman

5. Pemanis Buatan

Menambahkan pemanis buatan ke makanan Anda mungkin dapat memperparah keluhan ISK. Satu studi menemukan, pemanis buatan dapat memperparah gejala radang kandung kemih kronis. 

Sebagai alternatif, saat mengalami infeksi saluran kemih, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan dengan manis alami untuk masakan ataupun minuman, misalnya buah-buahan.

6. Buah Asam

Makanan lain yang tidak boleh dimakan saat infeksi saluran kemih adalah buah yang mengandung banyak asam, seperti jeruk, jeruk nipis, tomat, dan sebagainya. Hal ini juga dapat mengiritasi kandung kemih dan memperparah gejala ISK.

Di sisi lain, bila Anda sudah sembuh dari ISK, mengonsumsi pantangan makanan infeksi saluran kemih yang satu ini justru dapat bermanfaat. 

Konsumsi makanan asam dengan kandungan vitamin C yang tinggi dipercaya dapat membantu mencegah kemunculan ISK kembali di kemudian hari.

Saat mengalami keluhan ISK, jangan hanya memerhatikan pantangan makanan infeksi saluran kemih. Beberapa perilaku buruk juga sebaiknya dihindari untuk mencegah bertambah parahnya keluhan.

Misalnya, tidak berobat atau menunda konsultasi dengan dokter. Pengobatan ISK memerlukan antibiotik yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. 

Jika ditunda, maka dapat meningkatkan risiko komplikasi serius. Lalu, tidak minum antibiotik sesuai dosis dan anjuran, kurang minum, dan menahan BAK juga sebaiknya dihindari.

Jadi, saat mengalami keluhan ISK, selalu pastikan dulu dengan berkonsultasi ke dokter. Bila memang terbukti ISK, jalani pengobatan sesuai yang disarankan. 

Untuk membantu pemulihan, Anda bisa banyak minum, BAK kalau sudah terasa, dan memerhatikan pantangan makanan infeksi saluran kemih. Bila ingin konsultasi ke dokter lebih cepat, pakai Live Chat dari KlikDokter.

(FR/JKT)

1 Komentar