Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Asal! Ini Cara Menyisir yang Benar untuk Mencegah Rambut Rusak

Jangan Asal! Ini Cara Menyisir yang Benar untuk Mencegah Rambut Rusak

Menyisir rambut tidak boleh dilakukan sembarangan. Bagaimana cara menyisir rambut yang benar agar tidak rusak? Simak tips menyisir rambut di sini.

Menyisir adalah salah satu proses penting dan paling mudah dalam hal perawatan rambut. Namun jika dilakukan asal-asalan, rambut malah bisa rontok.

Dalam hal menyisir rambut, kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan cara yang baik dan benar. Sebagian besar dari kita pun cenderung melakukan kesalahan saat menyisir. 

Padahal, menyisir rambut dengan cara yang keliru dapat mengganggu folikel kulit kepala. Pada akhirnya, akan menyebabkan kerontokan hingga kebotakan. 

Yuk, ikuti tips menyisir berikut ini agar rambut Anda tetap sehat, bersinar, dan tidak rontok:

1. Pilih Jenis Sisir yang Tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis sisir yang dipakai. Pemilihan sisir yang tepat akan mendukung proses pemeliharaan rambut. Menurut para ahli, jenis sisir terbaik adalah sisir dengan bulu halus. 

Artikel Lainnya: Hair Branching Remover, Efektif Atasi Masalah Rambut Bercabang? 

Sisir jenis ini dapat mengambil sebum, minyak yang berfungsi melindungi elemen rambut dan mengatur keseimbangan kelembapan) dari kulit kepala. Dengan begitu, bisa terdistribusi ke batang rambut agar rambut tetap sehat dan tidak kering.

Selain sisir berbulu lembut, Anda juga dianjurkan memiliki sisir bergigi lebar. Tujuannya adalah untuk meminimalkan kerontokan rambut saat sedang menyisir, terutama dalam keadaan basah.

1 dari 3 halaman

2. Sikat dari Bawah Dulu

 

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, mungkin terbiasa menyisir langsung dari atas bagian akar rambut lalu ke bawah. 

Ternyata hal ini kurang tepat. Memulainya dari akar dapat berisiko menarik rambut ke ujung bawah dan membuatnya keluar dari folikel.

Sebaiknya, menyisir rambut dimulai dari bawah terlebih dahulu. Mulailah sikat rambut beberapa inci dari bawah untuk menghilangkan rambut yang kusut terlebih dahulu. Lalu, naik ke atas sedikit demi sedikit sampai ke bagian akar.

3. Hati-hati Menyisir Saat Rambut Basah

Langsung menyisir rambut saat masih basah sebenarnya kurang tepat dilakukan. Apalagi kalau jenis sisir yang dipakai juga salah.

Saat basah, rambut Anda menjadi sangat rapuh, lemah, dan rentan rusak. Gunakan handuk secara lembut untuk menyerap air di rambut terlebih dahulu. 

Lalu, gunakan jari Anda untuk melepas rambut yang kusut. Setelah setengah kering, baru boleh menyisir rambut dengan sisir khusus untuk rambut basah.

Artikel Lainnya: 8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Rambut Anda

2 dari 3 halaman

4. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut

Jika Anda rutin menyisir rambut sampai berkali-kali dalam sehari untuk tetap mendapatkan rambut yang halus, sebaiknya pikirkan lagi tindakan tersebut.

Menurut American Academy of Dermatology, rambut tidak membutuhkan 100 kali sikatan dengan sisir dalam sehari. 

Menyikat terlalu banyak dapat membuat rambut stres dan mengiritasi kulit kepala Anda. Akibatnya, rambut mudah patah dan rontok.

Para ahli merekomendasikan agar menyisir rambut cukup dua kali saja dalam sehari. Ini adalah cara yang sehat untuk mendistribusikan minyak alami dari kulit kepala ke rambut Anda. 

Namun, Anda harus ingat bahwa minyak alami dapat terdistribusi dengan baik hanya jika Anda melakukannya dengan lembut.

5. Pilih Waktu yang Tepat

Perlu diketahui bahwa menyisir rambut terutama sebelum tidur akan membuat rambut lebih sehat. Menyisir rambut saat kering sebelum tidur dapat membantu mendistribusikan minyak alami di kulit kepala ke sepanjang batang rambut. 

Jika secara teratur, maka itu bisa menstimulasi kulit kepala dan folikel rambut, serta merangsang pertumbuhannya. 

Selain itu, jangan lupa untuk menyisir rambut terlebih dahulu sebelum Anda keramas. Ini dapat mencegah rambut semakin kusut sesaat dan setelah keramas.

Itulah cara menyisir yang benar untuk mencegah rambut rusak. Ikuti tips di atas agar rambut Anda tetap sehat dan mudah diatur. Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut terkait kesehatan rambut lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi: 

  • Healthline. Diakses 2022. The Benefits of Hair Brushing and How to Do It Properly.

0 Komentar

Belum ada komentar