Sukses

6 Manfaat Tidur Siang yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Sering dianggap hanya baik untuk bayi atau anak-anak, nyatanya manfaat tidur siang untuk orang dewasa juga tak terhingga. Sayang, lo, kalau dilewatkan!

Klikdokter.com, Jakarta Tidur siang sering kali dianggap hanya dianjurkan untuk bayi atau anak-anak. Padahal, orang dewasa pun bisa merasakan berbagai manfaatnya. Namun untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tidur siang yang singkat, atau yang sering disebut sebagai power nap, diketahui dapat meningkatkan daya ingat, mendongkrak performa kerja, memperbaiki suasana hati, membuat lebih waspada, dan menghilangkan stres. Oleh karena itu, stop menganggap bahwa orang-orang yang tidur siang itu adalah pemalas.

Sejuta manfaat dari tidur siang

Lebih lengkapnya, tidur siang bisa memberikan Anda manfaat di bawah ini:

  1. Menjaga dan meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa tidur siang mempunyai peranan yang penting bagi daya ingat atau memori. Sebab, tidur siang dianggap dapat membantu seseorang mengingat apa yang dipelajari sebelumnya, sama seperti tidur pada malam hari.

Selain itu, tidur siang juga diketahui bisa membantu seseorang untuk tidak melupakan sesuatu, termasuk keterampilan motorik, persepsi, dan kemampuan mengingat verbal. Tidur siang bisa membuat otak menghubungkan dan menyimpan berbagai informasi yang dikumpulkan sebelumnya.

  1. Meningkatkan performa kerja

Di dalam dunia kerja, faktanya tidur siang juga memiliki manfaat dalam meningkatkan performa kerja. Pasti Anda pernah merasakannya, kalau kerja nonstop sepanjang hari, performa kerja pasti cenderung menurun. Nah, menurut berbagai penelitian, tidur siang bisa membantu performa seseorang lebih konsisten, sehingga kinerjanya stabil atau bahkan meningkat.

  1. Mengusir perasaan negatif

Jika sedang merasa sedih, dongkol, atau perasaan negatif lainnya, cobalah untuk tidur siang. Faktanya, tidur siang atau beristirahat sejenak tanpa tertidur, bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Para ahli mengatakan bahwa relaksasi yang diperoleh dari merebahkan diri dan beristirahat bekerja layaknya mood booster, walaupun tidak tertidur.

  1. Meningkatkan kewaspadaan

Merasa mengantuk setelah jam makan siang? Daripada ngopi bergelas-gelas, lebih bai lakukan power nap—tidur siang selama 20 menit. Hal tersebut diketahui mampu meningkatkan kewaspadaan, begitu juga kinerja, menghilangkan stres, serta mendongkrak sistem kekebalan tubuh.

Tidur siang ternyata dapat memberikan efek yang lebih baik dibandingkan dengan meminum kopi pada saat Anda merasa lelah ketika bekerja atau belajar. Hasil penelitian menunjukkan, tidur siang lebih efektif dalam meningkatkan daya ingat dan proses belajar.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Di samping itu, tidur siang juga terbukti baik bagi kesehatan jantung. Suatu penelitian menemukan bahwa tidur selama 45-60 menit dapat membantu menurunkan tekanan darah setelah mengalami suatu stres.

  1. Anda jadi lebih kreatif

Satu lagi, tidur siang juga dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Siklus tidur REM (rapid eye movement) yang biasanya dimulai setelah tidur selama 70-90 menit dapat membantu mengaktivasi bagian otak yang berhubungan dengan imajinasi dan mimpi. Tidur siang dengan siklus REM dapat membantu seseorang menjadi lebih kreatif dan terampil dalam mengembangkan ide-ide baru.

Berapa lama durasi tidur siang yang ideal?

Durasi tidur siang bisa bervariasi, tergantung dari tingkat kelelahan, jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan, dan berbagai faktor lainnya. Namun, para ahli menyarankan bahwa tidur siang sebaiknya dibatasi maksimal 20 menit. 

Hindari tidur siang lebih dari 30 menit agar tidak merasa lelah setelah bangun. Sebab, tidur siang terlalu lama malah bisa membuat Anda pusing saat bangun. Makin lama tidur siang, maka akan makin lama waktu yang diperlukan untuk bangun dan kembali bekerja.

Oleh karena itu, sesuaikan tidur siang dengan kebutuhan masing-masing agar mendapatkan manfaat yang pas.

Jangan lagi takut dianggap sebagai, karena sebetulnya tidur siang yang dilakukan dengan benar dan durasi yang pas bisa membawa bayak manfaat bagi kesehatan. Ingat, jangan sampai bablas, bisa-bisa Anda pusing saat bangun, pekerjaan keteteran, atau lebih buruknya lagi, diomeli atasan.

[MS/RN] 

0 Komentar

Belum ada komentar