Sukses

Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Libido Pria

Gairah seksual alias libido pada pria ternyata dapat menurun signifikan akibat pengaruh makanan. Ini beberapa makanan penurun gairah pria yang wajib Anda ketahui.

Gairah seksual allias libido merupakan kunci suksesnya hubungan intim pada pria yang telah menikah. Sayangnya, tidak sedikit pria yang kesulitan untuk memiliki gairah seksual optimal. Anda salah satunya?

Faktanya, terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi gairah seksual pria. Salah satu faktor tersebut adalah pola makan sehari-hari. 

Pada dasarnya, apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Akibat salah makan, sirkulasi darah di dalam tubuh pun bisa tidak optimal. Akibatnya, gairah seksual juga dapat menurun.

Artikel Lainnya: Hati-hati, Pola Makan yang Salah Bisa Turunkan Gairah Seks Pria

Terkait makanan penurun gairah pria, berikut adalah beberapa di antaranya:

1 dari 5 halaman

1. Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa mempengaruhi libido. Pasalnya, ketika intoksikasi alkohol (mabuk), seorang menjadi mengantuk dan tidak bergairah untuk berbuat apa-apa.

Selain itu, konsumsi alkohol berlebih juga dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi dan kesulitan mencapai orgasme pada pria. Parahnya lagi, konsumsi alkohol berlebihan juga dapat mengancam kesehatan organ penting, seperti hati (liver) dan ginjal.

2. Makanan Cepat Saji

Fast food ternyata juga tergolong sebagai makanan yang bisa menurunkan libido pria. Hal ini karena jenis makanan tersebut mengandung lemak tidak sehat, yaitu lemak trans dan lemak jenuh, yang berasal dari minyak hasil menggoreng dan daging olahan.

Lemak trans dapat menurunkan gairah seksual pria dengan cara meningkatkan produksi sperma abnormal. Lemak jenuh yang berlebih juga akan menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah termasuk di penis, sehingga menyebabkan disfungsi ereksi

Konsumsi lemak tidak sehat dapat pula mempengaruhi produksi hormon testosteron dan meningkatkan risiko obesitas, yang pada akhirnya dapat memengaruhi stamina, gairah seksual, serta disfungsi ereksi.

2 dari 5 halaman

3. Minuman Ringan

Minuman tinggi gula ini dapat menurunkan gairah seksual pria, karena gula buatan seperti aspartam yang ada di dalamnya dapat mempengaruhi hormon serotonin.

Padahal, hormon serotonin dibutuhkan untuk meningkatkan suasana hati (mood) sehingga gairah seksual dapat timbul.

Artikel Lainnya: Benarkah Vasektomi pada Pria Bisa Turunkan Libido Pria?

4. Keju

Produk susu, khususnya keju, dicurigai dapat mempengaruhi libido pria karena mengandung hormon sintetis. Hal ini diketahui berpengaruh terhadap produksi hormon pria, yaitu testosteron.

Selain itu, kondisi intoleransi laktosa terhadap produk susu olahan, yang dapat menyebabkan perut kembung dan produksi gas berlebih, juga diklaim dapat mengurangi gairah seks pada pria maupun wanita. 

3 dari 5 halaman

5. Udang

Udang termasuk jenis makanan yang rendah kalori, tinggi protein, rendah merkuri, dan menawarkan banyak vitamin dan mineral. Sayangnya, jenis sea food ini bukan makanan terbaik untuk kehidupan seks Anda.

Ketika udang disemprot dengan 4-hexylresorcinol (bahan kimia untuk mempertahankan warna), kadar estrogen di dalamnya bisa naik sedangkan kadar testosteron menurun. Apabila dikonsumsi oleh pria, gairah seksualnya dapat menurun.

6. Daun Mint

Daun mint memang menyegarkan dan bisa memberikan berbagai manfaat, seperti meringankan sakit perut, meningkatkan fokus, serta meredakan batuk dan bau mulut.

Kendati demikian, kandungan mentol di dalam daun mint telah terbukti dapat menurunkan kadar hormon testosteron. 

Sebetulnya mint lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi wanita, dengan tujuan untuk menurunkan kadar testosteron yang tinggi. Hal ini utamanya diperlukan oleh untuk meningkatkan produksi insulin, atau pada orang yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS).

4 dari 5 halaman

7. Kedelai

Kedelai merupakan sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan Anda. Salah satu kandungannya yang paling terkenal adalah isoflavon. 

Sayangnya, isoflavon termasuk fitoestrogen. Senyawa ini dapat meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh. 

Ditemukan pria yang mendadak mengalami disfungsi ereksi dan penurunan libido setelah mengonsumsi produk kedelai dalam jumlah banyak. 

Itu dia deretan makanan penurun birahi pria yang mesti Anda waspadai. Sebaiknya dibatasi atau dihindari sama sekali, apalagi jika Anda ingin terus mendapatkan hubungan seks yang berkualitas agar keharmonisan rumah tangga terus terjaga.

Selain itu, terapkan juga gaya hidup sehat dengan berolahraga rutin, hindari kebiasaan merokok, cukup istirahat, dan kelola stres dengan baik agar gairah seksual Anda tidak mudah menurun.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai makanan yang bisa menurunkan libido pria atau hal-hal tentang kesehatan lainnya, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

4 Komentar