Pernapasan

Belum Terlambat, Inilah Waktu yang Tepat untuk Vaksinasi Flu

Aprinda, 01 Mar 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kamu bisa mencegah flu dengan mendapatkan vaksinasi flu. Lantas, kapan jadwal vaksin influenza dan waktu terbaik mendapatkannya?

Belum Terlambat, Inilah Waktu yang Tepat untuk Vaksinasi Flu

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyebabkan hidung meler, demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, batuk, dan sakit kepala. Kondisi ini biasanya membaik dalam 1-2 minggu. Setelah sembuh, flu bisa kembali kambuh, lho!

Alasannya, karena flu sangat mudah menular. Apalagi, jika saat itu sistem imun Kamu sedang menurun dan orang di sekitarmu terinfeksi flu. Fenomena “ping-pong flu” ini tentu membuat kamu lelah dan terganggu dalam menjalankan aktivitas.

Pasalnya, gejala flu bisa parah dan mengharuskan Kamu beristirahat total di rumah. Untungnya, influenza bisa Kamu cegah dengan mendapatkan vaksin flu. Lantas, kapan sebaiknya Kamu mendapatkan vaksin ini? Yuk, cari tahu jadwal vaksin influenza untuk bayi, anak, dan orang dewasa lewat ulasan berikut ini!

Ini Waktu yang Tepat untuk Vaksin Influenza

Supaya vaksin influenza dapat bekerja secara optimal melindungi tubuh dari penularan flu, Kamu perlu memahami waktu terbaik untuk mendapatkannya. Berikut beberapa waktu yang direkomendasikan untuk vaksin flu:

1. Menjelang Musim Hujan

Penularan flu paling tinggi terjadi selama musim hujan. Ini karena virus influenza bertahan lebih lama pada kondisi yang lembap atau suhu yang rendah.

Di samping itu, peralihan musim kemarau ke musim hujan sering kali membuat daya tahan tubuh melemah. Akibatnya, tubuh jadi mudah terserang penyakit flu. Sebagai tameng diri dari penularan flu, Kamu bisa mendapatkan vaksin influenza menjelang musim hujan.

Berdasarkan laporan BMKG, wilayah Indonesia akan memasuki musim hujan secara bertahap pada bulan November dan Desember 2023. Puncak curah hujan yang tinggi, diperkirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2024 di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Dari laporan cuaca tersebut, jadwal vaksin influenza bisa Kamu tentukan dengan mudah. Mengingat butuh waktu hingga 2 minggu untuk membangun kekebalan tubuh setelah vaksinasi flu. Itu artinya, jadwal vaksin influenza bisa dimulai beberapa minggu sebelum memasuki musim hujan atau puncak musim flu.

2. Kapan Saja Asal Satu Tahun Sekali

Flu memang paling sering terjadi di musim hujan. Namun faktanya, virus influenza dapat bersirkulasi sepanjang tahun, tidak hanya pada musim hujan saja. Lagi pula, hujan dan panas pun kini cukup sulit diprediksi. Alhasil, Kamu juga bisa terserang flu walaupun saat itu bukan musim hujan.

Jadi, apabila Kamu ingin mendapatkan vaksin flu saat ini juga, asalkan tubuh tak dalam kondisi sakit, maka vaksinasi boleh saja dilakukan.

Meski jadwal vaksin influenza bisa dilakukan kapan saja, pastikan Kamu melakukannya dalam rentang waktu setahun sekali. Misalnya, di tahun ini Kamu melakukan vaksinasi di bulan Oktober, maka tahun depan Kamu mesti mendapatkannya di waktu yang sama.

3. Usia di Atas 6 Bulan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan, jadwal pemberian vaksin influenza dapat dimulai pada bayi usia 6 bulan ke atas. Termasuk bayi yang memiliki alergi telur, aman mendapatkan vaksin ini.

Untuk suntikan pertama pada usia 6 bulan–9 tahun, berikan 2 dosis vaksin yang berisi antigen yang sama dengan interval 4 minggu. Sementara, untuk usia 9 tahun ke atas cukup satu kali. Selanjutnya pengulangan setiap tahun satu kali pada bulan yang sama.

Dosis dan Jadwal Pemberian Vaksin Influenza

Dosis dan Jadwal Pemberian Vaksin Influenza

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia tahun 2023, jadwal vaksin flu untuk usia 19 tahun hingga 60 tahun lebih adalah 1 dosis setiap tahunnya.

Sementara Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan jadwal vaksin influenza untuk bayi dan anak bisa di mulai di usia 6 bulan. Besarannya satu dosis dan diberikan setiap tahunnya. Vaksin kuadrivalen melindungi tubuh dari keempat strain virus influenza, jadi perlindungan yang diberikan sangat luas.

Artikel lainnya: Pilek Karena Cuaca, Apakah Vaksin untuk Flu Bisa Mengatasinya?

Berapa Lama Efektivitas Vaksin Influenza di Dalam Tubuh?

Vaksin influenza tidak memberikan perlindungan jangka panjang karena seiring berjalannya waktu efektivitas vaksin akan menghilang. Oleh karena itulah, Kamu dan keluarga di rumah perlu melakukan vaksin influenza sesuai jadwal setiap tahunnya.

Artikel lainnya: 8 Cara Ampuh Mengatasi Flu di Musim Pancaroba

Layanan Vaksin Influenza KlikDokter

Mencegah flu bisa Kamu lakukan dengan tidur cukup, mengonsumsi makanan bergizi, dan rutin olahraga. Di samping itu, perlindungan tubuh terhadap virus flu juga bisa kamu perkuat dengan mendapatkan vaksin Influenza dari Kalventis. Dapatkan vaksin ini dengan mudah melalui Layanan Vaksinasidi aplikasi KlikDokter. 

Penting bagi Kamu untuk mengedukasi diri dan keluarga di rumah tentang tindakan pencegahan flu lewat vaksinasi. Untuk tahu informasi lebih lanjut seputar flu dan vaksin influenza, Kamu bisa konsultasi dengan tanya dokter umum buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis

Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter! Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

Mencegah FluVaksinasiFluvaksinVaksinasi FluInfluenzaalergi vaksin

Konsultasi Dokter Terkait