Sukses

Belum Terlambat, Inilah Waktu yang Tepat untuk Vaksinasi Flu

Cara mencegah flu yang paling efektif adalah dengan vaksinasi flu. Kapan waktu yang tepat untuk mendapatkannya?

Klikdokter.com, Jakarta Flu adalah “penyakit langganan” di segala musim, terutama musim hujan. Sebagian orang yang merasa lelah dengan siklus tersebut akhirnya berencana untuk mendapatkan vaksinasi flu. Namun, kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksin tersebut?

Waktu yang tepat mendapatkan vaksinasi flu

Dilansir dari laman Men’s Health, meskipun para ahli medis tak dapat memprediksi kapan musim flu akan mencapai puncaknya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan Anda untuk mendapatkan vaksinasi flu di akhir bulan Oktober.

Dibutuhkan beberapa minggu (biasanya dua minggu) untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Sehingga, mendapatkan vaksin pada akhir bulan Oktober bisa mempersiapkan tubuh lebih baik dalam menghadapi peralihan musim kemarau ke musim dingin, atau kalau di sini musim hujan.

Setelah divaksin, mungkin tubuh akan merasa pegal atau muncul demam. Bahkan, ada beberapa orang yang merasa bahwa vaksinasi flu justru membuat gejala flu semakin cepat datang.

Padahal, sebenarnya gejala pegal dan demam tersebut merupakan efek proses sistem kekebalan tubuh dalam membangun antibodi.

Kendati demikian, mendapatkan vaksinasi pada akhir bulan Oktober hanyalah anjuran. Apabila Anda ingin mendapatkannya saat ini juga, asalkan tubuh tak dalam kondisi sakit, maka sah saja dilakukan.

Lagi pula, Ketua Indonesia Influenza Foundation, Cissy Kartasasmita, pernah mengatakan kepada Liputan6.com bahwa virus flu bersirkulasi sepanjang tahun. Hujan dan panas pun kini cukup sulit diprediksi. Artinya, Anda bisa mendapatkan vaksinasi flu kapan saja.

Meski bisa dilakukan kapan saja, tapi pastikan Anda melakukannya dalam rentang waktu setahun sekali. Misalnya, tahun ini Anda melakukan vaksinasi di bulan Oktober, maka tahun depan Anda mesti mendapatkannya di waktu yang sama juga.

Siapa yang sebaiknya menerima vaksinasi flu?

Ibu hamil sangat perlu mendapatkan vaksinasi flu. Sebab, perubahan sistem imunitas tubuh serta kerja jantung dan organ paru selama masa kehamilan membuat ibu hamil atau yang baru saja melahirkan jadi lebih mudah terserang virus penyebab flu.

Terserang flu saat hamil dapat memicu peningkatan risiko komplikasi kehamilan, salah satunya adalah kelahiran prematur.

Selain ibu hamil, orang-orang yang perlu mendapatkan vaksinasi flu, yaitu:

  • Anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun
  • Orang berusia 50 tahun ke atas
  • Penderita penyakit paru kronis, kardiovaskular (kecuali hipertensi), ginjal, hati, neurologis, hematologis, dan kelainan metabolisme (termasuk diabetes melitus)
  • Penderita imunosupresi, termasuk yang disebabkan pengobatan atau HIV
  • Orang berusia 6 bulan-18 tahun dan menerima terapi aspirin jangka panjang
  • Penghuni panti jompo atau fasilitas layanan medis kronis lain
  • Orang dengan obesitas ekstrem (indeks massa tubuh 40 atau lebih)
  • Petugas medis
  • Pengasuh anak di bawah 5 tahun dan lansia di atas 50 tahun

Apa yang mesti diperhatikan sebelum mendapatkan vaksinasi?

Sebelum mendapatkan vaksinasi flu, penderita alergi sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Pasalnya, vaksin flu mengandung telur, gelatin, dan antibiotik yang kemungkinan bisa memicu reaksi alergi pada mereka yang sensitif.

Kabar baiknya, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter mengatakan, alergi vaksin jarang terjadi.

“Dari satu juta kali pemberian vaksin, mungkin hanya satu atau dua orang yang dilaporkan mengalami alergi. Biasanya, tes pada kulit akan dilakukan untuk menguji kemungkinan adanya alergi. Reaksi alergi yang parah disebut reaksi anafilaksis,” jelas dr. Theresia.

Menuju akhir tahun, ternyata waktu yang tepat untuk mendapatkan vaksinasi flu adalah di akhir bulan Oktober. Namun jika Anda ingin mendapatkannya sekarang, sah saja, asalkan Anda dalam keadaan sehat. Jangan khawatir jika muncul efek samping berupa demam atau pegal selama beberapa hari. Sebab, itu hanya proses imun tubuh dalam membentuk antibodi.

[MS/RN]

0 Komentar

Belum ada komentar