Sukses

5 Sayuran Unik dan Sehat yang Wajib Anda Cicipi

Berapa jenis sayuran yang biasa Anda konsumsi? Bisa jadi itu-itu saja. Padahal, masih banyak sayuran unik dan sehat yang layak Anda cicipi.

Klikdokter.com, Jakarta Manfaat positif sayuran bagi kesehatan tak perlu diragukan lagi. Jenis yang tersedia untuk dikonsumsi di seluruh dunia pun sangat beragam. Di antara pilihan yang sangat beragam, ada sayuran-sayuran unik dan (tentu saja) sehat yang patut Anda coba.

Bayam, selada, kangkung, wortel, atau kubis mungkin adalah jenis-jenis sayuran yang paling sering Anda konsumsi. Tanpa mengecilkan manfaatnya bagi kesehatan, sayuran di atas pasti sudah biasa bagi Anda, kan?

Baik untuk kesehatan fisik maupun mental

Baiklah, sebelum mengintip deretan sayuran unik dan sehat lainnya, tak ada salahnya untuk sedikit mengingatkan kebaikan apa yang bisa Anda dapatkan. Sayuran pada dasarnya sangat kaya akan kandungan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

"Mikronutrien merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, tapi memegang peranan penting dalam proses berbagai metabolisme," jelas dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

"Serat dalam sayuran bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sementara, antioksidan dapat berfungsi untuk membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker."

Namun, tak hanya untuk kesehatan fisik, sayuran juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan mental. Menurut sebuah penelitian di Australia, konsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan rasa senang, sejahtera, dan nyaman akan diri sendiri.

Selain itu, konsumsi buah dan sayur juga disebut dapat menurunkan risiko depresi dan gangguan cemas.

Deretan sayuran yang unik dan sehat

Tak ada yang salah dengan kangkung, wortel, atau deretan sayur lain yang sudah biasa Anda makan. Tapi, untuk mendapat manfaat sayuran yang lebih maksimal, mengapa tak mencoba menambah variasi asupan sayuran Anda?

Seperti dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa jenis sayuran unik dan sehat yang bisa Anda coba:

1. Daikon

Sayuran ini merupakan sejenis lobak yang sering digunakan pada makanan Asia. Dengan teksturnya yang renyah dan rasa yang sedikit pedas, sayuran ini terlihat seperti wortel berwarna putih dan berukuran besar.

Daikon sangat rendah kalori, hanya 25 dalam setiap 147 gram. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan nutrien seperti vitamin C, tembaga, potasium, dan folat, serta antioksidan yang dapat mencegah kanker.

2. Daun dandelion

Semua bagian dari tanaman dandelion dapat dikonsumsi, termasuk daunnya. Meski tak sepopuler sayuran hijau lainnya, daun ini kaya akan kandungan vitamin K, zat besi, dan antioksidan.

Selain itu, daun dandelion juga dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, serta mencegah terjadinya kerusakan sel.

3. Fiddleheads

Daun lezat ini merupakan sejenis pakis muda yang belum berkembang. Fiddleheads kaya akan kandungan provitamin A, vitamin C, dan zat mangan.

Kandungan lutein dan beta karoten di dalamnya juga dapat mencegah kanker dan penyakit mata. Fiddleheads biasanya dikonsumsi dengan ditumis atau ditambahkan ke dalam pasta dan sup.

4. Romanesco

Romanesco memiliki bentuk yang sangat catchy dan masih sejenis dengan kembang kol dan brokoli, yaitu sayuran jenis brassica. Sama seperti sayuran jenis brassica lainnya, romanesco juga kaya akan antioksidan yang mampu mencegah kanker dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pola makan yang banyak menggunakan romanesco disebut dapat melindungi tubuh dari serangan kanker usus besar, kanker paru, dan kanker payudara.

5. Seledri akar

Selederi akar atau dikenal juga sebagai celeriac merupakan sayuran akar yang mempunyai hubungan dekat dengan seledri dan parsley.

Oleh karena rendah karbohidrat, seledri akar adalah pengganti yang pas untuk kentang di dalam sup. Selain itu, seledri akar juga kaya akan kandungan fosfor, potasium, serta vitamin C dan K.

Untuk mendapatkan manfaat sayuran yang optimal, Anda bisa menambah variasi jenis sayuran yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mencicipi sayuran unik dan sehat di atas jika menemukannya di pasar atau supermarket terdekat.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar