Sukses

Enak Dibuat Minuman, Ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Sudah coba ramuan bunga telang? Selain memiliki warna yang unik saat dijadikan minuman, bunga ini juga bermanfaat untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Nama bunga telang mungkin asing di telinga Anda. Tapi, jika melihat bentuknya, bisa jadi Anda pernah melihatnya di pekarangan atau pinggir jalan. Bunga berwarna biru keunguan ini, selain dapat menghasilkan sajian yang unik, ternyata juga punya manfaat sehat.

Apa saja manfaat sehat bunga telang? Berikut beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan fungsi penglihatan

Jika sedang sakit mata atau akhir-akhir ini mata Anda terasa kering dan lelah sehingga penglihatan menjadi agak kabur, masalah tersebut bisa diatasi dengan konsumsi teh bunga telang.

Manfaat itu bisa Anda rasakan karena bunga telang mengandung senyawa kimia –seperti saponin, flavonoid, alkaloid, oksalat, dan sulfur– yang memiliki khasiat luar biasa untuk menjaga indra penglihatan.

  • Mempercepat proses penyembuhan bisul 

Ingin bisul cepat matang dan pecah dengan sendirinya, sehingga masalah di kulit cepat beres?

Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan bunga telang. Sebab, bunga telang mengandung kaemferol 3-glucoside dan triterpenoid yang dapat berfungsi mempercepat pematangan bisul.

Namun, apabila bisul tak kunjung matang dan sembuh, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter menyarankan agar Anda berobat ke dokter kulit. Dengan demikian Anda bisa obat yang tepat.

  • Meredakan sakit tenggorokan

Berkumur (gargle) menggunakan rebusan akar bunga telang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Agar hasilnya lebih maksimal, pastikan Anda juga cukup istirahat, cukup minum air putih, dan konsumsi tablet isap sesuai dengan resep dokter.

  • Mengatasi batuk

Manfaat tanaman telang tak cuma terletak di bunganya, tetapi juga pada akarnya. Metode pengobatan akar tanaman ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan batuk rejan (pertusis).

Batuk rejan adalah batuk yang diikuti oleh suara menarik napas bernada tinggi dan berlangsung lama.

Ini merupakan salah satu jenis infeksi saluran pernapasan yang mudah menular. Karena batuk rejan umumnya sering timbul di malam hari, Anda dapat membuat teh bunga telang untuk mengatasi keluhan saat sedang terjadi.

  • Detoks saluran pencernaan

Bosan melakukan detoks tubuh dengan infused water? Cobalah buat minuman detoks dari rebusan bunga telang. Agar hasilnya maksimal, jangan lupa imbangi dengan pola makan sehat kaya serat, yakni memperbanyak sayuran dan buah-buahan.

Tips meracik bunga telang

Anda kini sudah tahu berbagai manfaat bunga telang untuk kesehatan. Tapi, tak semua orang mengerti cara mengolahnya. Tapi tak perlu bingung, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Siapkan beberapa bunga telang, cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Rebus dalam air mendidih selama beberapa menit, hingga air berubah menjadi berwarna kebiruan.
  • Jika Anda ingin aroma dan cita rasa tambahan, tambahkan pandan saat proses perebusan.
  • Apabila ingin lebih manis, berikan gula pasir sedikit saja.

Sudah siap untuk meracik ramuan bunga telang dan merasakan sendiri segudang manfaat sehatnya? Satu hal yang perlu Anda ingat, ramuan bunga telang hanya bermanfaat sebagai pendukung, bukan terapi utama. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar