Gigi Mulut

12 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sehabis Cabut Gigi

Siti Putri Nurmayani, 01 Mei 2023

Ditinjau Oleh drg. Callista A

Sehabis cabut gigi, biasanya pasien akan sulit mengunyah. Agar tetap bisa makan dengan nyaman, konsumsilah makanan sehat berikut ini.

12 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sehabis Cabut Gigi

Setelah prosedur cabut gigi, biasanya pasien kesulitan untuk mengunyah makanan. Ini disebabkan oleh masih tersisanya rasa sakit atau muncul rasa kurang nyaman selama penyembuhan. Selain itu, bisa juga karena khawatir sisa makanan masuk ke soket bekas pencabutan gigi.

Nah, supaya tetap bisa makan dengan nyaman, drg. Callista Argentina menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan teksturnya tepat, sehingga dapat menunjang masa penyembuhan.

Lalu, apa saja jenis makanan setelah cabut gigi yang bisa dikonsumsi? Mari ketahui daftar lengkapnya berikut ini.

1. Sup Sayur

Sup sayur menjadi salah satu makanan yang boleh dimakan setelah cabut gigi. Oleh karenanya, disarankan untuk mengonsumsi sup sayur selama masa penyembuhan.

“Selain mudah untuk dimakan, sup sayur juga mengandung protein, nabati, vitamin, dan mineral. Dengan demikian, konsumsi sup mampu memenuhi kecukupan nutrisi harian ketika kamu tidak bisa makan buah dan sayuran utuh,” jelas drg. Callista.

Namun, pastikan sayuran di dalam sup dipotong kecil-kecil dan dimasak hingga matang. Ini dapat membantumu agar tidak perlu mengunyahnya terlalu keras. Usahakan untuk mengonsumsinya dalam keadaan tidak panas agar terhindar dari iritasi.

2. Smoothies

Buah-buahan merupakan pilihan makanan selepas cabut gigi yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Sayangnya, setelah cabut gigi tidak disarankan untuk makan buah, terutama yang bertekstur keras, baik dalam bentuk utuh atau potongan. Akan tetapi, kamu tetap bisa menikmati buah-buahan dalam bentuk smoothies.

Supaya lebih nikmat, tambahkan juga yoghurt atau susu ke dalamnya untuk menambah asupan protein, kalsium, dan probiotik. Kandungan tersebut dapat mengurangi kemungkinan iritasi pada gusi.

3. Telur

Telur menjadi makanan yang aman setelah cabut gigi. Pasalnya, telur merupakan sumber protein terbaik untuk tubuh.

Ada baiknya untuk memilih jenis telur yang mengandung asam lemak omega-3. Kamu bisa mengolahnya menjadi telur orak-arik yang lembut.

Selama tidak dimakan saat masih terlalu panas, telur adalah salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi setelah cabut gigi.

4. Alpukat

Alpukat mengandung karbohidrat yang rendah, namun tinggi lemak sehat. Berkat teksturnya yang lembut dan halus, ini bisa memudahkan pasien yang habis cabut gigi untuk makan.

Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin K, vitamin C, dan kalium. Ini bisa membantu mempercepat penyembuhan luka.

5. Labu

Labu memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah untuk dikunyah dan ditelan. Untuk itu, labu menjadi salah satu pilihan makanan yang aman untuk dikonsumsi setelah cabut gigi.

Apalagi, tanaman ini juga kaya akan vitamin A, C, dan E, serta kalium yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membantu pemulihan tubuh berjalan dengan baik setelah pencabutan gigi.

6. Salmon

salmon

Salmon merupakan ikan yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Dengan mengonsumsi salmon, maka bisa membantu mengurangi peradangan, sehingga penyembuhan luka akibat cabut gigi bisa semakin cepat.

Menariknya, ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut dan mudah untuk dikunyah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi salmon setelah cabut gigi untuk menunjang penyembuhan.

7. Es Krim

Selain menyegarkan, tekstur es krim yang lembut bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu makan setelah cabut gigi. Apalagi, makanan ini juga mengandung susu yang bernutrisi bagi tubuh.

Sensasi dingin yang diberikan dapat meminimalkan pembengkakan di area sekitar pencabutan gigi. Tak hanya itu, es krim juga bisa meningkatkan suasana hati, lho!

8. Mashed Potatoes

Kentang tumbuk atau mashed potatoes merupakan makanan yang mudah untuk dikonsumsi setelah cabut gigi. Namun, pastikan untuk menumbuk kentang hingga benar-benar halus, sehingga kamu tidak kesulitan untuk mengunyahnya.

Selain itu, makanan ini juga kaya akan karbohidrat dan nutrisi, sehingga bisa membantu pemulihan menjadi lebih cepat.

9. Oatmeal

Oatmeal memang terkenal menjadi makanan yang kaya akan nutrisi. Tak hanya itu, makanan ini juga cocok untuk dikonsumsi selepas cabut gigi. Ini berkat tekstur oatmeal yang lembut namun berserat.

Akan tetapi, Dokter Callista menyarankan untuk makan oatmeal 3 hari setelah pencabutan gigi.

10. Kuah Kaldu

Serupa dengan sup, kaldu juga menjadi makanan yang bisa dikonsumsi setelah cabut gigi. Kuah kaldu memiliki kandungan vitamin, mineral, serta rasa yang enak dan gurih, sehingga bisa meningkatkan selera makan.

Terlebih lagi, kaldu juga merupakan salah satu makanan yang memiliki efek anti-inflamasi. Untuk itu, kamu tidak perlu ragu untuk mengonsumsi kuah kaldu setelah pencabutan gigi.

Artikel Lainnya: Daftar Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Gigi Bungsu

11. Hummus

Hummus merupakan salah satu hidangan Timur Tengah yang populer. Makanan ini mengandung lemak sehat, vitamin, mineral, dan protein, yang bermanfaat untuk seseorang yang baru saja melakukan prosedur cabut gigi.

Bila sulit untuk menemukan hummus, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampur buncis, minyak zaitun, tahini, lemon, dan bawang putih.

12. Yoghurt

Yoghurt dibuat dengan tekstur yang halus dan ringan, sehingga mudah untuk kamu konsumsi, terutama setelah melakukan pencabutan gigi. Makanan ini dianggap lebih sehat dan tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari stroberi hingga lemon.

Ada baiknya untuk mengonsumsi yoghurt secara langsung dan tidak menambahkan granola atau roti ke dalamnya. Supaya lebih bernutrisi, kamu bisa menggunakan yoghurt Yunani yang tinggi akan protein dan mineral.

Nah, dari banyaknya pilihan makanan di atas, tentunya kamu bisa memenuhi nutrisi tubuh dengan memilih makanan yang mudah dikunyah. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk membantu penyembuhan agar berjalan lebih optimal.

Bila punya pertanyaan lain seputar makanan yang dapat dikonsumsi setelah cabut gigi, segera tanyakan ke dokter lewat layanan Tanya Dokter. Unduh aplikasi KlikDokter sebagai upaya untuk #JagaSehatmu! 

(NM)

Cabut GigiGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait