Sukses

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sehabis Cabut Gigi

Sehabis cabut gigi, biasanya pasien akan sulit mengunyah. Agar tetap bisa makan dengan nyaman, konsumsilah makanan ini.

Setelah prosedur cabut gigi, biasanya pasien akan sulit mengunyah. Bisa karena masih adanya rasa sakit dan kurang nyaman selama penyembuhan, atau karena berhati-hati supaya sisa makanan tidak masuk ke soket bekas pencabutan gigi.

Nah, supaya tetap bisa makan dengan nyaman, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang teksturnya tepat sehingga menunjang masa penyembuhan.

Pemilihan makanan setelah cabut gigi yang tepat juga bisa meminimalkan risiko komplikasi dan pembengkakan.

Selain itu, pastikan makanan tersebut mengandung vitamin dan mineral, energi, serta protein. Berikut daftar makanan yang baik dikonsumsi selepas cabut gigi:

1 dari 6 halaman

1. Sup Sayur

Sup sayur merupakan makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi, sehingga boleh dimakan selama masa penyembuhan.

Tidak hanya mudah untuk dimakan, sup juga mengandung protein nabati, vitamin, dan mineral. Dengan demikian, konsumsi sup mampu memenuhi kecukupan nutrisi harian saat Anda sedang tidak mampu banyak makan buah dan sayuran utuh.

Untuk menghindari rasa tak nyaman, pastikan sayur yang ada di dalam sup dipotong kecil-kecil dan dimasak hingga matang dan empuk. Ini bertujuan agar Anda tidak perlu mengunyah terlalu keras.

Selain itu, pastikan sup yang dikonsumsi tidak terlalu panas. Sebab, sup yang terlalu panas dapat menimbulkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan.

Artikel Lainnya: Benarkah Cabut Gigi Atas Pengaruhi Kondisi Mata?

2. Smoothies

Konsumsi buah-buahan segar adalah cara terbaik untuk mempercepat proses penyembuhan. Kendati setelah cabut gigi Anda tak boleh makan buah (khususnya yang bertekstur keras) dalam bentuk utuh atau potongan, Anda tetap dapat menikmatinya dalam bentuk smoothies.

Tambahkan juga yoghurt atau susu ke dalam campuran smoothies untuk menambah asupan protein, kalsium, dan probiotik. Itu semua mampu membantu mengurangi kemungkinan iritasi yang bisa terjadi pada gusi.

2 dari 6 halaman

3. Telur

Selanjutnya, makanan yang aman setelah cabut gigi adalah telur karena merupakan sumber protein terbaik. Pilihlah jenis telur yang mengandung asam lemak omega-3 dan buatlah telur orak-arik yang lembut.

Selama tidak dimakan saat masih terlalu panas, telur adalah salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi pasca cabut gigi.

4. Alpukat

Alpukat mengandung karbohidrat yang rendah, tetapi tinggi lemak sehat. Teksturnya yang lembut dan halus memudahkan pasien yang habis cabut gigi untuk makan.

Selain itu, alpukat juga diketahui kaya akan vitamin K, vitamin C, dan kalium sehingga sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka.

Artikel Lainnya: Mencabut Gigi saat Hamil, Apakah Aman Dilakukan?

3 dari 6 halaman

5. Labu

Tekstur labu yang lembut membuatnya mudah dikunyah dan ditelan tanpa menyebabkan iritasi. Itulah mengapa labu bisa menjadi salah satu pilihan makanan setelah cabut gigi. Terlebih lagi, labu kaya akan vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti kalium.

Kandungan vitamin di dalam labu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, tubuh akan pulih lebih cepat dari pencabutan gigi.

6. Salmon

Salmon adalah salah satu ikan yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Lemak sehat ini membantu mengurangi peradangan, sehingga dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Salmon juga terkenal akan dagingnya yang lembut dan mudah dikunyah. Dengan demikian, makanan ini baik dikonsumsi setelah cabut gigi untuk menunjang penyembuhan.

4 dari 6 halaman

7. Es Krim

Es krim adalah makanan yang lembut mengandung susu dan tentunya bernutrisi. Oleh karena itu, es krim bisa menjadi pilihan makanan yang baik setelah cabut gigi.

Sensasi dinginnya dapat meminimalkan pembengkakan di area sekitar pencabutan gigi. Selain itu, es krim juga bisa meningkatkan mood.

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Gusi Berdarah Usai Cabut Gigi

8. Mashed Potatoes

Selain enak untuk dimakan, mashed potatoes atau kentang tumbuk kaya akan karbohidrat dan nutrisi. Keduanya sangat penting untuk pemulihan.

Pastikan kentang tidak mengandung gumpalan besar agar Anda tidak kesulitan saat mengunyah, sehingga makanan ini sesuai dikonsumsi setelah cabut gigi.

5 dari 6 halaman

9. Oatmeal

Tak hanya kaya akan nutrisi, oatmeal juga baik untuk dikonsumsi selepas cabut gigi karena teksturnya yang lembut tapi juga berserat. Jadi, sebaiknya dikonsumsi 3 hari setelah pencabutan gigi.

Untuk mendapatkan tekstur oatmeal yang lebih lembut, Anda bisa gunakan oatmeal instan yang mudah cara memasaknya.

Menambahkan susu ke dalam oatmeal akan menjadikan makanan tersebut lebih sehat dan sangat cocok dikonsumsi selepas pencabutan gigi.

10. Kuah Kaldu

Hampir sama seperti sup, kaldu merupakan makanan yang kaya vitamin dan mineral. Kaldu juga memiliki rasa yang enak dan gurih sehingga bisa menambah selera makan ketika Anda tidak nyaman dalam mengunyah.

Terlebih lagi, kaldu dikatakan sebagai salah satu makanan yang memiliki efek antiinflamasi. Karena itu, kaldu merupakan makanan yang pas dimakan setelah cabut gigi.

Demikian beberapa pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi setelah cabut gigi. Meski masih terasa kurang nyaman, upayakan untuk tetap memilih makanan yang kaya nutrisi dan bertekstur lembut agar proses penyembuhan bisa optimal.

Dapatkan informasi lainnya seputar prosedur pencabutan gigi dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar