Sukses

Tidak Membersihkan Makeup Picu Kanker Kulit, Benarkah?

Tidak hanya menyebabkan jerawatan, tidak membersihkan makeup juga dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker kulit. Seperti apa faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian wanita tak bisa lepas dari penggunaan makeup. Masalahnya, meski gemar berdandan, tak sedikit yang ‘malas’ saat harus membersihkannya. Apa dampaknya bagi kulit? Konon, ada yang mengaitkan makeup dan kebiasaan tak membersihkannya dengan kanker kulit

Makeup picu kanker kulit?

Meski telah bertahun-tahun menjadi penyakit yang menakutkan banyak orang, sayangnya hingga saat ini penyebabnya masih belum benar-benar diketahui. Para ahli di seluruh dunia masih kesulitan menentukan penyebab utama kanker.

Itulah sebabnya, dapat dikatakan bahwa tidak menghapus makeup sebelum tidur tidak dapat dipastikan sebagai penyebab kanker kulit. Hal serupa dikatakan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter. Menurutnya, jarang atau tidak membersihkan makeup sama sekali bukanlah penyebab langsung dari kanker kulit. 

“Kanker adalah penyakit yang bisa dipicu oleh banyak faktor. Maksudnya, tidak menghapus makeup sebelum tidur memang bisa memicu kanker, tapi tidak secara langsung,” jelasnya.

Menurut dr. Sepriani, hal yang lebih memengaruhi terjadinya kanker kulit adalah paparan sinar matahari berulang dan dalam jangka waktu lama.

“Kanker kulit disebabkan oleh kemunculan sel abnormal akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Jadi, kalau jarang membersihkan makeup, itu bukanlah penyebab utamanya,” jelas dr. Sepriani saat diwawancarai.

1 dari 2 halaman

Akibat tidak membersihkan makeup

Meski belum sepenuhnya terbukti menjadi penyebab tunggal kanker kulit, tidak membersihkan makeup sebelum tidur tetap bisa mendatangkan masalah lain pada kulit Anda. 

Beberapa hal yang akan terjadi jika Anda malas membersihkan makeup, yaitu:

  • Jerawat

Jerawat bisa dengan mudah muncul pada kulit yang kotor dan jarang dibersihkan. Hal ini dikarenakan kandungan zat kimia yang terdapat dalam makeup akan menempel dan menumpuk pada kulit wajah, menyebabkan penyumbatan, sehingga menyebabkan munculnya jerawat. 

  • Komedo

Komedo akan lebih mudah timbul pada wajah dengan kulit yang berminyak, apalagi jika ada kotoran atau bekas makeup yang menumpuk. 

Bila Anda jarang membersihkan wajah, jumlah komedo dapat meningkat berkali lipat dan kulit akan menjadi tampak lebih berminyak. 

  • Kulit kusam

Tidak membersihkan makeup sebelum tidur juga bisa membuat kulit Anda lebih kusam. Terlebih, jika Anda adalah orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan, yang menyebabkan debu dan polusi udara menempel pada wajah. 

  • Kulit mudah iritasi

Banyak produk makeup yang mengandung bahan kimia, dari yang ringan hingga berat. Kandungan-kandungan itulah yang nantinya akan terserap dalam kulit dan bisa menyebabkan iritasi pada wajah. 

Iritasi yang muncul biasanya berupa ruam merah yang gatal, disertai kulit kering dan timbul bintik-bintik kecil. Kondisi ini bisa semakin buruk jika wajah Anda ikut terkena paparan matahari, debu dan polusi.

  • Infeksi pada mata

Jika Anda menggunakan eyeshadow atau maskara dan tidak membersihkannya dengan tepat, bukan tidak mungkin area sekitar mata akan terkena iritasi. Kuman bisa dengan mudah menyusup masuk dan menyebabkan infeksi pada mata.

  • Merusak kesehatan bibir 

Penggunaan kosmetik bibir, seperti lipstik sebaiknya diperhatikan. Beberapa wanita memiliki bibir yang sensitif, sehingga penggunaan jenis lipstik yang tidak sesuai dapat memicu terjadinya bibir kering dan pecah-pecah. 

Pada beberapa kasus bahkan ditemukan bahwa penggunaan jenis lipstik yang tidak sesuai dapat menyebabkan bibir menghitam. Ini terjadi karena lipstik tersebut mengandung bahan kimia yang mampu mempercepat pigmentasi bibir.

Tidak membersihkan makeup sebelum tidur memang belum sepenuhnya terbukti dapat mencetuskan kanker kulit. Walau begitu, Anda tetap dianjurkan untuk tidak membiarkan kebiasaan tersebut dilakukan berkelanjutan. Sebab, makeup yang tidak dibersihkan setelah seharian digunakan mampu memicu terjadinya gangguan kulit yang merugikan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar