Sukses

Masker Lidah Buaya, Efektifkah Jaga Kesehatan Rambut?

Tidak hanya untuk kulit wajah, masker lidah buaya konon juga mampu menjaga kesehatan rambut dengan efektif. Temukan faktanya secara medis di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Lidah buaya, yang juga dikenal dengan sebutan aloe vera, mungkin menjadi salah satu bahan dari masker yang Anda miliki di rumah. Tanaman yang satu itu telah terbukti melalui uji klinis dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Tak hanya itu, ada juga yang bilang bahwa masker lidah buaya bisa menjaga kesehatan rambut dengan efektif.

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Usut punya usut, anggapan bahwa lidah buaya baik untuk rambut ternyata bukan isapan jempol belaka.

Dikatakan dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, lidah buaya memang terbukti memiliki kandungan mineral tinggi yang mampu memberikan kelembapan pada kulit rambut.

“Lidah buaya mengandung mineral, seperti zat besi, magnesium dan selenium. Selain itu, lidah buaya juga kaya akan enzim dan vitamin B2, B6, E dan C yang mampu memberikan kelembapan dan perawatan pada kulit rambut,” ujar dr. Adeline.

Lebih lanjut, dr. Adeline mengatakan bahwa lidah buaya juga memiliki kemampuan sebagai agen anti-radang, anti-jamur, anti-bakteri dan membantu proses pembaruan (renegerasi) sel tubuh.

Berkat adanya kemampuan tersebut, lidah buaya bisa memberikan manfaat berikut bagi kesehatan rambut Anda:

  • Mengurangi jumlah minyak pada kulit rambut
  • Membuat tampilan rambut lebih halus
  • Membantu menutrisi akar rambut
  • Menjaga rambut agar tidak kering
  • Menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok
  • Mencegah munculnya ketombe di kulit kepala

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengoleskan langsung gel lidah buaya pada rambut.

Agar manfaatnya lebih efektif, dr. Adeline menyarankan untuk menggunakan lidah buaya yang sebelumnya sudah diolah menjadi produk perawatan rambut. Produk tersebut biasanya sudah ditambahkan dengan vitamin, sehingga perawatan rambut bisa maksimal.

Manfaat lain lidah buaya

Tidak hanya dapat digunakan sebagai produk kecantikan kulit dan rambut, lidah buaya ternyata menyimpan manfaat sehat lain.

Berikut beberapa manfaat sehat lain seperti yang dijelaskan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter

  • Mengobati luka bakar 

Karena bersifat dingin dan menyejukkan, penggunaan lidah buaya untuk mengobat luka bakar memang terbilang sangat efektif.

Bahkan, sejak tahun 1959 Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat menyetujui penjualan salep lidah buaya secara bebas untuk pengobatan luka bakar.

“Penggunaan lidah buaya pada luka bakar dapat mempercepat waktu penyembuhan hingga sembilan hari,” tutur dr. Sara.

  • Mengatasi sembelit 

Selain daging dan kulit lidah buaya, residu berwarna kuning dan lengket yang ditemukan di bawah area terluar daun lidah buaya juga dipercaya mampu membantu mengatasi masalah sembelit.

Kandungan aloin dan babloin di dalam bagian tersebut memiliki efek pencahar, yang membuat usus terstimulasi untuk mengeluarkan kotoran yang mengendap.

  • Menangani sariawan

Karena memiliki sifat anti-radang, studi menyebutkan bahwa buaya juga efektif untuk menangani masalah sariawan.

  • Mengurangi plak gigi 

Tidak hanya merusak penampilan, plak gigi juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Untungnya, lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Sebuah studi membandingkan manfaat berkumur menggunakan obat mengandung chlorhexidine dengan jus lidah buaya.

Hasilnya, penggunaan keduanya sama-sama efektif. Berkumur dengan ramuan lidah buaya dikatakan mampu membunuh jamur Candida albicans dan bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi.

Manfaat masker lidah buaya untuk menjaga kesehatan rambut sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, tumbuhan dengan nama lain aloe vera itu juga memiliki manfaat sehat lain untuk tubuh Anda secara keseluruhan. Namun, jika penggunaan masker lidah buaya atau sejenisnya menimbulkan efek samping ruam atau gatal, segera hentikan penggunaan dan berkonsultasi pada dokter, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar