Sukses

Tips Tubuh Fit meski Nonton Konser Tiga Hari Berturut-turut

Akhir pekan akan dihabiskan untuk nonton konser Synchronize? Ini tips agar tubuh tetap fit, meski nonton konser selama tiga hari.

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh fit adalah salah satu kunci untuk bisa menikmati berbagai kegiatan. Begitu juga untuk urusan bersenang-senang, seperti menonton konser musik. Tapi bukan hanya saat non saja, usai nonton pun tubuh harus tetap sehat agar aktivitas berikutnya tetap bisa dinikmati.

Salah satu konser yang akan diadakan dalam waktu dengan ini adalah Synchronize Festival. Di mana, konser tersebut diadakan selama tiga hari dan akan dimulai Jumat (4/9) sampai Minggu (6/9). 

Jika Anda adalah hendak menonton konser tersebut, langkah pertama yang mesti dilakukan agar bisa menikmati keseluruhan acara adalah menyiapkan kondisi tubuh.

Tubuh sehat meski nonton konser selama tiga hari

Rasanya pasti jengkel dan sedih jika Anda malah jatuh sakit atau kelelahan, padahal konser yang harus ditonton masih ada dua hari lagi. Itulah sebabnya mengapa penting untuk menjaga tubuh agar tetap prima.

Tenang saja! Anda bisa mengikuti tips ini agar tetap fit dan tidak mudah sakit meski nonton konser selama tiga hari berturut-turut:

  • Minum air putih yang cukup

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, minum air putih yang cukup bisa mencegah Anda dari dehidrasi berat.

Khasiat ini sangat berguna untuk Anda yang hendak nonton konser. Dengan minum air putih, dehidrasi dan gejala penyerta seperti pusing, badan lemas dan hilang kesadaran tidak akan terjadi.

Lagi pula, jenis minuman yang dijual di konser musik umumnya memiliki rasa manis, mengandung alkohol atau soda. Minuman tersebut akan membuat tubuh kekurangan cairan dalam waktu cepat, sehingga risiko dehidrasi juga cenderung tinggi.

Tidak hanya itu, banyak mengonsumsi minuman manis dan mengandung alkohol juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah rendah dan sakit ginjal. Jadi, lebih baik pilih air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda sebelum, saat dan setelah nonton konser musik.

  • Istirahat yang cukup

Kebanyakan konser mungkin akan dimulai dari sore hingga malam hari, bahkan sampai fajar. Waktu yang harusnya dimanfaatkan untuk istirahat malah Anda gunakan untuk bergerak aktif.

Jika hal ini tidak disiasati, tubuh Anda akan ‘ambruk’, sehingga tidak mampu lagi menikmati konser di hari berikutnya. Karenanya, dr. Sepriani menyarankan untuk mencukupi waktu tidur sebelum dan setelah menonton acara konser.

“Kalau konsernya baru usai di waktu fajar, maka pulang nonton Anda harus paksakan tubuh untuk tidur paling sedikit 6 jam. Lebih dari 6 jam pun juga tidak apa, asal tidak lebih dari 12 jam. Hal ini berguna untuk mencegah tubuh mengalami kelelahan berat, yang berakibat pada menurunnya kondisi fisik,” jelas dr. Sepriani.

Selain itu, lanjut dr. Sepriani, hindari memaksakan tubuh untuk bergerak lebih aktif. Jika tubuh Anda sudah lelah dan tidak mampu bergerak, lebih baik istirahat dan duduk sebentar sambil minum air putih yang cukup.

“Memaksa tubuh terus bergerak saat sudah kelelahan justru bisa meningkatkan risiko hilang kesadaran selama konser berlangsung,” kata dr. Sepri.

  • Perhatikan pola makan

Supaya kondisi tubuh benar-benar fit dan bugar, Anda yang hendak nonton konser sebaiknya juga memerhatikan pola makan. Sebelum konser dimulai, Anda dianjurkan untuk makan menu sehat dan bergizi yang sebagian besar terdiri dari sayur dan buah.

“Sebelum nonton konser, sebaiknya makan buah dan sayur terlebih dahulu. Buah dan sayur tinggi akan serat yang memberikan efek kenyang lebih lama dan bisa memberi energi sepanjang malam,” kata dr. Sepriani.

“Kalau ingin mengonsumsi makanan yang lebih mengenyangkan, Anda bisa memilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, granola, biji-bijian atau nasi merah dengan lauk,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menghindari asupan tinggi gula seperti kue dan cokelat, baik sebelum dan selama konser berlangsung.

“Di malam hari, sistem metabolik akan menurun dan menyebabkan Anda jadi lebih mudah mengantuk. Kondisi ini terjadi agar tubuh Anda bisa tertidur alias tidak beraktivitas,” tutur dr. Sepriani.

Jika Anda mengonsumsi makanan manis di malam hari, maka sistem metabolik tubuh akan menjadi semakin tidak bisa bekerja. Jadinya, Anda akan merasa kelelahan, pusing, merasa haus dan sebagainya. Kondisi ini bisa mengganggu keseruan Anda nonton konser, kan?

Jadi, sudah siap untuk nonton konser Synchronize Festival? Jangan lupa terapkan tips di atas agar kondisi tubuh tetap fit dan bugar, meski harus berjingkrak-jingkrak selama tiga hari berturut-turut. Jika sebelumnya Anda sudah mengalami suatu penyakit dan tetap ingin menikmati konser tersebut, jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar