Kanker

Kanker Payudara Terjadi pada Ayah Beyoncé

Ayu Maharani, 03 Okt 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Meski angka kejadiannya langka, kanker payudara juga bisa menyerang pria. Ayah dari musisi tenar Beyoncé adalah salah satunya.

Kanker Payudara Terjadi pada Ayah Beyoncé

Kabar mengejutkan datang dari penyanyi Beyoncé. Bukan tentang kariernya, melainkan kabar mengenai ayahnya yang terdiagnosis kanker payudara. Meski jauh lebih sering terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria.

Dilansir dari Daily Mail, ayah Beyoncé, Matthew Knowles, menjelaskan kondisinya tepat di hari pertama perayaan Bulan Peduli Kanker Payudara Sedunia di bulan Oktober (Breast Cancer Awareness). 

Berdasarkan penjelasan dari dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons), kanker payudara jarang terjadi pada pria, tetapi tidak mustahil.

“Pria juga punya payudara mesti tak seperti wanita. Jaringan payudara pada pria sama seperti wanita sebelum pubertas. Sementara pada wanita, jaringan payudara akan terus berkembang,” jelas dr. Jesslyn.

Meski kejadian kanker payudara jauh lebih sering pada wantia, tetapi justru lebih berbahaya pada pria karena jarang terdiagnosis dini.

Sebanyak 91 persen wanita penderita kanker payudara mampu bertahan hidup hingga lima tahun. Hal itu berbanding terbalik dengan pria, hanya 84 persen yang bertahan hidup sejak menerima diagnosis. Fenomena ini disebabkan kurangnya kepekaan pria terhadap gejala kanker payudara.

Faktor Risiko Kanker Payudara pada Pria

Hingga kini, penyebab kanker payudara pada pria masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risikonya, yaitu:

  • Riwayat terpapar radiasi di bagian dada
  • Pembesaran pada payudara (ginekomastia) akibat terapi hormon atau penyakit infeksi
  • Mengalami penyakit hati seperti sirosis
  • Peradangan atau cedera pada testis
  • Riwayat kanker payudara pada kerabat dekat wanita
  • Mengalami kelainan bawaan seperti sindrom Klinefelter atau tidak menurunnya testis ke dalam buah zakar

Artikel Lainnya: Rutin Konsumsi Buah Efektif Mencegah Kanker Payudara?

Gejala Kanker Payudara pada Pria

Baik pada pria maupun wanita, kanker payudara sama-sama berbahaya. Bedanya adalah kapan kanker tersebut terdiagnosis dan diobati.

Banyak kasus kanker payudara pada pria diketahui saat sudah stadium lanjut, sehingga terlambat untuk ditangani. Oleh karena itu, pria juga harus lebih peka dan peduli dengan gejala kanker payudara pada pria, yakni:

  • Benjolan pada payudara yang tidak nyeri.
  • Perubahan pada kulit payudara, seperti kemerahan, bersisik, berbentuk seperti lesung pipi, atau tertarik ke dalam.
  • Perubahan pada puting payudara seperti kemerahan, bersisik, atau tertarik ke dalam.
  • Keluar cairan dari puting baik perdarahan atau air susu.

Artikel Lainnya: Jenis Asupan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

Jenis Kanker Payudara yang Paling Sering Menyerang Pria

Kata dr. Jesslyn, tipe kanker payudara yang paling sering terjadi pada pria adalah kanker duktus (ductal carcinoma). Duktus adalah saluran yang membawa air susu ke puting. Hampir semua kanker payudara pria merupakan tipe tersebut. 

Tipe lainnya seperti lobular carcinoma jarang terjadi, karena pria hanya memiliki sedikit lobulus (bagian yang memproduksi susu).

Selain itu, pria juga perlu mewaspadai penyakit Paget. Awalnya muncul pada duktus dan menyebar ke puting, sehingga menyebabkan kulit berkerak dan bersisik di sekitar puting susu.

Untuk menegakkan diagnosis, caranya serupa dengan wanita, yaitu dengan pemeriksaan fisik, mamografi, dan biopsi jaringan payudara. Namun sekali lagi, kesadaran akan kanker payudara pada pria juga harus ditingkatkan.

Sekian penjelasan seputar kanker payudara pada pria seperti yang dialami oleh ayahanda Beyoncé. Dalam rangka Bulan Peduli Kanker Payudara, mari pahami bahwa kanker payudara juga bisa menyerang pria, sehingga pria diharapkan untuk lebih memperhatikan kondisi area dada atau payudaranya, apalagi jika memiliki faktor risiko. Apabila ada benjolan di dada, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter. Ingat, deteksi dini akan meningkatkan peluang keberhasilan pengobatan.

(RN)

Bulan Peduli Kanker PayudaraKankerKanker Payudara

Konsultasi Dokter Terkait