HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMenyingkap 11 Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

Menyingkap 11 Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan Tubuh

dr. Valda Garcia, 08 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Biji rami atau flaxseed memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari untuk menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan risiko pikun!

Menyingkap 11 Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan Tubuh

Biji rami atau flaxseed diketahui menawarkan banyak kebaikan bagi tubuh. Hampir setiap bagian dari biji-bijian tersebut dapat digunakan, baik secara langsung atau setelah pemrosesan. Biji rami didapat dari salah satu tanaman serat tertua di dunia, yaitu flax.

Di Asia, biji rami telah digunakan oleh metode kesehatan tertua di India, Ayurveda, selama ribuan tahun.

Biji rami adalah salah satu sumber asam alfa-linolenat (ALA) dan lignan yang merupakan senyawa antikarsinogenik. Selain itu, biji rami merupakan sumber serat, protein berkualitas tinggi, dan kaya antioksidan.

Karena kandungan tersebut, terdapat berbagai manfaat biji rami bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Kanker

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Toronto, Kanada, kandungan lignan dalam biji rami dapat mencegah metastasis kanker. Selain itu, lignan bisa mencegah sel prakanker berubah menjadi kanker.

Kandungan omega-3 dalam biji rami juga berperan dalam menghambat pertumbuhan tumor dengan cara menurunkan proses proliferasi sel.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Biji rami kaya akan asam alfa-linolenat, lignan, serat, dan fitosterol. Berbagai kandungan tersebut diduga dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Penelitian pada manusia menunjukkan, biji rami bermanfaat untuk mengurangi konsentrasi kolesterol, menurunkan tanda peradangan, dan meningkatkan kadar serum asam alfa-linolenat.

Fitosterol memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol, tetapi dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol dalam usus. Dengan kata lain, fitosterol dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Selain itu, serat dalam biji rami dianggap dapat membantu mengurangi kolesterol dan risiko penyakit kardiovaskular. 

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit yang terjaga bisa kamu peroleh dari biji rami. Manfaat dari flaxseed ini ada karena kandungan alfa linoleat di dalamnya, yang dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan menurunkan reaksi peradangan pada kulit.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang mengakibatkan peningkatan kadar gula darah. Penyakit diabetes yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerusakan pada sistem tubuh.

Mengonsumsi biji rami terbukti dapat mengurangi kadar gula darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin pada orang-orang yang punya faktor risiko diabetes.

Kandungan lignan dalam biji rami juga dapat mencegah berkembangnya diabetes tipe 1 dan 2 pada orang yang rentan terkena penyakit gula ini. 

Artikel Lainnya: Biji Rami, Benarkah Bermanfaat bagi Kesehatan Ibu Hamil?

5. Menghindari Konstipasi

Ilustrasi Sembelit pada Anak

Serat dibutuhkan dalam jumlah cukup untuk mencegah

konstipasi. Nah, biji rami bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan serat tersebut, sehingga risiko konstipasi dapat dihindari. 

Serat tidak larut dalam biji rami dapat mengikat air, sehingga meningkatkan kadar cairan pada usus dan membantu menjaga pergerakan organ pencernaan ini. 

6. Kenyang Lebih Lama

Kandungan serat di dalam flaxseed dapat membuatmu lebih cepat kenyang dan rasa kenyang bertahan lebih lama. Kondisi ini dapat membantu menjaga asupan makanan harian agar kalori yang dikonsumsi tidak berlebih. 

Manfaat dari biji rami yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.

7. Mengurangi Risiko Pikun

Kehilangan memori atau pikun sangat terkait dengan jumlah lipid peroksida yang terdapat dalam hipokampus pada otak. 

Kandungan dalam biji rami dapat mengurangi kadar lipid peroksida dalam hipokampus, juga dapat meningkatkan kemampuan belajar. 

8. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat flaxseed yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. Biji rami kaya akan asam amino, seperti arginin, asam aspartat, dan asam glutamat. Kandungan tersebut terbukti dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Bagi kamu yang sedang mengurangi asupan hewani, biji rami dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari.

Artikel Lainnya: Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Biji Quinoa untuk Bayi

9. Bantu Kurangi Rambut Rontok

Kamu punya masalah dengan rambut rontok? Kamu bisa menggunakan ekstrak biji rami secara rutin agar rambutmu lebih tebal dan tidak mudah rontok. Biji rami mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan rambut. Misalnya saja, omega 3, protein, vitamin B, vitamin E, dan antioksidan.

Nah, supaya rambutmu lebih lebat dan bebas rontok, kamu bisa menggunakan gel atau minyak khusus yang mengandung ekstrak biji rami. Kamu hanya harus meneteskan atau menggunakan gel tersebut di area rambut dengan rutin.

10. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kabar baik bagi kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Pasalnya, manfaat biji rami salah satunya bisa untuk mengontrol berat badanmu.

Biji rami kaya akan serat. Bila menjadi tambahan dalam camilan, biji rami dapat membantu menahan rasa lapar. Dengan begitu, biji rami dapat meningkatkan peluang sukses menurunkan berat badan. 

Kandungan serat mudah larut dalam biji rami akan melambatkan proses pencernaan di lambung, sehingga memicu produksi hormon yang menekan rasa lapar. 

Artikel Lainnya: Mana yang Lebih Sehat, Kacang Panggang atau Kacang Goreng?

11. Meringankan Gejala Radang Sendi

Kandungan alfa-linolenat dalam biji rami dianggap dapat meringankan gejala peradangan, yang bisa memberikan manfaat bagi penderita radang sendi

Memang, belum banyak bukti ilmiah terkait manfaat biji rami yang satu ini. Namun, konsumsi biji rami secara rutin dapat menjadi salah satu upaya meredakan gejala peradangan pada tubuh.

Demikian beragam manfaat biji rami bagi kesehatan. Ingatlah untuk memperhatikan porsi saat mengonsumsinya. Seimbangkan juga dengan asupan cairan yang cukup, dan penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Jika kamu sedang mengonsumsi obat pengencer darah, bicarakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi biji rami.

Gunakan berbagai layanan kesehatan di aplikasi Klikdokter. Kamu bisa Temu Dokter untuk konsultasi langsung, Tanya Dokter untuk bertanya secara online dengan dokter, atau Cek Kesehatan di faskes terdekat. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

Biji Rami

Konsultasi Dokter Terkait