Sukses

Menyingkap Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan Tubuh

Biji rami atau flaxseed diduga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat biji rami yang diakui medis? Cari tahu selengkapnya!

Biji rami atau flaxseed diketahui menawarkan banyak kebaikan bagi tubuh. Hampir setiap bagian dari biji-bijian tersebut dapat digunakan, baik secara langsung atau setelah pemrosesan.

Biji rami didapat dari salah satu tanaman serat tertua di dunia, yaitu flax. Di Asia, biji rami telah digunakan oleh metode kesehatan tertua di India, Ayurvedic, selama ribuan tahun. 

Biji rami adalah salah satu sumber asam alfa-linolenat (ALA) dan lignan yang merupakan senyawa antikarsinogenik. Selain itu, biji rami juga merupakan sumber serat, protein berkualitas tinggi, dan kaya antioksidan.

Artikel Lainnya: Turunkan Berat Badan dengan Biji Rami, Bagaimana Caranya?

Kandungan biji rami membuatnya memiliki khasiat berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Menurunkan Risiko Kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lilian Thompson di Universitas Toronto, Kanada, kandungan lignan pada biji rami dapat mencegah metastasis kanker. Selain itu, lignan juga dapat mencegah sel prakanker berubah menjadi kanker

Kandungan omega-3 pada biji rami juga berperan dalam menghambat pertumbuhan tumor dengan cara menurunkan proses proliferasi sel.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Biji rami kaya akan asam alfa-linolenat, lignan, serat, dan fitosterol. Kandungan biji rami tersebut diduga dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Penelitian pada manusia menunjukkan, biji rami dapat mengurangi konsentrasi kolesterol, mengurangi tanda peradangan, dan meningkatkan kadar serum asam alfa-linolenat.

Fitosterol memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol, tetapi dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol dalam usus. Dengan kata lain, fitosterol dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Selain itu, serat dalam biji rami dianggap dapat membantu mengurangi kolesterol dan risiko penyakit kardiovaskular. Serat larut dalam biji-bijian ini juga bisa menghasilkan zat seperti gel, yang dapat mengurangi kadar kolesterol dan gula darah (glukosa).

2 dari 5 halaman

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis mengakibatkan peningkatan kadar gula darah. Penyakit diabetes yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerusakan pada sistem tubuh.

Mengonsumsi biji rami terbukti dapat mengurangi kadar gula darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin pada orang-orang yang punya faktor risiko diabetes.

Kandungan lignan pada biji rami juga dapat mencegah berkembangnya diabetes tipe 1 dan 2 pada orang yang rentan terkena penyakit gula ini.

Artikel Lainnya: Biji Rami, Benarkah Bermanfaat bagi Kesehatan Ibu Hamil?

4. Mencegah Konstipasi

Serat dibutuhkan dalam jumlah cukup untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Nah, biji rami dapat bantu memenuhi kebutuhan serat tersebut sehingga risiko konstipasi dapat dihindari. 

Serat tidak larut dalam biji rami dapat mengikat air, sehingga meningkatkan kadar cairan pada usus dan membantu menjaga pergerakan organ pencernaan ini. 

3 dari 5 halaman

5. Menurunkan Risiko Pikun

Kehilangan memori atau pikun sangat terkait dengan jumlah lipid peroksida yang terdapat dalam hipokampus pada otak. Kandungan dalam biji rami dapat mengurangi kadar lipid peroksida dalam hipokampus, juga dapat meningkatkan kemampuan belajar. 

6. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Biji rami kaya akan asam amino, seperti arginin, asam aspartat, dan asam glutamat. Kandungan tersebut terbukti dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Bagi Anda yang sedang mengurangi asupan hewani, biji rami dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari.

4 dari 5 halaman

7. Bantu Kontrol Berat Badan

Biji rami kaya akan serat. Bila menjadi tambahan dalam camilan, biji rami  dapat membantu menahan rasa lapar. Dengan begitu, biji rami dapat meningkatkan peluang sukses menurunkan berat badan. 

Kandungan serat mudah larut dalam biji rami akan melambatkan proses pencernaan di lambung, sehingga memicu produksi hormon yang menekan rasa lapar. 

8. Ringankan Gejala Radang Sendi

Kandungan alfa-linolenat dalam biji rami dituding dapat meringankan gejala peradangan, yang dapat memberikan manfaat bagi para penderita radang sendi

Memang, belum banyak bukti ilmiah terkait manfaat biji rami yang satu ini. Namun konsumsi biji rami secara rutin dapat menjadi salah satu upaya meredakan gejala peradangan pada tubuh.

Tertarik dengan ragam manfaat biji rami bagi kesehatan? Ingatlah untuk memerhatikan porsi saat mengonsumsinya. Seimbangkan juga dengan asupan cairan yang cukup, dan penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi biji rami. Gunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter untuk bisa chatting langsung dengan dokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar