Sukses

Mengatasi Bengkak Setelah Operasi Gigi Bungsu

Bengkak setelah operasi gigi bungsu bisa saja terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lakukan ini untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Bengkak setelah operasi gigi bungsu memang lumrah terjadi. Kondisi ini hampir dipastikan akan dialami oleh orang-orang yang baru saja menjalani prosedur operasi gigi bungsu.

Dikatakan oleh drg. Wiena Manggala Putri dari KlikDokter, bengkak setelah operasi gigi bungsu adalah salah satu kondisi yang tergolong sering dikeluhkan pasien saat berkunjung ke dokter gigi. Kondisi ini bisa terjadi setelah tindakan operasi dilakukan, dan pembengkakan umumnya akan membesar hingga hari ke-3.

“Bengkak yang awalnya besar akan berangsur mengecil. Tidak ada cara khusus untuk mengecilkan bengkak yang terjadi pada gigi setelah operasi. Karena biasanya, bengkak akan mengecil sendiri dalam kurun waktu satu sampai dua minggu,” ujar drg. Wiena.

Jika bengkak benar-benar mengganggu penampilan fisik atau mengganggu kenyamanan dalam menjalankan aktivitas, Anda disarankan untuk mengompres pipi dengan es batu. Balut es batu dengan handuk, waslap atau kain kecil.

“Dalam 24 jam pertama setelah bengkak terjadi, lakukan kompres dingin di bagian yang nyeri. Hari selanjutnya, lakukan kompres menggunakan kain atau handuk yang telah dicelupkan ke air hangat guna menstimulasi peredaran darah dan mempercepat proses penyembuhan,” kata drg. Wiena.

Apabila bengkak membuat Anda merasa terganggu dari segi penampilan, penggunaan masker wajah bisa dijadikan sebagai solusinya.

Perhatikan ini!

Pertumbuhan gigi bungsu yang tidak sempurna akan menimbulkan berbagai macam masalah, seperti rasa sakit, ngilu, hingga infeksi.

Lalu, beberapa kondisi lain seperti gigi bungsu tumbuh miring atau tidak tumbuh sama sekali hingga menimbulkan rasa sakit juga bisa terjadi pada diri Anda. Jika kasusnya seperti ini, tindakan operasi merupakan satu-satunya solusi yang mesti dipilih.

Dalam istilah medis, tindakan pencabutan gigi bungsu disebut sebagai odontektomi. Umumnya, bius lokal akan diberikan sebelum proses operasi dijalankan. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa pasien juga perlu mendapat bius umum atau bius total.

Lama penyembuhan setelah gigi bungsu dioperasi adalah sekitar satu atau dua minggu. Cepat lambatnya pemulihan sangat bergantung kepatuhan pasien terhadap saran dan anjuran yang telah diberikan oleh dokter. 

Nah, untuk mempercepat proses penyembuhan setelah operasi gigi bungsu, drg. Wiena menyebutkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

  • Istirahat yang cukup
  • Minum obat sesuai dengan dosis dan anjuran yang diberikan oleh dokter  
  • Kompres area bengkak dengan es batu (air dingin)
  • Gosok gigi secara perlahan
  • Jangan berkumur
  • Hindari mengisap dan gunakan sedotan untuk minum
  • Jangan merokok dan hindari minum alkohol
  • Jangan mengonsumsi makanan keras dan bersuhu panas
  • Jaga kebersihan mulut dengan lebih teliti.

Bengkak setelah operasi gigi bungsu bisa saja terjadi. Obat yang diberikan oleh dokter bisa menjadi pertolongan pertama supaya keluhan tidak dirasakan begitu parah. Namun, jika rasa nyeri terus bertambah dan tidak kunjung membaik dalam waktu tiga hingga lima hari, segera kembali ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar