Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatReproduksiKenali 4 Penyebab PCOS Pada Wanita
Reproduksi

Kenali 4 Penyebab PCOS Pada Wanita

Aprinda, 10 Mar 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Wanita dengan PCOS sering telat haid, tumbuh kumis, dan susah hamil. Gejalanya ini ternyata berhubungan dengan penyebab yang mendasarinya. Berikut penyebab PCOS!

Kenali 4 Penyebab PCOS Pada Wanita

Haid sering tidak teratur atau jarang-jarang? Waspadalah, mungkin kamu mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik.

Kondisi ini dialami oleh 5 sampai 10 dari 100 wanita. Sayangnya, hanya sekitar 30 persen wanita dengan kondisi ini yang mencari pengobatan untuk mengatasi PCOS

Padahal dalam jangka panjang, PCOS dapat mempengaruhi kesuburan dan membuat penderitanya sulit hamil. Sebenarnya, apa penyebab PCOS itu?

Berikut ini adalah beberapa penyebab sindrom polikistik ovarium yang perlu kamu ketahui:

1. Kelebihan Hormon Androgen

Disampaikan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, “PCOS penyebabnya karena hormon androgen di dalam tubuh meningkat. Harusnya kadar hormon ini tidak berlebihan, karena hormon ini normalnya meningkat pada pria.”

Hormon androgen merupakan hormon seks yang ada pada wanita dan pria. Hanya saja, jumlahnya pada pria lebih banyak ketimbang wanita. 

Jadi, ketika kadar hormon androgen pada wanita meningkat daripada seharusnya, PCOS bisa terjadi. Hormon androgen ini punya peran dalam mengatur siklus haid, kehamilan, dan pertumbuhan rambut.

Karena itu, gejala khas PCOS yang perlu kamu waspadai adalah terjadinya perubahan siklus haid, munculnya kumis atau jenggot, serta susah hamil.

2. Faktor Genetik atau Keturunan

Penelitian menunjukan bahwa seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat PCOS, berisiko tinggi terkena kondisi yang sama. 

Hal ini sejalan dengan penuturan dr. Dyah, “Seseorang berisiko tinggi terkena PCOS jika punya keluarga dengan penyakit PCOS.”

Di samping itu, gen tertentu di dalam tubuh yang tidak sempurna atau mengalami kerusakan juga bisa jadi penyebab PCOS.

3. Kelebihan Hormon Insulin

Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas. Fungsinya, membantu sel untuk menggunakan gula, yakni sumber energi utama tubuh. 

Jika sel menjadi resisten terhadap insulin, kadar gula darah bisa naik. Hal ini dapat menyebabkan tubuhmu membuat lebih banyak insulin untuk mencoba menurunkan kadar gula darah.

Jumlah insulin yang berlebihan ini bisa merangsang produksi hormon androgen lebih banyak. Dalam jangka waktu tertentu, kondisi tersebut bisa memicu PCOS. 

4. Peradangan Derajat Rendah

Peradangan terjadi ketika sel darah putih memproduksi zat-zat untuk melawan infeksi. 

Studi pada International Journal of Molecular Sciences menunjukkan, wanita dengan PCOS umumnya memiliki peradangan derajat rendah. 

Kondisi ini diyakini memicu ovarium untuk memproduksi hormon androgen lebih tinggi. Akibatnya, ketidakseimgangan hormon ini dapat menyebabkan PCOS di kemudian hari.

Berdasarkan beberapa penelitian, itulah faktor yang dapat menyebabkan penyakit PCOS. Meski begitu, ada beberapa kasus PCOS yang tidak diketahui penyebab pastinya.

Bila kamu mengalami gangguan menstruasi atau gejala PCOS lainnya, segera periksa ke dokter. Umumnya, dokter akan memberikan saran pengobatan sesuai dengan kondisi. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan diet khusus untuk PCOS, agar gejala terkendali dengan baik.

Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi ke dokter untuk konsultasi lebih mudah. Jangan lupa #JagaSehatmu dengan menerapkan berbagai tips hidup sehat dari aplikasi KlikDokter!

(APR/JKT)

PCOSPengobatan PCOSPolycystic Ovary Syndrome

Konsultasi Dokter Terkait