HomeInfo SehatOtot dan SendiTips Nyaman Traveling Bagi Penderita Asam Urat
Otot dan Sendi

Tips Nyaman Traveling Bagi Penderita Asam Urat

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 29 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menderita asam urat bukan menjadi halangan Anda untuk traveling, Yuk, simak di sini beberapa tips traveling sehat dan nyaman untuk penderita asam urat.

Tips Nyaman Traveling Bagi Penderita Asam Urat

Salah satu kondisi yang berhubungan dengan kadar asam urat tinggi adalah penyakit peradangan sendi gout (artritis gout). Orang yang menderita penyakit ini harus menjaga kondisi kesehatannya dengan baik, terlebih bila ingin pergi traveling.

Sebab, penyakit tersebut mengharuskan penderitanya memerhatikan pola makan dan gaya hidup sehat. Apabila diabaikan, penyakit gout bisa kambuh akibat kadar asam urat yang melonjak tinggi. 

Penyakit gout sebenarnya bukan halangan untuk bisa beraktivitas atau berlibur. Jika ingin berlibur tanpa perlu khawatir dengan urusan peradangan sendi, ada beberapa hal yang bisa Anda dilakukan. Berikut tips traveling sehat untuk penderita asam urat.

1. Perhatikan Kebiasaan Anda Sebelum dan Selama Berlibur

Saat berencana liburan, hindari berbagai hal yang dapat memicu asam urat. Perhatikan pola diet, tingkat stres, dan penuhi kebutuhan cairan tubuh selama beberapa minggu menjelang perjalanan.

Selain itu, ketika bepergian, penting untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air cukup setiap hari. Pola makan juga merupakan salah satu kunci utama penanganan penyakit gout.

Hindari makanan dan minuman dengan kandungan purin tinggi karena dapat memicu serangan gout. Jadi, saat berlibur, sebaiknya hindari makanan seperti, jeroan, kerang, dan udang. 

Penting juga untuk tidak mengonsumsi minuman pemicu asam urat, misalnya minuman beralkohol atau minuman manis dengan sirup jagung yang tinggi kandungan fruktosa.

2. Jangan Lupa Membawa Obat

Tips traveling sehat yang perlu diperhatikan oleh penderita asam urat lainnya adalah membawa obat-obatan. Pastikan untuk mengemas obat yang sudah diresepkan. Simpan obat dengan baik, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambilnya.

Apabila sedang menjalani program untuk menurunkan asam urat, maka jangan lupa untuk membawa dan mengonsumsi obat penurun asam urat secara teratur. 

Kadar asam urat yang tidak terkendali dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan sendi gout yang mengganggu.

Artikel Lainnya: 6 Cara agar Kulit Tetap Sehat Meski Gemar Traveling

3. Terus Aktif Bergerak

Tetap bergerak aktif dan berolahraga juga penting untuk mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat menjelang berlibur. Olahraga dapat membantu mempertahankan berat badan ideal dan menurunkan kadar gula darah.

Penelitian menyimpulkan bahwa seorang yang tetap aktif berolahraga, menjaga pola makan rendah purin, dan menghindari alkohol, memiliki risiko lebih rendah untuk menderita gout.

4. Tetap Terhidrasi

Cairan merupakan komponen penting dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Kekurangan cairan dapat memicu serangan gout. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa sebotol air kemana pun Anda pergi saat traveling.

Namun, perhatikan juga jenis minuman yang Anda dikonsumsi, karena tidak semuanya baik untuk kesehatan. Minum air putih merupakan tips sehat sederhana yang dapat menjaga status cairan penderita asam urat.

5. Bawa Suplemen 

The Arthritis Foundation merekomendasikan penderita asam urat untuk mengonsumsi vitamin asam lemak omega 3 dan omega 6 yang berguna menurunkan peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin C untuk mengurangi risiko serangan kambuh. Suplemen mudah dibawa kemana pun dan dapat digunakan untuk mencegah timbulnya serangan gout saat berlibur. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Travelling Saat Hamil Muda?

6. Riset Tempat

Sebaiknya Anda mencari tahu letak tempat yang menjual makanan sehat atau rumah sakit. Anda dapat membeli buah-buahan dan menyimpannya di kamar. Selama perjalanan atau saat waktu makan, makanan sehat tersebut dapat Anda dikonsumsi. 

Lalu, mengetahui letak rumah sakit atau tempat praktik dokter di tempat liburan dapat membantu Anda ketika gout kambuh dan butuh pertolongan di situasi darurat.

7. Buat Jadwal Rutin

Sebelum, merencanakan liburan, sebaiknya buat jadwal untuk mengingatkan Anda melakukan hal rutin. Misalnya, buat jadwal kapan harus periksa ke dokter sebelum traveling

Anda juga bisa membuat jadwal kapan harus minum obat, kapan waktu untuk minum vitamin, dan kapan waktu makan makanan sehat selama liburan. Jadwal ini sifatnya penting agar kondisi kesehatan secara keseluruhan bisa terjaga.

Asam urat adalah zat yang kadarnya harus dipertahankan dalam rentang normal. Hal ini harus lebih diperhatikan lagi apabila Anda mengidap penyakit gout dan sakit ginjal secara bersamaan. 

Jika kadar asam urat tidak terkontrol, risiko mengalami komplikasi akan meningkat berlipat ganda.

Meski demikian, jangan jadikan asam urat sebagai alasan untuk tidak menikmati liburan Anda, ya. 

Ikuti berbagai tips sehat di atas agar tetap nyaman dan sehat saat traveling. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, Anda bisa konsultasi ke dokter lewat fitur LIve Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

TravellingAsam Urat

Konsultasi Dokter Terkait