Sukses

Minuman Terbaik untuk Atasi Dehidrasi

Ternyata, bukan hanya air putih yang ampuh mengatasi dehidrasi. Inilah deretan minuman lain yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Klikdokter.com, Jakarta Tentu Anda sudah tahu jika dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini terjadi akibat jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak ketimbang jumlah yang masuk. Hasilnya, tubuh akan terasa lebih lemas dan tidak bertenaga saat menjalani aktivitas.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi adalah dengan memenuhi asupan cairan dengan benar. Air putih sering disebut sebagai yang paling efektif, tapi ternyata masih ada deretan minuman lain yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, air putih adalah satu dari beberapa jenis minuman yang paling baik untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Umumnya, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter air putih per hari, sedangkan wanita dewasa membutuhkan setidaknya 2,3 liter.

Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi dan anak memiliki kebutuhan cairan yang berbeda lagi dan bergantung pada usianya, yaitu:

  • 0-6 bulan memerlukan cairan 700 ml per hari
  • 7-12 bulan memerlukan cairan 800 ml per hari
  • 1-3 tahun memerlukan 1300 ml per hari
  • 4-8 tahun memerlukan 1700 ml per hari
  • 9-13 tahun memerlukan 2400 ml per hari pada laki-laki dan 2100 ml per hari pada perempuan
  • 14-18 tahun memerlukan 3300 ml per hari pada laki–laki dan 2300 ml per hari pada perempuan

Tidak hanya mencegah dehidrasi, air putih juga dapat berfungsi untuk meningkatkan energi dan fungsi otak. Sebab, sebagian besar otak terdiri dari air. Jadi, jika tubuh kekurangan cairan, maka otak juga tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Selain air putih, minuman apa lagi yang baik untuk dehidrasi?

Jika Anda sedang kehausan dan tidak ada air putih yang bisa ‘menyelamatkan’, maka minuman yang mengandung elektrolit tinggi seperti air kelapa bisa menjadi alternatifnya.

“Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, air kelapa juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan lainnya –termasuk untuk mengatasi dehidrasi. Sebab, air kelapa mengandung elektrolit yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat. Selain itu, kandungan sodium, kalsium, potasium, dan magnesium di dalamnya juga baik untuk mencegah masalah dehidrasi,” jelas dr. Nabila.

Lalu, masih ada juga jus buah murni yang dapat Anda pilih untuk mengatasi masalah dehidrasi. Untuk dijadikan jus, pilihlah buah yang memang mengandung banyak air seperti semangka, stroberi, apel, dan melon. Hindari penambahan gula buatan pada jus Anda karena justru bisa memicu rasa haus berlebih setelah meminumnya.

 

1 dari 2 halaman

Minuman yang dapat memicu dehidrasi

Namun, harus diingat kalau tidak semua jenis minuman bisa mengatasi dehidrasi. Ada beberapa jenis minuman yang justru bisa memicunya, bahkan memperburuk kondisinya. Berikut ini adalah minuman-minuman tersebut:

  • Kopi

Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik. Artinya dapat meningkatkan laju pembuangan air dari tubuh melalui pembentukan urine.

“Bukan tidak boleh meminum kopi, tapi sebaiknya hindari jumlah asupan kopi berlebih dan batasi hanya dua sampai tiga cangkir saja setiap harinya. Selain itu, hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya ke dalam kopi karena gula bersifat menyerap cairan, sehingga berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan cairan,” jelas dr. Sara.

  • Alkohol

Selain buruk untuk kesehatan ginjal, alkohol juga buruk untuk kondisi dehidrasi yang Anda alami. Sama seperti kopi, alkohol juga bersifat diuretik yang dapat memperburuk kondisi dehidrasi.

Tidak hanya itu, konsumsi alkohol berlebih juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan mengganggu sistem kerja tubuh dalam menyerap cairan.

  • Minuman Bersoda

Saat cuaca sedang panas-panasnya, minum minuman bersoda dengan segelas es batu memang tampak menyegarkan. Tapi, ternyata minuman bersoda juga mengandung kafein, meski dalam jumlah yang rendah.

Selain itu, setiap minuman bersoda memiliki kandungan kafein yang berbeda. Seperti halnya kafein, minuman bersoda juga banyak mengandung pemanis buatan yang bisa memperburuk kondisi dehidrasi dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti obesitas dan diabetes.

Pada dasarnya, air putih memang tetap pilihan terbaik dalam mengatasi dehidrasi. Akan tetapi, jika situasi sedang tidak memungkinkan Anda untuk minum air putih, maka masih ada minuman lain yang bisa dipilih. Selain itu, hindari juga konsumsi minuman yang bersifat diuretik dan mengandung pemanis buatan jika tidak ingin dehidrasi Anda justru bertambah parah.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar