Sukses

Manfaat Sayuran Pahit untuk Ibu Menyusui

Saat masa menyusui tiba, sayuran pahit banyak dipercaya bisa menambah produksi ASI. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Setelah masa hamil dan saat melahirkan berlalu, tibalah saatnya seorang ibu menyusui bayinya. Di masa ini, konsumsi sayuran pahit untuk ibu menyusui dipercaya secara turun-temurun bisa menambah produksi air susu ibu (ASI). 

Proses menyusui

Masa menyusui merupakan saat yang paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Banyak sekali nutrisi penting bagi otak dan perkembangan bayi yang bisa diperoleh dari ASI.

Sayangnya, sebagian ibu menyusui hanya fokus pada pemberian nutrisi bagi bayi dan malah melupakan kecukupan nutrisinya sendiri. Padahal, kecukupan nutrisi bagi ibu sangat penting agar proses menyusui dapat berjalan lancar.

Menyusui terdengar seperti aktivitas yang ringan-ringan saja, tapi sebenarnya tidak semudah itu untuk dijalankan. 

Sebagian ibu memang memiliki produksi susu yang berlimpah, sehingga tidak ada masalah berarti dalam proses tersebut. Namun, ada pula ibu yang memiliki berbagai kendala dalam menyusui. Antara lain jumlah ASI yang sedikit, puting tenggelam, atau adanya penyakit-penyakit tertentu sehingga membuat ibu tidak dapat menyusui.

Itulah alasannya dibutuhkan pasokan nutrisi mumpuni agar ibu dapat memproduksi ASI dengan lancar dan bahagia. Nah, salah satu hal yang sangat memengaruhi produksi ASI adalah makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Semakin berkualitas makanan Anda maka ASI yang diberikan untuk bayi juga semakin berkualitas. Sebaliknya, semakin buruk kualitas makanan ibu maka kualitas ASI juga semakin buruk.

Agar kualitas ASI tetap baik, Anda harus mengonsumsi makanan dengan jumlah yang cukup dan komposisi yang tepat. Komposisi ini harus terdiri dari makronutrien berupa karbohidrat, protein, dan lemak; serta mikronutrien berupa vitamin dan mineral. Tidak lupa, ibu menyusui juga harus mengonsumsi cairan yang cukup.

Lantas, bagaimana dengan manfaat sayuran pahit untuk ibu menyusui seperti yang telah disinggung di awal?

Sayuran pahit bantu produksi ASI?

Sayuran pahit, khususnya sayur pare, memang bermanfaat bagi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI. Sayuran hijau bergelombang ini biasanya masuk ke dalam campuran siomai atau ditumis. Selain dimasak, sayuran ini juga dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan jus. 

Sayuran bernama ilmiah Momordica charantia ini juga diketahui mengandung sejumlah nutrisi penting. Antara lain, vitamin K, likopen, phytochemical, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi tersebut dipercaya bermanfaat untuk melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. 

Selain itu, buah pare juga dipercaya dapat mencegah diabetes dengan menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan risiko penyakit kanker

Dari segi bukti ilmiah, memang benar bahwa buah pare mengandung berbagai zat yang secara teori dapat merangsang produksi ASI. Namun begitu, belum banyak hasil penelitian ilmiah dan medis yang secara langsung mendukung hal tersebut.

Para ibu menyusui dapat memperoleh manfaat sayuran pahit, khususnya pare, untuk menambah pasokan ASI. Meski begitu, Anda sebaiknya tetap mengonsumsi dalam batas normal, serta dikombinasikan dengan makanan bergizi lain untuk tercapainya nutrisi yang seimbang. Jika Anda punya masalah terkait produksi ASI yang kurang, konsultasikan pada dokter atau konselor laktasi.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar