Sukses

Haid Dua Kali Sebulan, Apa Penyebabnya?

Wanita umumnya mengalami haid satu kali sebulan. Bagaimana jika haid terjadi dua kali sebulan, normalkah? Dan apa penyebabnya?

Haid dua kali sebulan mungkin menjadi kondisi yang cukup merepotkan dan bikin cemas. Sebab, waktu beraktivitas –seperti beribadah dan berenang– akan terhambat oleh kedatangan si tamu bulanan! Belum lagi Anda mesti membeli persediaan pembalut yang lebih banyak daripada biasanya. 

Kondisi seperti itu, kira-kira disebabkan oleh apa?

Perlu diketahui dulu bahwa siklus datang bulan yang normal berlangsung antara 21-35 hari. Waktu haid seorang wanita umumnya berlangsung selama 2-8 hari dengan jumlah darah sekitar 25-80 ml/hari. 

1 dari 4 halaman

Faktor-Faktor Penyebab Haid Dua Kali Sebulan

Jika Anda mengalami menstruasi dua kali sebulan, kondisi tersebut memang bukanlah hal yang normal. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab haid datang dua kali sebulan adalah: 

  • Perubahan Berat Badan yang Ekstrem

Berat badan yang naik atau turun secara signifikan dalam waktu yang singkat bisa memengaruhi produksi dan keseimbangan hormon dalam tubuh. Salah satunya hormon yang pengaruhi siklus menstruasi. 

Nah, perubahan ekstrem ini bisa mengakibatkan siklus haid terlewat atau justru haid dua kali sebulan.

Artikel Lainnya: Gejala PMS Sudah Datang, Tapi Haid Tak Kunjung Muncul, Kenapa?

  • Stres

Stres berat memang bisa memengaruhi kondisi fisik seseorang. Kondisi yang tadinya normal saja, saat terkena tekanan terus-menerus bisa mengganggu fungsi berbagai organ tubuh dan menimbulkan gejala tak nyaman. Salah satunya adalah siklus haid tak normal. 

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan Anda tidak menstruasi selama beberapa bulan atau sebaliknya, berkali-kali dalam sebulan. Hormon yang memicu ovarium Anda untuk berovulasi setiap bulan berasal dari otak. Jika stres tidak diatasi, maka kondisi hormon bisa menjadi tidak seimbang. 

  • Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan salah satunya pil KB dapat sangat memengaruhi siklus menstruasi. Minum pil KB harus dilakukan secara teratur (setiap hari dan di jam yang sama). 

Jika Anda tidak rutin dan disiplin mengonsumsinya, Anda bisa mengalami perdarahan di luar siklus akibat asupan hormon yang tiba-tiba menghilang.

  • Penggunaan Kontrasepsi IUD

Salah satu kekurangan IUD adalah dapat menyebabkan volume darah haid menjadi lebih banyak atau perdarahan di luar siklus haid. 

Jika Anda menggunakan IUD sebagai pilihan kontrasepsi dan mengalami haid dua kali dalam sebulan, bisa jadi IUD adalah salah satu pemicunya.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Darah Menstruasi yang Terlalu Banyak

  • Kelainan Pembekuan Darah

Kemungkinan lain yang dapat menjadi penyebab haid dua kali sebulan adalah adanya gangguan pembekuan darah. 

Gangguan ini bisa disebabkan berbagai mekanisme, di antaranya penyakit Von Willebrand,  kekurangan protrombin, dan idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP).

2 dari 4 halaman

Kapan Harus ke Dokter?

Jika mengalami haid dua kali sebulan tanpa disertai gejala lain, Anda bisa menunggu bulan berikutnya dan memantau apakah siklus haid kembali normal. 

Namun, jika siklus haid terganggu selama beberapa bulan atau disertai gejala seperti mual, muntah, nyeri hebat, atau lainnya, Anda bisa segera periksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hal pertama yang harus dilakukan jika mengalami haid dua kali sebulan adalah jangan panik. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan siklus haid yang normal hanya terjadi pada dua pertiga populasi wanita dewasa. Sisanya, mereka akan memiliki siklus menstruasi yang tidak normal.

Cara mengatasi haid dua kali sebulan akan sangat bervariasi tergantung pada penyebabnya. Pada banyak kasus, haid dua kali sebulan bahkan tidak memerlukan pengobatan khusus.

Sebagai contoh, jika penyebab dua kali haid dalam sebulan adalah pemakaian IUD, maka Anda bisa mempertimbangkan menggunakan metode kontrasepsi lain yang dirasa lebih nyaman. Atau jika penyebabnya adalah kelainan pembekuan darah, maka dokter dapat meresepkan Anda obat-obatan yang terkait dengan penyakit tersebut.

Jadi, jangan langsung panik saat mengalami haid dua kali sebulan, karena Anda tak sendirian. Jangan lupa minum air putih minimal 1,5 liter per hari dan konsumsi makanan yang tinggi zat besi –misalnya daging sapi, hati ayam, dan sayuran berdaun hijau.

Apabila ingin bertanya lebih lanjut mengenai masalah haid, silakan berkonsultasi melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar