Sukses

Tips Atasi Stres Bagi Ibu yang Bekerja

Ibu yang bekerja lebih rentan mengalami stres. Inilah tips untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Ibu yang bekerja secara kantoran biasanya akan memiliki beban lebih banyak ketimbang ibu lainnya. Pasalnya, ia akan mendapat beban pekerjaan dari kantor dan juga beban rumah tangga, termasuk mengurus anak. Tak heran jika ibu bekerja lebih rentan mengalami stres.

Seharusnya hal itu tentu tak boleh sampai terjadi, sebab bisa berdampak buruk pada kondisi psikologisnya. Sayangnya, kondisi ini sering kali tak bisa dihindari. Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, kurangnya waktu untuk diri sendiri adalah penyebabnya.

“Ibu yang bekerja sekaligus mengurus anak pasti akan kehilangan banyak waktu untuk dirinya sendiri. Misalnya saja, bangun tidur harus langsung mempersiapkan anak ke sekolah, mandi, lalu berangkat ke kantor. Pulang dari kantor, harus memasak makan malam untuk keluarga, baru bisa istirahat. Rutinitas itu harus dilakukan setiap hari. Merasa dirinya kehilangan keseimbangan hidup, inilah penyebab utama ibu jadi mudah stres,” jelas dr. Sara Elise.

Tips mengelola stres pada ibu bekerja

Nah, untuk mencegah stres berlebih pada ibu bekerja, dr. Sara menyarankan beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Membuat jadwal harian tentang apa yang akan dilakukan (to-do-list)

Misalnya, Anda bisa membuat rincian tentang sarapan yang akan dibuat untuk esok hari, lalu pilah tugas apa yang harus diselesaikan secepatnya dan tugas mana yang bisa diselesaikan nanti. Buat jadwal ini setiap malam agar keesokan harinya Anda dapat terbangun dengan hari yang sudah terencana.

2. Jangan malu atau sungkan untuk meminta bantuan orang lain

Saat aktivitas di kantor sedang dipadati dengan jadwal meeting atau deadline, Anda bisa minta tolong pada orang tua atau mertua untuk mengurus si Kecil terlebih dahulu sampai pekerjaan Anda selesai.

Jangan sungkan juga untuk meminta suami membantu mengurus segala kebutuhan keluarga. Selain itu, Anda juga bisa memakai jasa Asisten Rumah Tangga (ART) untuk membantu melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu dan mencuci baju.

3. Lakukan me time

Jangan lupa untuk selalu menyediakan waktu untuk diri sendiri. Misalnya saja, ketika akhir pekan datang, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang menyenangkan untuk diri sendiri seperti pergi ke salon atau spa, membaca buku, berbelanja, atau hanya sekadar istirahat di rumah seharian.

4. Lakukan hobi

Mirip dengan ‘me time’, melakukan hobi juga bisa membantu Anda mengelola stres secara alami. Jika Anda hobi olahraga, lakukanlah minimal 30 menit dalam sehari, pada pagi sebelum beraktivitas atau pada malam sebelum tidur.

Anda juga bisa melakukan relaksasi selama 30 menit sebelum tidur, agar otak dan pikiran kembali tenang setelah beraktivitas seharian.

5. Sempatkan diri untuk berkumpul dengan sahabat

Duduk di depan laptop, melihat email dari atasan yang tak kunjung berhenti meminta menyelesaikan pekerjaan secepatnya, lalu pulang untuk melihat kondisi rumah yang berantakan. Hal ini bisa membuat kepala Anda jadi semakin pusing.

Oleh sebab itu, selalu sempatkan berkumpul dengan sahabat untuk sekadar bercerita dan berbagi keluh kesah Anda. Biasanya, setelah bertemu dengan sahabat, kondisi psikologis Anda akan lebih baik dan lebih bahagia dari sebelumnya.

Itulah beberapa tips mengatasi stres bagi ibu bekerja yang bisa Anda jadikan referensi. Imbangi juga dengan pola hidup sehat dan sebisa mungkin hindari ‘drama-drama’ tidak perlu di kantor maupun di rumah.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar