Sukses

Resep Bekal Makan Siang Sehat untuk Orang Dewasa

Bukan bento dengan gambar panda atau kartun, berikut ini ada lima resep bekal makan siang yang sehat dan praktis untuk para pekerja!

Klikdokter.com, Jakarta Bekal makan siang bukan cuma untuk anak-anak. Orang dewasa, khususnya para pekerja, juga bisa membawa bekal makan siang. Bahkan, dengan membawa bekal sendiri, Anda dapat menjaga agar pola makan sehat tetap terpenuhi.

Mengapa makan siang yang sehat penting? Para ahli yakin bahwa kebiasaan menyantap menu siang yang tak sehat bisa menggiring seseorang pada berbagai masalah kesehatan. Mulai dari naiknya tekanan darah dan kolesterol, kegemukan, hingga terganggunya produktivitas.

Sayangnya, tak semua orang punya ide tentang resep bekal makan siang yang praktis, enak, namun tetap sehat. Tenang saja, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KliKDokter akan memberikan beberapa pilihan resep untuk Anda. Resep ini juga dapat dipraktikkan oleh orang yang tak punya keahlian khusus dalam memasak, lo

Apa saja resep-resepnya?

Berikut beberapa resep bekal makan siang yang sehat tapi nikmat untuk Anda coba.

  1. Nasi kepal

    Bagi Anda yang gemar baca komik atau menonton film kartun Jepang, pasti sudah tak asing dengan nasi kepal alias onigiri. Sajian ini sebenarnya mirip lemper atau lontong di Indonesia, hanya saja bentuk nasinya bukan bulat, kotak, atau lonjong melainkan segitiga dan tidak dikukus ulang. 

    Membentuk segitiga dari nasi mungkin sulit, jadi untuk kali ini Anda bulatkan saja bentuknya! Cara untuk membuat nasi kepal yang nikmat, yaitu:

    • Siapkan nasi putih, daging atau ikan yang telah dicincang, bawang putih, dan bawang bombay.
    • Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Kemudian, masukkan daging atau ikan yang telah dicincang.
    • Tambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk (jika ada) sesuai selera. Masak hingga matang.
    • Siapkan mangkuk yang ukuran besar, masukkan nasi putih hangat dan tumisan daging atau ikan yang telah diolah. Campurkan bahan tersebut dan kepal nasi dengan bentuk sesuai keinginan (bulat paling mudah).
    • Balut nasi kepal yang telah Anda buat dengan rumput laut atau nori (jika ada).
  1. Roti lapis (sandwich

    Menu yang satu ini menjadi andalan di kala Anda tidak punya waktu banyak untuk memasak. Cara membuatnya pun sederhana, yaitu:

    • Siapkan dua atau beberapa lembar roti tawar atau roti gandum. Siapkan juga bahan isian, berupa daging cincang (ikan atau telur juga boleh), bawang putih dan bawang bombay, mayones, saus tomat dan saus cabai.
    • Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga mewangi. Masukkan daging cincang atau ikan dan tumis hingga matang. Tambahkan garam dan lada sesuai selera.
    • Ambil satu lembar roti, oleskan sedikit mayones dan saus, berikan isian daging, kemudian tutup kembali dengan roti.

    Jika merasa satu lapis sandwich kurang mengenyangkan, Anda dapat membuatnya menjadi beberapa lapis. Tapi ingat, jangan terlalu banyak. Sebab, kekenyangan setelah makan bisa bikin produktivitas menurun.

  1. Spageti tumis tuna

    Tak mau nasi atau roti? Yuk, coba bikin spageti tumis tuna. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu spageti yang siap untuk direbus, tuna kalengan, serta bumbu dapur seperti garam, lada, cabai, bawang putih, dan bawang bombay. Jika Anda kesulitan untuk mengiris bawang dan cabai, gunakan yang bubuk dan siap saji saja. 

    Berikut cara membuatnya:

    • Rebus spageti hingga lunak
    • Tumis bawang dan cabai, lalu masukkan daging tuna. Jika menggunakan tuna kalengan, hindari menuang minyaknya.
    • Masukkan spageti yang sudah direbus sebelumnya, tumis bersama dengan daging tuna, dan berikan bumbu garam serta lada sesuai selera. Jika Anda menggunakan bubuk bawang dan cabai, masukkan di tahap ini. 
    • Tambahkan daun ketumbar (jika ada dan ingin). 
  1. Steak tuna

    Tuna mengandung protein serta asam lemak sehat yang tinggi. Enak dan baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah Anda. 

    Selain spageti tuna, Anda dapat pula membuat steak tuna fillet. Caranya sebagai berikut:

    • Lumuri tuna fillet dengan bumbu, yaitu bubuk bawang putih, sedikit jeruk nipis, garam dan lada.
    • Siapkan pan tahan panas. Oleskan sedikit margarin, lalu masak ikan tuna hingga berwarna kecokelatan.
    • Taburi oregano (jika ada) sesuai selera. Sajikan dengan nasi atau kentang dan tambahkan sayuran kukus.

Mana menu bekal makan siang yang menjadi favorit Anda? Jangan lupa untuk membatasi porsi konsumsi bekal makan siang favorit. Anda tak ingin mengalami badan lemas dan tidak produktif seusai jam makan siang, bukan?

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar