Sukses

Sarapan Sereal Setiap Pagi, Benarkah Baik untuk Kesehatan?

Karena tidak mau ribet, Anda memilih sereal sebagai menu sarapan setiap hari. Tapi, baikkah untuk kesehatan sarapan sereal setiap hari?

Klikdokter.com, Jakarta Sarapan sereal kerap dipilih sebagai menu di pagi hari karena praktis dan mudah untuk disajikan. Anda yang punya aktivitas padat di pagi hari biasanya akan memilih membuat sereal untuk menyingkat waktu. Sereal dibuat dari biji-bijian olahan serta sering diperkaya vitamin dan mineral.

Asupan ini dapat dikonsumsi bersama susu, yoghurt, buah, atau kacang-kacangan. Beberapa produk sereal juga menambahkan gula dan cokelat sebagai penambah rasa. Namun, apakah ada efek buruknya jika makan sereal setiap pagi?

Sereal jadi menu setiap pagi?

Dikonfirmasi langsung pada dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, ia menjelaskan bahwa sarapan sereal setiap hari pada dasarnya tidak ada masalah. Sebagian sereal sudah ‘diramu’ sedemikian rupa dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, karbohidrat, protein, dan vitamin. 

“Kalau hanya makan sereal sebenarnya tidak ada masalah. Tapi kan asupan yang Anda terima ya hanya akan itu-itu saja, tidak ada asupan nutrisi tambahan. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda menyajikan menu sarapan yang berbeda-beda setiap hari. Misalnya roti gandum, telur rebus, buah potong, smoothies, oatmeal,” ujar dr. Sara.

Terlebih lagi, sebagian besar produk sereal yang populer menggunakan gula tambahan. Saat dikonsumsi berlebihan setiap hari, kadar gula di dalam tubuh akan meningkat. Anda pun berisiko mengalami peningkatan berat badan. Kelebihan konsumsi gula juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

Untuk itu, akan jauh lebih baik bila Anda memvariasikan aneka menu sarapan setiap pagi. Selain mencegah dari kebosanan, Anda juga akan mendapatkan nutrisi dan gizi yang lebih kaya setiap harinya.

Menu sarapan sehat

Namun begitu, Anda harus tetap ingat untuk menghindari menu sarapan berlebih atau memiliki karbohidrat terlalu tinggi. Misalnya, bubur ayam, nasi uduk, gorengan, dan nasi putih. 

Pasalnya, karbohidrat yang terkandung di dalam menu-menu tersebut akan lebih sulit untuk dicerna. Pada akhirnya, Anda akan merasa lemas dan mengantuk.

Nah, supaya badan tetap berenergi dan segar seharian, Anda dapat memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau oatmeal. Asupan karbohidrat kompleks mampu menjamin kecukupan energi, agar tetap prima selama beraktivitas.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, porsi sarapan harus sesuai dengan kebutuhan. Untuk seorang wanita dewasa, menu sarapan dianjurkan mengandung 300–400 kalori, sementara untuk pria adalah 400–500 kalori. 

Selain memperhatikan jenis makanan dan porsi, hal penting lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah cairan. Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari.

Cairan yang cukup dalam tubuh akan mampu menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah rasa lapar yang berlebihan. Anda pun tidak perlu lagi makan secara berlebihan untuk menjaga energi tetap stabil selama seharian bekerja.

Sarapan sereal memang tak salah. Tapi, sebaiknya variasikan menu sarapan Anda setiap hari. Mengonsumsi sereal yang sama setiap hari akan membuat tubuh hanya mendapat asupan nutrisi yang itu-itu saja. Anda bisa menambahkan aneka buah, kacang-kacangan, telur, dan susu dalam menu pagi Anda.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar