Sukses

Cara Mengetahui Efek Pelindung Kacamata Hitam Anda

Jangan hanya melihat harga, pastikan kacamata hitam Anda dilengkapi efek pelindung. Ini cara mengetahuinya.

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit orang membeli kacamata dengan prinsip yang penting murah. Padahal, kacamata hitam yang baik harus punya efek perlindungan sinar terhadap pemakainya. Bagaimana cara mengetahui kacamata hitam Anda punya efek pelindung tersebut?

Selain menambah poin penampilan, kacamata hitam juga banyak diandalkan untuk melindungi mata dari cuaca terik. Akan tetapi, banyak kacamata hitam yang dijual di pasaran tidak dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV), bahkan bisa memperparah kondisi mata.

Bahaya kacamata hitam yang tidak berkualitas

Jika Anda membeli kacamata murah yang tidak punya efek perlindungan terhadap mata, hal-hal di bawah ini adalah ancamannya.

  • Lebih banyak sinar UV yang masuk ke mata

Warna lensa kacamata hitam yang tidak berkualitas bisa membuat pupil mata menjadi lebih lebar, karena pupil membuat mata bisa melihat dengan pencahayaan yang lebih gelap. 

Akan tetapi, sebagian lensa kacamata justru tak mampu menghalangi sinar UV, sehingga justru membuat lebih banyak sinar UV yang masuk ke mata.

  • Berbahaya untuk kesehatan mata

Konsekuensi pajanan sinar UV yang terus-menerus dan terjadi dalam jangka waktu lama bisa berbahaya untuk kesehatan mata. Sinar UV dapat menyebabkan katarak, degenerasi makula, melanoma okular atau melanoma mata, dan kanker kelopak mata.  

Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang biasa terjadi pada kelompok lanjut usia dan dapat menyebabkan kebutaan.

Melanoma okular adalah salah satu jenis kanker pada mata yang terjadi pada sel yang memproduksi pigmen pada mata.

Paparan sinar UV juga bisa mengenai mata, membuat mata mengalami sunburn seperti halnya pada kulit. Kondisi ini disebut sebagai fotokeratitis. Semakin lama dan sering mata terpapar radiasi sinar UV, makin tinggi risiko fotokeratitis terjadi.

1 dari 2 halaman

Cara memilih kacamata yang melindungi mata dari sinar UV

Hindari beli kacamata hitam murah atau obralan di pinggir jalan. Cari kacamata yang menyediakan paling sedikit 99-100 persen perlindungan terhadap paparan sinar UVA dan UVB. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih kacamata yang dapat menghalangi 75-90 persen cahaya. 

Perlu diingat, kacamata hitam yang baik juga mempunyai fitur anti reflektif di bagian belakang lensa. Hingga 50 persen sinar UV yang mencapai mata berasal dari refleksi bagian belakang lensa.

Selain itu, pilih juga kacamata hitam yang berukuran besar untuk membantu menghalangi paparan sinar UV di kulit sekitar mata.

Seperti halnya tabir surya yang harus dipakai untuk melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan, begitu juga dengan kacamata hitam untuk mata. Jadi, selalu sedia kacamata hitam di dalam tas untuk melindungi mata dari jahatnya radiasi sinar UV.

Supaya perlindungan optimal, Anda juga bisa menggunakan topi yang lebar, sehingga dapat menutupi kulit di sekitar mata yang tak tertutup kacamata hitam dan/atau tabir surya.

Membeli kacamata hitam murah di toko-toko tertentu seperti toko obat, swalayan, obral pinggir jalan, atau online shop dengan klaim murah meriah memang tidak dilarang. 

Namun, ketahuilah bahwa sebagian besar produk murah yang dijual tidak memenuhi standar spesifik yang dianjurkan dokter spesialis mata untuk melindungi mata dari sinar UV.

Kebanyakan kacamata hitam tersebut terbuat dari plastik yang berwarna yang seolah-olah dapat melindungi mata, tetapi yang terjadi justru sebaliknya.

Cara mengetahui efek pelindung kacamata hitam adalah menanyakan  tentang kemampuan lensa untuk melindungi mata dari sinar UV dan bingkai yang besar. Kacamata seperti ini tak selalu mahal, kok! Kecuali Anda juga ingin fitur seperti polarisasi, lensa polikarbonat, dan bingkai titanium. Tapi yang penting, gunakan kacamata hitam tersebut setiap hari saat beraktivitas di luar ruangan.

(RN/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar