Sukses

Mudah Lapar setelah Berolahraga, Apa Penyebabnya?

Kondisi mudah lapar setelah berolahraga bisa mengacaukan niat menurunkan berat badan. Untuk menghindarinya, kenali dulu penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga dan nafsu makan yang terkontrol bisa dikatakan sebagai kunci dalam menurunkan berat badan. Namun entah kenapa, terkadang Anda justru mudah merasa lapar setelah berolahraga, sehingga niat menurunkan berat badan jadi kacau.

Padahal, olahraganya sendiri sudah menyehatkan, sayang sekali kalau justru dirusak nafsu makan yang tak terkontrol. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda kenali dulu penyebabnya.

Intensitas olahraga Anda kurang berat

Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc dari KlikDokter, kondisi mudah lapar setelah berolahraga rupanya berkaitan dengan intensitas olahraga yang dilakoni. Olahraga dengan intensitas tinggi akan lebih banyak membakar kalori dibandingkan dengan berjalan santai.

Lalui, olahraga dengan intensitas tinggi lebih dapat menurunkan nafsu makan dibandingkan dengan intensitas ringan atau sedang. Artinya, jika Anda mudah merasa lapar setelah berolahraga, maka bisa jadi intensitas olahraga yang Anda lakoni belum cukup berat atau belum sesuai dengan kebutuhan kondisi fisik.

“Ketika sedang berolahraga berat, tubuh Anda akan lebih mengutamakan aliran darah ke jantung, otak, dan otot. Sementara itu, saluran pencernaan akan lebih sedikit mendapatkan pasokan darah,” jelas dr. Nitish.

“Semakin berat aktivitas olahraga yang dilakukan, maka akan semakin banyak darah yang diambil dari usus, dan semakin berkurang pula potensi seseorang untuk merasa lapar,” lanjutnya.

Durasi olahraga terlalu cepat

Selain intensitas olahraga yang terlalu ringan, durasi olahraga yang terlalu sebentar juga dapat menyebabkan seseorang mudah lapar. Sebab, semakin lama seseorang berolahraga, akan semakin lama pula kondisi tubuhnya kembali seperti semula dan membuatnya menjadi lapar.

Tapi ingat, penjelasan di atas tak berarti menyarankan Anda untuk berolahraga secara berlebih, ya! Lakukan olahraga dengan intensitas berat (sesuai dengan kondisi kebugaran tubuh) dan lakukan dalam durasi yang pas agar hasilnya juga bisa maksimal.

1 dari 2 halaman

Faktor lain munculnya rasa lapar berlebih setelah olahraga

Akan tetapi, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, jika Anda berolahraga secara berlebih, biasanya akan muncul pula niatan untuk makan banyak setelahnya sebagai upaya ‘balas dendam’. Dengan demikian, berlebih atau terlalu ringan dalam berolahraga memang dapat meningkatkan nafsu makan serta rasa lapar setelahnya.

Lalu, apakah kondisi mudah lapar setelah berolahraga hanya disebabkan oleh dua hal itu saja? Ternyata tidak. Masih ada lagi beberapa hal yang dapat memunculkan kondisi tersebut, yaitu:

  • Kurang makan

Ada baiknya, beberapa jam sebelum berolahraga Anda mengisi perut terlebih dahulu. Jika perut sudah kosong terlalu lama, setelah berolahraga, pasti Anda akan merasa sangat lapar dan cenderung akan mengonsumsi banyak kalori!

  • Dehidrasi

Ketika rasa lapar dan haus yang datang bersamaan, sebagian orang masih bingung harus mengatasi yang mana terlebih dahulu.

Alhasil, sebagian orang justru mengabaikan rasa haus yang sebenarnya harus segera diatasi. Semakin lama dehidrasi terabaikan, rasa lemas akan semakin terasa dan rasa lapar pun ikut menggila.

  • Pola pikir yang salah

Banyak orang tak mengetahui rasa lapar yang benar itu seperti apa. Sebab, banyak yang berpikir, karena telah berolahraga, maka jadi boleh makan banyak.

Namun, jika tujuan olahraga Anda adalah menurunkan berat badan, itu merupakan pola pikir yang tak tepat. Meski berat badan telah turun nantinya, Anda pun harus tetap mengontrolnya untuk menjaga kesehatan serta kestabilan berat badan.

Selain itu, jika olahraga yang dilakoni adalah jenis olahraga baru, aktivitas tersebut biasanya akan memengaruhi metabolisme dan rasa lapar. Jadi, pahamilah konsep tersebut dan jangan mudah tergoda untuk makan dalam porsi yang terlalu banyak setelah berolahraga.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan Anda mudah lapar setelah berolahraga. Untuk mengakali hal itu, makanlah yang cukup beberapa jam sebelum olahraga, lalu olahragalah dengan intensitas serta durasi yang pas.

Jika lapar setelah olahraga tetap sulit dibendung, coba untuk makan makanan yang tidak mengandung banyak lemak dan gula, serta rendah kalori. Sehingga, makanan tersebut tak merusak usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar