Sukses

Sederet Kebiasaan yang Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria

Selain karena usia, beberapa kebiasaan ini dapat menurunkan kesuburan pria!

Tak hanya untuk wanita, kesuburan juga sangat penting bagi pria. Kesuburan seorang pria bisa dinilai dari kemampuannya untuk ereksi, melakukan penetrasi saat berhubungan seksual, serta kuantitas dan kualitas spermanya.

Kesuburan seorang pria akan menurun seiring bertambahnya usia. Namun, siapa sangka jika kesuburan juga bisa menurun sejak dini akibat berbagai kebiasaan yang mungkin Anda anggap remeh.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan para pria yang tanpa mereka sadari dapat menurunkan kesuburannya, antara lain:

1 dari 5 halaman

1. Pola Tidur yang Buruk

Pria yang tidur kurang dari enam jam dalam sehari bisa menurunkan kualitas sperma, sehingga sulit untuk membuahi sel telur. Namun, tidur terlalu lama juga tidak baik untuk kesuburan.

Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk kurang tidur atau tidur terlalu lama. Cobalah untuk menerapkan pola tidur yang cukup dan teratur, yakni selama 7-8 jam dalam sehari.

Artikel Lainnya: Tak Hanya Wanita, Pria Juga Punya Kalender Masa Subur

Beberapa peneliti juga menemukan hubungan antara kebiasaan tidur yang buruk dan menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur dapat menjadi gejala ketidaksuburan pada wanita.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Penyebab kesuburan pria menurun lainnya adalah kafein. Meskipun satu cangkir kopi atau teh mungkin tidak akan merusak kesuburan Anda, tetapi jika asupannya berlebihan, ketidaksuburan kemungkinan bisa terjadi.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein dalam sehari, dapat sedikit mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran pada wanita.

2 dari 5 halaman

3. Konsumsi Alkohol yang Berlebihan

Kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol dapat menurunkan kualitas sperma. Sebuah penelitian yang mengevaluasi cairan sperma dari pria alkoholik menemukan, hanya 12 persen yang memiliki sperma normal dan sehat.

Jika ditambah dengan kebiasaan pola hidup tidak sehat lainnya, minuman beralkohol bisa menjadi pembawa asupan tinggi kalori. Hal ini tentunya akan mencetuskan obesitas yang juga akan menjadi penyebab gangguan kesuburan pada pria.

Artikel Lainnya: Kenali Ciri-Ciri Pria Mandul

4. Merokok

Pola hidup yang buruk seperti kebiasaan merokok memang sudah terbukti dapat menurunkan kualitas hidup seseorang, termasuk menjadi penyebab kesuburan pria menurun.

Kandungan nikotin dan zat beracun lainnya yang terdapat dalam rokok mampu menurunkan jumlah dan kualitas sperma yang Anda hasilkan. Selain itu, sering merokok juga bisa membuat organ intim pria beraroma tidak sedap dan tidak sehat.

3 dari 5 halaman

5. Hubungan Seksual yang Tidak Aman

Penyakit menular seksual (PMS) yang diakibatkan hubungan seksual tanpa pengaman atau sering berganti pasangan, dapat menyebabkan kemandulan. Faktanya, PMS adalah penyebab infertilitas nomor satu yang dapat dicegah.

Selain pada wanita, PMS juga dapat menjadi penyebab gangguan kesuburan pada pria, meskipun lebih jarang terjadi. Pria biasanya langsung menunjukkan gejala PMS, sehingga pengobatan bisa langsung dilakukan.

Artikel Lainnya: Polusi Udara Bisa Menurunkan Kualitas Sperma Pria

6. Stres dan Cemas Berlebihan

Tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan tubuh, stres dan cemas berlebih juga bisa menimbulkan dampak negatif pada kesuburan pria.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2002, stres dan cemas berlebih dapat menyebabkan disfungsi ereksi, serta penurunan kualitas dan kuantitas sperma.

4 dari 5 halaman

7. Pola Makan yang Tidak Sehat

Pola makan sehat merupakan faktor penting untuk menunjang kesuburan pria. Konsumsi alkohol, makanan manis, berlemak tinggi, dan tinggi karbohidrat, akan meningkatkan risiko penyakit metabolik seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi, yang berhubungan langsung dengan kesuburan pria.

Penyakit-penyakit metabolik mampu memengaruhi keseimbangan hormonal dan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, termasuk aliran darah ke penis yang pada akhirnya bisa membuatnya susah ereksi serta menurunkan kualitas dan jumlah sperma.

Artikel Lainnya: Onani atau Masturbasi pada Pria Pengaruhi Kadar Testosteron?

8. Terlalu Jarang atau Berlebihan dalam Olahraga

Selain dapat menunjang kebugaran, olahraga bermanfaat dalam menjaga kesuburan pria. Jarang olahraga bisa menurunkan kebugaran fisik, meningkatkan kadar gula darah, tekanan darah, kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta risiko obesitas.

Oleh sebab itu, berolahragalah minimal selama 30 menit per hari sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa olahraga yang terlalu berat dan berlebih justru bisa berdampak negatif terhadap kesuburan Anda.

Jadi, tetap batasi jumlah olahraga Anda, jangan sampai terlalu berlebih, tapi jangan juga terlalu kurang.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kesuburan pria. Jika Anda masih melakukan kebiasaan tersebut, segeralah perbaiki dengan melakukan pola hidup sehat. Anda tidak ingin kesuburan Anda terganggu, bukan?

Jika memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, tanyakan secara langsung kepada dokter untuk memperoleh informasi secara akurat. Gunakan layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter, ya!

[WA]

7 Komentar