Sukses

Kebiasaan yang Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari ternyata bisa memengaruhi kesuburan para pria. Apa saja itu? Simak di artikel ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak dimungkiri lagi bahwa kesuburan seorang pria akan menurun seiring bertambahnya usia. Namun, siapa sangka jika kesuburan pria juga bisa menurun sejak dini akibat kebiasaan-kebiasaan yang mungkin Anda anggap remeh.

Selain itu, kebiasaan-kebiasaan itu juga bisa berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, yuk, kenali kebiasaan-kebiasaan itu.

Bukan hanya untuk wanita, kesuburan juga sangat penting untuk pria. Pasalnya, bagi mereka yang menginginkan keturunan, kesuburan pria memiliki peran penting dalam menghasilkan sperma yang berkualitas.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, kesuburan seorang pria bisa dinilai dari kemampuannya untuk ereksi, melakukan penetrasi saat berhubungan seksual, serta kuantitas dan kualitas spermanya.

Deretan kebiasaan yang bisa memengaruhi kesuburan pria

Namun sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan para pria yang tanpa mereka sadari dapat menurunkan kesuburannya, yaitu:

  • Stres dan cemas yang berlebih

Tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan tubuh, stres dan cemas berlebih juga bisa menimbulkan dampak negatif pada kesuburan Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2002, stres dan cemas berlebih dapat menyebabkan disfungsi ereksi serta penurunan kualitas dan kuantitas sperma.

  • Pola makan tidak sehat

“Pola makan sehat merupakan faktor penting untuk menunjang kesuburan pria. Jika Anda masih gemar mengonsumsi alkohol, makanan manis, berlemak tinggi, dan berkarbohidrat, maka hal tersebut akan meningkatkan risiko penyakit metabolik seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi yang berhubungan langsung dengan kesuburan pria,” ujar dr. Reza.

Penyakit-penyakit metabolik mampu memengaruhi keseimbangan hormonal dan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, termasuk aliran darah ke penis yang pada akhirnya bisa membuatnya jadi susah untuk ereksi dan mengalami penurunan jumlah sperma.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga asupan makan tetap sehat dan teratur. Pilihlah makanan kaya akan nutrisi seperti sayur, buah, dan lemak tak jenuh untuk meningkatkan kualitas kesuburan Anda.

  • Jarang Olahraga

Siapa pun membutuhkan olahraga untuk menunjang kesehatannya, termasuk untuk menjaga kesuburan. Jarang olahraga bisa menurunkan kebugaran fisik, meningkatkan kadar gula darah, tekanan darah, kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta risiko obesitas.

Oleh sebab itu, berolahragalah minimal selama 30 menit per hari. Anda bisa memilih melakukan olahraga yang menyenangkan seperti berenang, bulu tangkis, sepak bola, bola basket, atau hanya sekadar lari dan jalan santai jika sedang tidak ada teman.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa olahraga yang terlalu berat dan berlebih justru bisa berdampak negatif terhadap kesuburan Anda. Jadi, tetap batasi jumlah olahraga Anda, jangan sampai terlalu berlebih, tapi jangan juga terlalu kurang.

  • Merokok

Pola hidup yang buruk seperti memiliki kebiasaan merokok memang sudah terbukti dapat menurunkan kualitas hidup seseorang, termasuk menurunkan kesuburan pada pria.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, kandungan nikotin dan zat beracun lainnya yang terdapat dalam rokok mampu menurunkan jumlah dan kualitas sperma yang Anda hasilkan. Selain itu, sering merokok juga bisa membuat organ intim pria beraroma tidak sedap dan tidak sehat.

  • Kurang Tidur

Dijelaskan juga oleh dr. Theresia, bahwa kualitas sperma pria yang tidur kurang dari enam jam dalam sehari bisa menurun, sehingga sulit untuk membuahi sel telur.

Namun, tidur terlalu lama juga tidak baik untuk kesuburan. Oleh karena itu, cobalah untuk menerapkan pola tidur yang cukup dan teratur, selama 7 - 8 jam dalam sehari.

Jadi, jika pasangan pria Anda masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa memengaruhi kesuburannya seperti di atas, dorong dan dukung dia untuk mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Bila perlu, sodorkan sayur dan buah setiap hari sebagai menu utama dan menu camilannya.

[MS/RH]

4 Komentar

  • Rosidah Rachman

    saya mau tnya dok sperma encer ap. bisa hamil

  • Ashluche channel

    dok.. mau konsultasi ni dok... telah setahun lebih mungkin saya menjalani susah buang air kecil... kalau saya lagi buang air kecil tidak puas rasanya.... maksudnya tidak semua nye air seni saya keluar... melainkan tertahan di dalam penis... sempat pernah keluar cairan putih kental ... mohon bantuannya dok

  • Samantha Nainggolan

    cara untuk mengobati penyakit yang susah ereksi apa ya dok soalnya suami saya susah ereksi dan kalopun udah ereksi paling lama cuman 2 menit. mohon penjelasahanya dokter apa yg harus dilakukan untuk mengantisipasnya termakasih