Sukses

Gejala Infeksi Saluran Kencing yang Jarang Disadari

Sering merasa sakit di perut bagian bawah? Hati-hati, bisa jadi Anda terkena infeksi saluran kencing!

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri pada perut bagian bawah memang menjadi kondisi yang cukup sering terjadi, baik pada pria maupun wanita. Keluhan ini tidak bisa dianggap sepele dan dibiarkan terjadi berkelanjutan. Pasalnya, nyeri pada perut bagian bawah dapat menjadi salah satu gejala infeksi saluran kencing yang berbahaya.

Infeksi saluran kencing terjadi akibat adanya serangan kuman pada sistem berkemih, yang meliputi ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Pada tahap awal, kondisi ini memiliki gejala sakit perut bagian bawah. Apabila sudah masuk ke tahap selanjutnya, gejala akan semakin parah dan penderita berisiko ‘kehilangan’ kualitas hidupnya.

Gejala infeksi saluran kencing

Dikatakan dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, terdapat beberapa gejala infeksi saluran kencing yang perlu diwaspadai. Beberapa gejala yang dimaksud, antara lain:

  1. Keinginan untuk berkemih terus-menerus

Muncul keinginan untuk kembali buang air kecil meski Anda barus saja melakukannya? Awas, kondisi ini merupakan indikasi dari adanya infeksi saluran kencing.

Bakteri yang mengiritasi atau menginfeksi uretra dan lapisan kandung kemih bisa menjadi penyebab kenapa Anda memiliki keinginan untuk sering buang air kecil. 

  1. Urine berubah warna 

Jika warna urine menjadi lebih pekat meski sebelumnya tidak mengonsumsi makanan atau minuman apa pun, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya infeksi saluran kencing.

“Pada infeksi saluran kencing, warna urine tidak kuning bening. Urine biasanya akan berwarna kuning pekat dan/atau bercampur darah,” tambah dr. Sara.

  1. Urine dengan aroma tidak sedap

Bau pesing mungkin menjadi aroma khas yang keluar saat Anda buang air kecil. Tapi, jika aroma urine yang keluar sangat menyengat, mungkin ada yang salah dengan kondisi kesehatan Anda. 

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, tidak hanya menimbulkan rasa perih saat buang air kecil, infeksi saluran kencing juga bisa menimbulkan aroma urine yang tidak enak. 

“Adanya infeksi bakteri pada saluran kencing membuat urine yang keluar memiliki aroma yang benar-benar mengganggu. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat,” kata dr. Iqbal.

  1. Sering merasa lelah

Tidak hanya mengganggu kondisi urine, adanya infeksi saluran kencing juga membuat tubuh Anda lebih mudah lelah daripada biasanya. 

“Karena tubuh akan mengeluarkan sistem pertahanan untuk melawan kuman di saluran kemih, rasa lelah berlebih menjadi sangat mungkin terjadi,” kata dr. Sara. 

  1. Sensasi terbakar saat kencing

Adanya sensasi terbakar dan nyeri hebat saat kencing merupakan gejala lain yang bisa Anda rasakan ketika mengalami infeksi saluran kencing. 

“Jika rasa nyeri saat berkemih hanya muncul sekali dan tidak disertai gejala lain, tubuh Anda kemungkinan sudah membuang bakteri lewat berkemih. Untuk mencegah penyebaran infeksi, minumlah air putih lebih banyak setelah rasa terbakar muncul,” ujar dr. Sara. 

Jika Anda mendapati adanya gejala infeksi saluran kencing, jangan tunggu hingga esok untuk berobat ke dokter. Semakin dini Anda periksa ke dokter, semakin cepat pula pengobatan yang bisa diterapkan. Dengan ini, infeksi saluran kencing yang Anda alami bisa segera teratasi dan tidak akan berujung pada terjadinya komplikasi.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar