Sukses

Ini Manfaat Punya Banyak Teman untuk Kesehatan

Anda punya teman di mana-mana? Berbahagialah, karena punya banyak teman bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang pasti ingin punya banyak teman. Dengan adanya teman, hidup bisa lebih berwarna lagi bermakna. Tak hanya itu, punya banyak teman juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang butuh orang lain untuk menjalani kehidupan. Sangat sulit untuk manusia bisa hidup secara mandiri di dunia ini. Seperti dikatakan oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSC., MSc dari KlikDokter, teman bisa membantu seorang individu dalam menjalani dan menghadapi tantangan dalam hidup.

"Bersyukurlah jika Anda memiliki teman yang selalu ada di saat senang maupun susah, karena mereka bisa membantu menghadapi tantangan yang menghadang. Selain itu, Anda juga akan merasakan beragam manfaat sehat jika punya banyak teman atau sahabat," ujar dr. Nitish.

Manfaat punya banyak teman

Punya banyak teman bukan hanya untuk gaya-gayaan. Tetapi, ada manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan dari kondisi tersebut, yaitu:

  • Bikin tubuh lebih sehat

Dalam sebuah penelitian yang diselesaikan oleh sosiolog di University of North Carolina, Chapel Hill, Claire Yang, ditemukan bahwa orang-orang dengan ikatan sosial yang dekat memiliki tekanan darah, indeks massa tubuh dan lingkar pinggang yang lebih rendah dan stabil.

  • Mengatasi penolakan dan trauma

Ketika hidup tidak berjalan seperti yang direncanakan, teman-teman bisa sangat membantu. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada siswa sekolah dasar mendapati bahwa kehadiran teman-teman membuat anak tersebut jauh dari perilaku penolakan oleh teman sebaya lainnya. 

Meski teman-teman mungkin tidak bisa sepenuhnya menghilangkan semua stres yang Anda alami, mereka tetap bisa memberikan motivasi dan dukungan yang membuat Anda bangkit.

  • Melawan kanker

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Cancer, wanita dengan kanker ovarium yang memiliki banyak dukungan sosial bisa mendapatkan manfaat kemoterapi dengan lebih efektif. 

  • Terhindar dari usia yang pendek

Ketika profesor psikologi di Universitas Brigham Young Julianne, Holt-Lunstad menganalisis data dari hampir 150 studi tentang hubungan sosial dan kematian untuk sebuah makalah, ia menemukan statistik yang mengejutkan. Didapati bahwa lingkaran sosial yang lemah dapat memperpendek usia. 

  • Dapat menurunkan tekanan darah 

Satu studi menemukan bahwa terdapat korelasi langsung antara perasaan kesepian dan tekanan darah tinggi. Sebaliknya, jika Anda mengelilingi diri dengan orang-orang yang mencintai dan memberikan dukungan, Anda berisiko lebih rendah mengalami kondisi tersebut.

  • Lebih dekat dengan tujuan hidup

Sedang berupaya untuk menghentikan kebiasaan buruk? Atau, sedang menciptakan kebiasaan baru yang lebih sehat dan bermanfaat? Jika ya, hal tersebut akan terasa lebih mudah diraih jika Anda memiliki teman-teman yang memberikan dukungan. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Georgia, memiliki teman yang merangkap sebagai mitra hidup membuat Anda 20 persen lebih mungkin untuk mencapai tujuan hidup. Lalu, ketika kontrol diri sudah sepenuhnya dikuasai, Anda akan mampu memberikan pengaruh positif teman-teman di sekitar.

Punya banyak teman memang sangat menyenangkan. Selain itu, banyak pula manfaat sehat lain yang didapatkan jika Anda punya banyak teman dan berusaha mempertahankannya. Maka itu, yuk berteman!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar