Sukses

Hati-hati, Malas Membersihkan Kulkas Bisa Picu Masalah Kesehatan

Anda tidak memiliki waktu membersihkan kulkas? Jangan malas! Kulkas yang kotor bisa picu masalah kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Walaupun kulkas dibuka setiap hari, Anda mungkin sering memikirkan masalah kebersihannya. Padahal, malas membersihkan kulkas bisa picu masalah kesehatan.

Kulkas dan freezer atau lemari pendingin sering dianggap sebagai tulang punggung dapur. Oleh karenanya, prosedur perawatan dan pembersihannya harus dianggap sebagai suatu hal penting agar kulkas tetap memberi fungsi seharusnya, dan tidak membuat Anda sakit.

Mengamati suhu kulkas dan freezer adalah hal penting karena dapat mencegah tak hanya keracunan makanan, namun juga mengurangi sisa makanan dalam kulkas. Banyak kulkas yang tidak diatur pada suhu yang tepat, sehingga tidak aman untuk penyimpanan makanan.

Bakteri yang merugikan seperti Listeria monocytogenes, dapat berkembang biak secara cepat jika suhu kulkas tidak tepat, yakni di bawah 20 derajat celsius dan freezer setidaknya minus 15 derajat Celsius.

Menjaga makanan pada suhu ini telah terbukti mengurangi kecepatan berkembangbiaknya bakteri merugikan dan mengurangi makanan yang mudah busuk. Dengan perubahan cuaca, Anda juga harus memperhatikan kapan harus menyetel ulang suhu pada kulkas dan lemari pendingin.

Pentingnya menjaga kebersihan kulkas

Apakah Anda mengetahui bahwa kulkas yang kotor dapat menjadi tempat baik untuk perkembangbiakan bakteri merugikan seperti Salmonella, Listeria, dan E. coli? Sebuah studi menemukan bahwa laci penyimpanan sayur yang terdapat di dalam kulkas mengandung rata-rata 7850 unit bakteri per sentimeter persegi.

Padahal, angka tersebut baru dianggap normal jika didapat di antara 0 dan 10 unit per sentimeter persegi. Pembersihan kulkas secara rutin tentu akan berguna untuk mencegah perkembangbiakan bakteri sebanyak itu.

Tak hanya soal suhu, Anda juga harus memastikan bahwa pintunya tertutup dengan rapat. Ketika pintu tidak rapat dan terdapat suhu yang berkisar 5 derajat Celsius hingga 60 derajat Celsius di dalamnya, bakteri merugikan mulai berkembang biak.

Kelembapan juga rentan masuk ke dalam kulkas, sehingga memicu tumbuhnya bakteri anaerob. Semua bakteri yang merugikan dan masuk ke saluran pencernaan anda akan menimbulkan gejala dari nyeri perut, mual, muntah, malas makan, hingga diare.

Perhatikan segel pintu kulkas Anda yang dapat menua dan tidak merekat seperti seharusnya, karena suhu yang tidak stabil juga dapat meningkatkan tagihan listrik. Jadi, ganti segel pintu sebelum hal ini terjadi.

Tips membersihkan kulkas

Pertama, keluarkan semua makanan dari dalam kulkas dan freezer. Selamatkan makanan dan minuman yang membutuhkan pendingin. Semua rak harus dicopot dan dibersihkan dengan air hangat dan sabun untuk membunuh bakteri dan dikeringkan sebelum ditaruh kembali ke dalam kulkas.

Pastikan tidak ada sisa makanan maupun cairan yang tumpah dan dibersihkan secara rutin menggunakan pembersih kimiawi. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan demi kelayakan kulkas:

  • Simpan makanan dengan baik

Dalam kulkas terdapat zona suhu berbeda. Contohnya, makanan berisiko tinggi seperti susu, makanan laut, daging mentah, telur, bahkan nasi dan pasta yang sudah dimasak, sebaiknya tidak disimpan di pintu kulkas.

Pintu kulkas merupakan area yang paling hangat dan yang paling mungkin mengalami pertumbuhan bakteri. Jadi, simpan makanan berisiko tinggi di rak-rak kulkas di mana suhu lebih stabil.

Daging mentah sebaiknya dibungkus dan disimpan di rak bawah dalam kulkas. Tujuannya untuk mencegah bakteri merugikan turun ke rak lainnya dan berisiko mengontaminasi makanan lain.

Simpan makanan di dalam wadah yang kuat dan kedap udara, pastikan memang dibuat untuk menyimpan makanan dan terbuat dari bahan non-toksik. Hindari menyimpan makanan yang tidak tertutup dalam kulkas, karena bisa menyebabkan kontaminasi silang.

  • Keamanan freezer

Atur suhu lemari pendingin pada temperatur -15 derajat Celsius ke bawah dan amati secara rutin menggunakan termometer untuk memastikan suhu tetap stabil. Hindari memasukkan terlalu banyak makanan ke dalamnya, sehingga terlalu padat.

Diperlukan sirkulasi udara yang bebas agar makanan yang butuh dibekukan dapat bertahan pada suhu seharusnya.

Penyimpanan makanan di dalam freezer sebaiknya menggunakan wadah kedap udara. Daging yang telah dibungkus sebelumnya dapat tetap disimpan seperti semula.

  • Tanggal kedaluwarsa makanan

Stok makanan dalam kulkas Anda seharusnya mengikuti aturan “masuk duluan, keluar duluan”. Tujuannya agar tidak ada makanan kedaluwarsa yang terkonsumsi dan merugikan. Makanan yang tidak memiliki label kedaluwarsa, misalnya daging yang perlu diberi keterangan kapan dibeli.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan kulkas, mintalah bantuan orang rumah dan lakukan secara bergantian setelahnya, atau panggil jasa untuk melakukannya. Jangan jadikan alasan malas membersihkan kulkas menjadi pemicu masalah kesehatan.

[NP/RH]

0 Komentar

Belum ada komentar