Sukses

Makanan Ini Bisa Jadi Biang Keladi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa saja terjadi akibat konsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat secara berlebihan.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki gigi yang bersih dan terawat sempurna adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, hal tersebut tergolong sangat sulit diwujudkan. Sebab, banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut, tak terkecuali makanan dan minuman. Ya, Anda mungkin tidak sadar bahwa sakit gigi juga bisa terjadi akibat asupan yang dikonsumsi rutin setiap hari.

Fakta menyebutkan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari berkontribusi pada terbentuknya plak pada gigi. Apa itu plak? Ini adalah lapisan berisi bakteri yang berkontribusi terhadap penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Contoh, setelah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula, bakteri akan melepaskan asam dan menyerang lapisan enamel gigi. Akibatnya, enamel akan rusak dan terjadinya gigi berlubang tak bisa dihindari lagi.

Makanan yang menyebabkan sakit gigi

Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan terjadinya sakit gigi:

  • Buah jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Namun, karena memiliki sifat asam, buah ini dapat memicu sensitivitas rongga mulut dan mencetuskan sakit gigi.

Bahkan, memeras lemon atau jeruk nipis lalu menambahkannya dengan air untuk dikonsumsi bukanlah pilihan yang baik. Sebab, minuman tersebut memiliki sifat asam yang juga bisa berpengaruh terhadap luka di rongga mulut.

  • Kopi dan teh

Kopi dan teh sering disajikan bersama dengan tambahan banyak gula. Padahal, kombinasi tersebut bisa menghalangi manfaat kopi atau teh, dan justru meningkatkan risiko terjadinya sakit gigi.

Tak cuma karena itu, kopi dan teh juga mengandung kafein yang bisa menyebabkan mulut kering. Jika kondisi ini terjadi, keseimbangan bakteri dalam mulut bisa terganggu sehingga risiko sakit gigi juga meningkat. Parahnya, kopi dan teh juga bisa menyebabkan noda pada gigi.

  • Minuman soda

Di balik busa minuman soda tersimpan kandungan gula yang berlebihan. Apabila Anda mengonsumsi jenis minuman ini tanpa memerhatikan batasan wajar, bukan tidak mungkin gigi akan mengalami kerusakan.

Bukan cuma itu, minuman soda juga bersifat asam sehingga dapat mengikis lapisan enamel gigi. Sebagai akibatnya, gigi Anda akan menjadi mudah ngilu saat terpapar panas, dingin, atau asam.

  • Es batu

Es batu sebenarnya tidak secara langsung menyebabkan sakit gigi. Hal yang jadi masalah adalah kebiasaan mengunyah es batu, yang menurut American Dental Association dapat menyebabkan kerusakan gigi dan terkikisnya enamel. Parahnya, lembaga tersebut juga mengatakan bahwa kebiasaan mengunyah es batu dapat menyebabkan gigi patah seketika!

Jadi, bagi Anda yang tak ingin mengalami sakit gigi dan komplikasi merugikan lainnya, hentikan kebiasaan mengunyah es batu apa pun alasannya. Anda tak ingin mengalami kerusakan gigi hanya karena kebiasaan ini, bukan?

Mana dari makanan atau minuman di atas yang sering Anda konsumsi tanpa memerhatikan cara dan jumlahnya? Mulai sekarang, segera hentikan kebiasaan tersebut. Mulailah untuk membatasi makanan atau minuman yang berpotensi menyebabkan sakit gigi.

Jika sangat ingin mengonsumsinya, jangan lupa minum banyak air putih setelahnya. Apabila telah mengalami sakit gigi atau keluhan seputar rongga mulut lainnya, segera berobat ke dokter sebelum terlanjur parah.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar