Sukses

Kebanyakan Konsumsi Makanan Gluten Picu Jerawat, Benarkah?

Selain tak baik untuk pencernaan, konon kebanyakan konsumsi makanan mengandung gluten bisa picu jerawat! Benar atau tidak ya?

Klikdokter.com, Jakarta Bicara soal penyebab jerawat, apa yang pertama kali terbesit di pikiran Anda? Bakterikah? Atau hormon? Kedua hal tersebut memang kerap menjadi penyebab jerawat. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa makanan yang mengandung gluten juga picu jerawat!

Manfaatnya masih diragukan untuk penderita non-celiac

Mungkin Anda masih sedikit asing dengan gluten. Disampaikan dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, gluten adalah salah satu jenis protein yang ditemukan di makanan, seperti gandum, gandum hitam (rye), dan jelai (barley). Protein ini juga ditemukan pada berbagai makanan lain, terutama yang sudah diproses –seperti piza, roti, dan kue.

Kini, diet bebas gluten tak cuma diterapkan oleh penderita penyakit celiac, yakni penyakit autoimun yang terjadi akibat mengonsumsi gluten. Mereka yang ingin memelihara kesehatan secara keseluruhan juga dapat mengurangi asupan gluten. Bahkan, banyak orang menganggap bahwa diet bebas gluten dapat menurunkan berat badan dan menambah energi.

Sayangnya, dunia medis berpendapat lain soal hal itu. Pasalnya, hingga kini, belum ada penelitian yang menyebutkan secara gamblang bahwa diet bebas gluten dapat memberikan beragam manfaat sehat.

“Diet bebas gluten justru bisa membuat pelakunya kekurangan pasokan gizi, seperti vitamin, protein, dan mineral lain, apalagi bila dilakukan sembarangan,” jelas dr. Devia.

“Tak cuma itu, metode diet ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes melitus tipe 2, apalagi jika tidak dilakukan pada porsinya,” dia menambahkan. 

Mengapa gluten dianggap jadi penyebab jerawat?

Pada dasarnya, diet bebas gluten hanya memberikan manfaat buat penderita celiac. Ketika seorang penderita celiac tetap mengonsumsi gluten, dia dapat mengalami diare atau sembelit, sakit kepala, penurunan berat badan, kembung, nyeri, mual, dan muntah. Dengan menghindari konsumsi gluten, kondisi kesehatan penderita celiac akan membaik. 

Selain gejala yang telah disebutkan di atas, jika seorang penderita celiac tetap mengonsumsi gluten, masalah kulit pun ikut terjadi! Itulah yang menjadi penyebab mengapa orang-orang beranggapan bahwa kebanyakan makan gluten dapat memicu timbulnya jerawat. Padahal, masalah kulit yang dialami penderita celiac adalah gatal dan ruam, bukan jerawat. 

Meskipun banyak beredar informasi tentang gluten dan jerawat, sebaiknya Anda tak langsung percaya. Dilansir dari Healthline, diet bebas gluten tidak lantas menyembuhkan jerawat. Selain itu, hingga saat ini belum ada bukti klinis bahwa gluten memicu jerawat.

Bukan jerawat, ini masalah kulit karena gluten

Ketimbang memicu jerawat, penderita celiac yang tidak menerapkan diet bebas gluten justru akan mengalami masalah kulit, yaitu:

  • Alopecia areata 

Ini adalah jenis kelainan autoimun yang menyebabkan rambut rontok atau menyebar di kepala dan tubuh. Sudah lama diketahui bahwa ada hubungan antara penyakit celiac dan alopecia areata.

  • Dermatitis atopik

Dermatitis atopik atau yang dikenal sebagai eksim adalah penyakit kulit inflamasi yang menimbulkan gejala gatal kronis. Kondisi ini sebagian besar terjadi pada anak dan dewasa muda. Ini terkait dengan disfungsi kekebalan tubuh dan dipengaruhi juga oleh faktor genetika.

  • Dermatitis herpetiformis

Dermatitis herpetiformis adalah ruam kulit yang kerap terlihat pada penderita celiac yang mengonsumsi gluten. Ini terjadi pada sekitar 10 persen orang yang memiliki kondisi tersebut.

  • Hive

Hive adalah bekas di kulit yang timbul akibat zat alergi, seperti obat-obatan atau makanan. Penderita celiac lebih rentan mengalami hal ini ketimbang mereka yang kesehatannya normal.

  • Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan yang berhubungan dengan disfungsi kekebalan tubuh. Kondisi tersebut menghasilkan plak-plak merah muda dan sisik kering di kulit Anda. Diet bebas gluten dapat meringankan penderita kondisi kulit penderita celiac dengan psoriasis.

Anggapan bahwa kebanyakan konsumsi makanan gluten picu jerawat tidaklah tepat. Psoriasis, eksim, alopecia areata, ruam, dan gatal-gatal adalah beberapa kondisi yang justru muncul jika penderita celiac tidak menerapkan diet bebas gluten! Bagi Anda yang tidak punya sakit celiac, lebih baik kurangi asupan makanan manis, susu beserta olahannya, serta makanan lemak untuk mencegah timbulnya jerawat.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar