Sukses

6 Hal Tak Terduga Penyebab Payudara Sakit

Ada banyak penyebab payudara terasa sakit. Penyebab ini mungkin tak pernah terduga sebelumnya!

Klikdokter.com, Jakarta Payudara sakit umum dirasakan wanita, apalagi berkaitan dengan hormon yang sedang naik turun. Meski demikian, keluhan tersebut tak boleh dipandang sebelah mata. Ada penyebab tak terduga yang membuat payudara nyeri. Apa saja?

Menurut dr. Dyah Novita Aggraini dari KlikDokter, nyeri payudara dibedakan menjadi dua, yaitu akibat gangguan hormonal dan bukan hormonal. 

Jika disebabkan oleh gangguan hormonal, maka nyeri akan muncul saat siklus menstruasi atau siklus kehamilan. Namun, apabila nyeri payudara terjadi di luar siklus tersebut atau bukan karena ketidakseimbangan hormon, maka bisa jadi ada penyakit tertentu yang mendasarinya.

“Sakit payudara yang bukan karena gangguan hormonal tidak berkaitan dengan masa hormonal dan nyeri yang dirasakan seperti rasa terbakar dan tertekan. Nyeri ini hanya melibatkan satu payudara dan menjalar ke bagian belakang tubuh,” ujar dr. Dyah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab payudara sakit yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya.

  1. Ukuran payudara yang cukup besar

Meski banyak yang mendambakan ukuran payudara besar, tetapi ukuran tersebut bisa dirasakan menyiksa bagi beberapa wanita. Kata dr. Dyah, ukuran payudara yang besar akan menimbulkan rasa tak nyaman, karena dapat menarik ligamen payudara sehingga timbul rasa nyeri.

Untuk mencegahnya, wanita pemilih payudara besar disarankan untuk memilih ukuran bra dan model yang tepat supaya dapat menopang payudara dengan semestinya.

  1. Kebiasaan merokok

Selain menimbulkan masalah pada paru-paru, kebiasaan merokok juga rupanya bisa menjadi faktor lainnya penyebab payudara sakit. Ini disebabkan meningkatnya kadar epinefrin dalam tubuh, yang kemudian memicu nyeri.

Jika Anda perokok aktif, berhentilah demi menjaga kesehatan secara keseluruhan. Untuk perokok pasif, jauh-jauh dari paparan rokok. Ingat, asap rokok juga salah satu hal yang berkontribusi pada munculnya berbagai kanker, termasuk kanker payudara.

  1. Trauma di area payudara

Wanita yang melakukan olahraga secara berlebihan juga bisa mengeluhkan payudara yang sakit. Trauma di area payudara, seperti tertariknya otot di sekitar payudara ketika sedang latihan angkat beban atau saat melakukan yoga atau senam, bisa menjadi penyebab payudara nyeri.

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat melakukan olahraga dan pastikan untuk tidak melewatkan pemanasan dan pendinginan.

  1. Kista payudara

Kista juga patut dicurigai jika payudara terasa nyeri. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter, kista payudara adalah kondisi yang terjadi akibat adanya penumpukan cairan dalam kelenjar payudara.

Kista di payudara ditandai dengan adanya benjolan yang terasa nyeri, khususnya menjelang haid. Untuk memastikan adanya kista, diperlukan pemeriksaan payudara dan USG oleh dokter.

  1. Penyakit fibrokistik

Bukan cuma kista, tetapi penyakit fibrokistik juga ditandai dengan munculnya benjolan yang membesar dan terasa nyeri menjelang menstruasi. Ketika menstruasi berakhir, maka benjolan tersebut akan kembali mengecil dan nyeri pun perlahan sirna.

  1. Mastitis

Mastitis adalah infeksi di payudara yang biasanya terjadi pada ibu menyusui. Hal ini diakibatkan menumpuknya ASI di payudara, sehingga menimbulkan peradangan jaringan payudara.

Gejalanya cukup mudah dikenali pada wanita menyusui, yaitu payudara nyeri, terlihat memerah, dan juga bisa disertai demam. Untuk mencegahnya, ibu menyusui harus selalu mengosongkan payudara sesering mungkin agar tidak ada ASI yang menumpuk.

Itulah beberapa penyebab sakit di payudara yang mungkin tak terduga. Sebagian besar kasus nyeri di payudara tak perlu mendapatkan penanganan khusus. Akan tetapi, jika payudara disertai demam, berat badan turun drastis, pusing, benjolan berukuran besar, atau puting mengeluarkan nanah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

(RN/ RH)

1 Komentar

  • Inung Suratman

    Ada benjolan di payudara anda? ( kista payudara, FAM, kanker payudara) Jangan panik, Tuntaskan segera dengan herbal racik murni, menekan dan matikan sel sel kista/ Fam dan Kanker NO EFEK SAMPING, Minat? Hub WA 082318506211